Breaking News

3 Tips Sederhana Atasi Ngantuk Selama Nyetir 

7 Cara Alami Hilangkan Kantuk saat Nyetir di Malam Hari : Okezone Otomotif

Siapa yang lebih suka nyetir sendiri daripada disetirin? Banyak orang yang cenderung suka nyetir kendaraan sendiri daripada disetirin. Kebanyakan dari mereka cenderung memilih nyetir sendiri karena lebih leluasa dan bebas kemanapun. Meskipun memang pegal dan capek, namun cukup menyenangkan. Terlebih bila jalan – jalan bersama teman – teman, tentu mengasyikkan. Sebab itu, layanan pesan mobil sering ramai pengguna.

Memilih buat nyetir sendiri memang boleh. Terlebih bila sudah bisa nyetir mobil dengan lancar dan mendapatkan SIM. Kemanapun akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Bahkan bila tidak punya mobil pun jasa pesan mobil bisa membantu kamu mengatasinya. Nah, tapi ada beberapa kondisi dimana kamu tidak diperbolehkan nyetir.

Kondisi seperti sakit, sedang panik, capek, mengantuk, dan juga hamil tidak disarankan nyetir mobil sendiri. Mengapa demikian? Beberapa kondisi yang disebutkan tersebut akan menyebabkan kegiatan nyetir terganggu. Jelas hal ini akan berpengaruh besar pada keselamatan saat mengemudi. Baik bagi pengemudi maupun untuk pengguna jalan lainnya. Bila menggunakan jasa pesan mobil, ada baiknya meminta supir pendamping bila dalam kondisi yang disebutkan tersebut.

Nah, salah satu kasus yang paling sering menyebabkan kejadian buruk saat nyetir adalah ngantuk. Banyak pengemudi yang memaksakan untuk nyetir padahal ngantuk dan tidak fokus. Sehingga kecelakaan tidak terhindarkan dan tidak heran jasa pesan mobil menerima pemesanan supir juga. Berikut ini merupakan tips mengatasi ngantuk saat mengemudi yang bisa kamu terapkan selama membawa mobil.

  •         Beristirahat berkala saat perjalanan jauh

Saat nyetir untuk perjalanan jauh, usahakan menyediakan waktu beristirahat. Ada baiknya setiap 2 jam sekali kamu sempatkan menepi ke rest area maupun sejenisnya untuk istirahat. Kamu juga bisa ke supermarket terdekat untuk menghilangkan kantuk yang melanda. Bisa juga kamu menyempatkan menepi untuk tidur sejenak.

  •         Mengunyah kacang – kacangan ataupun permen

Mengkonsumsi kacang ataupun permen bisa menghilangkan kantuk. Kedua jenis makanan ini bisa membantu kamu menghilangkan kantuk. Jadi ada baiknya saat berkendara kamu juga membawa kacang – kacangan ataupun permen untuk teman perjalanan. Untuk kesehatan, kamu bisa memilih kacang rendah garam ya.

  •         Mengkonsumsi kopi

Bukan rahasia lagi bila kopi dijadikan sebagai teman begadang. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang bisa membantu kamu terjaga selama 6 jam kedepan. Kamu bisa konsumsi kopi hitam tanpa gula dan bahan tambahan lainnya sebagai bekal nyetir. Bila ditambahkan bahan lainnya maka akan mempengaruhi kesehatan kamu untuk jangka panjang.