Breaking News

4 Mesin Kopi Manual Terbaik untuk Membuat Espresso

4 Mesin Kopi Manual Terbaik untuk Membuat Espresso

Minum kopi saat ini menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh banyak orang di Indonesia terutama di Indonesia. Menyesap satu gelas kopi sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan ketika pagi hari ataupun malam. Bisnis kopi juga menjadi usaha yang cukup menjanjikan dan berikut ini beberapa mesin kopi manual terbaik untuk membuat kopi espresso.

Apa Itu Kopi Espresso?

Espresso sebenarnya merupakan cairan kopi hitam yang punya kepekatan sangat tinggi dan biasa dijadikan sebagai bahan dasar. Kebanyakan espresso ini akan digunakan untuk membuat olahan kopi lainnya seperti dicampur dengan susu dan sebagainya. Kopi kental satu ini lebih sering dinikmati oleh masyarakat luar negeri terutama wilayah Eropa.

Pembuatan espresso sendiri tergolong cepat dan membutuhkan bahan kopi serta air panas tanpa tambahan bahan lainnya. Cita rasa dari espresso sendiri merupakan rasa asli yang dimiliki oleh biji kopi baik itu arabika maupun robusta. Banyak orang mencirikan espresso sebagai kopi yang diseduh dengan sedikit air sehingga punya cita rasa pahit getir.

Pilihan Alat Espresso Manual

Dalam pembuatan espresso, mungkin seringkali terbayangkan alat-alat mahal dan penggunaan mesin canggih. Padahal sebenarnya ada beberapa mesin kopi manual penghasil espresso yang memberikan hasil seduhan tidak jauh dari mesin mahal. Berikut ini beberapa jenis mesin manual yang paling sering ditemui dan dibandrol dengan harga cukup murah.

1. ROK Presso GC

Alat pembuat kopi manual yang paling populer yaitu ROK Presso dengan kualitas yang bisa diadu dengan mesin puluhan juta. ROK Presso banyak dipakai di kedai-kedai kopi kecil karena tergolong murah dan bisa dipakai tanpa menggunakan listrik. Pemakaian alat ini cukup mudah yaitu hanya memberi tekanan kemudian memulai ekstraksi kopi tanpa tenaga berlebih.

2. Aeropress

Kedua ada alat aeropress yang diciptakan oleh Alan Adler dan menjadi alat manual brew populer saat ini. Alat terdiri dari beberapa bagian berbeda, hanya ada tabung plastik dengan satu tuas plunger vertikal untuk memberi tekanan. Penggunaan alat ini mudah hanya dengan mengisi chamber dengan bubuk kopi kemudian tekan plunger supaya bubuk kopi terekstraksi.

3. Staresso

Alat satu ini terbilang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dengan kemampuannya menghasilkan tekanan 15-20 bar. Ada handle hidrolik yang akan memompa air panas ke biji kopi sehingga dihasilkan single shot espresso yang terasa nikmat.

4. Italexpress Moca Pot

Sama seperti namanya, alat ini berasal dari Italia dengan kemampuan menghasilkan kopi hingga 6 cup kopi. Alat ini dibuat dari alumunium berkualitas dan punya kemampuan menahan panas sehingga kopi yang dihasilkan terasa kental.

Itulah dia 4 mesin kopi manual yang bisa menghasilkan espresso berkualitas tidak kalah dari mesin puluhan juta rupiah. Penggunaan manual brew akan memberi cita rasa tersendiri jika dibandingkan penyeduhan kopi lainnya.

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Tabel Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,sans-serif;}