Breaking News

4 Strategi Merekrut Programmer Berkualitas

Setiap perusahaan pasti menginginkan calon karyawan dari semua posisi terbaik untuk direkrut menjadi bagian tim mereka. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut saat ini terbilang cukup susah karena persaingan lowongan kerja yang sangat kompetitif.

 

Hal tersebut juga menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan dalam merekrut talenta IT seperti programmer. Apalagi, programmer merupakan salah satu posisi yang sangat vital bagi kebanyakan perusahaan, terutama perusahaan teknologi. HRD atau recruiter memiliki beban dan tanggung jawab yang cukup berat agar bisa menemukan talenta programmer yang handal dan berkualitas. 

 

Meskipun terdengar sangat susah, bukan berarti tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Asalkan perusahaan Anda menerapkan strategi yang tepat dalam melakukan proses rekrutmen. Namun, strategi seperti apa yang dapat dilakukan untuk mencari dan merekrut programmer berkualitas? Nah, bagi Anda yang ingin mengetahuinya, di bawah ini kami akan sajikan 5 strategi merekrut programmer berkualitas yang bisa diterapkan. Seperti apakah itu? Simak informasinya berikut!

 

Seperti Apa Strategi Merekrut Programmer Berkualitas?

 

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa saat ini persaingan lapangan kerja sangatlah kompetitif. Bukan hanya kandidat saja yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi perusahaan juga sulit mendapatkan calon karyawan yang tepat.

 

Untuk merekrut programmer handal, sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan dan dalam artikel ini akan memberikan beberapa strategi yang efektif. Nah, berikut adalah beberapa strategi tersebut!

 

Daftar Strategi Merekrut Programmer Berkualitas

 

1. Ketahui Kebutuhan Perusahaan

 

Sebagai HRD, Anda mungkin tidak begitu familiar dengan dunia IT khususnya programmer. Namun, Anda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mencari sekaligus merekrut tenaga programmer untuk perusahaan. 

 

Hal ini terkadang menjadi sebuah hal yang cukup membingungkan bagi HRD, untuk itu Anda harus mengetahui apa sebenarnya yang dibutuhkan perusahaan terkait tenaga programmer.

 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan diskusi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang memang berhubungan dengan posisi programmer di perusahaan Anda. Ketahuilah apa saja yang mereka butuhkan mulai dari skill, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya untuk dijadikan sebagai landasan dalam memilih tenaga programmer yang baru.

 

2. Wajib Membuat Persyataan yang Spesifik Dalam Iklan Lowongan Pekerjaan

 

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan terkait tenaga programmer yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat deskripsi lowongan pekerjaan yang akan Anda iklankan dengan sangat spesifik.

 

Tulis dengan jelas apa saja persyaratan yang benar-benar perusahaan Anda butuhkan mulai dari skill, bahasa pemrograman, dan kualifikasi lainnya. Selain itu, jelaskan juga tugas dan tanggung jawab seperti apa yang akan dihadapi oleh kandidat ketika bekerja nantinya.

 

Dengan membuat deskripsi persyaratan yang spesifik pada iklan lowongan pekerjaan, hal ini akan membantu Anda untuk menyaring pelamar dengan spesifik pula.

 

3. Rekrut Programmer Melalui Talent Pool

 

Jika Anda bingung untuk mencari kandidat terbaik, Anda bisa memanfaatkan talent pool. Beberapa perusahaan biasanya sudah memiliki talent pool mereka sendiri. Namun, jika perusahaan Anda belum memilikinya, Anda bisa melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

 

Saat ini ada banyak sekali lembaga-lembaga yang menyediakan talenta untuk posisi IT termasuk programmer. Namun, jangan sampai salah untuk memilih lembaga mana yang akan diajak untuk bekerjasama.

 

Anda bisa melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga penyedia talenta IT yang benar-benar kredibel dan berkualitas, salah satu yang terpercaya adalah Algobash.


Algobash adalah sebuah platform pre-employment test untuk posisi-posisi IT. Algobash memiliki 6000+ database programmer yang berkualitas dan bisa Anda pilih. Selain itu, Anda juga dapat melakukan rekrutmen berbasis coding competition sehingga Anda dapat merekrut programmer yang benar-benar mumpuni dan tepat.

 

4. Uji Kemampuan Kandidat Dengan Coding Test 

 

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan coding test. Ini adalah sebuah strategi yang sangat efektif. Melalui coding test Anda dapat melihat dan menilai secara langsung bagaimana kemampuan teknikal kandidat sehingga Anda dapat menentukan kandidat mana yang memang benar-benar tepat untuk direkrut.

 

Nah, itulah dia beberapa strategi merekrut programmer berkualitas yang bisa Anda lakukan. Dengan 4 strategi yang sudah kami sebutkan di atas, Anda dapat menemukan dan merekrut programmer berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan!