Breaking News

Teknik dasar pencak silat

6 Teknik Dasar Pencak Silat sebagai Bela Diri

Teknik dasar pencak silat – Teknik pencak silat sebagai hasil budaya warga Indonesia untuk menjaga diri dari gempuran lawan dan menjaga kredibilitas pada sekitar lingkungan, hingga terbentuklah warga yang madani yang memiliki iman dan bertaqwa ke Allah SWT.

Pencak silat sebagai olahraga bela diri asli Indonesia yang mananya telah populer sampai seluruh dunia. Pencak silat bukan hanya pergerakan dan pukulan saja, namun pencak silat mempunyai nilai seni yang tinggi.

Pencak silat semenjak tahun 1973 telah jadi cabang olahraga yang ditandingkan dalam Minggu Olahraga Nasional (PON) yang ke VII bertepat di Jakarta.

Berikut ahagames.net rangkum untuk Anda enam teknik dasar pencak silat.

6 Teknik Dasar Pencak Silat sebagai Bela Diri

teknik dasar pencak silat

Pencak silat sebagai olahraga ekstrim yang membutuhkan kecakapan dan ketahanan badan tinggi. Tingkat atletnya juga diperbedakan berdasar warna sabuk yang digunakan. Antiknya kembali, untuk capai tingkat sabuk yang semakin tinggi seorang olahragawan harus betul-betul mengusai kuasai semua tehnik dasar pencak silat.

Oleh karena itu aku akan menolong anda pelajari bagaimana tehnik dasar pukulan pencak silat yang benar dan baik. Bagaimanakah cara menangkis musuh, lakukan elakan, dan membuat kuda kuda yang kuat sebagai permulaan. Pengetahuan dan kepenguasaan yang bagus dapat mengantar kita jadi olahragawan bela diri yang kuat.

Teknik Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat yang pertama adalah sikap pasang. Sikap pasang sebagai kombinasi di antara pergerakan tangan dan kaki memakai status kuda kuda atau mungkin tidak selanjutnya dituruti dengan sikap waspada. Teknik dasar pencak silat berbentuk sikap pasang ini berperan untuk tingkatkan kesiapan indera dan psikis secara keseluruhan.

Sikap pasang menurut pemakaiannya bisa dipisah jadi dua yakni sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka adalah tipe sikap pasang memakai dada, lengan dan tangan yang tidak mempunyai tujuan membuat perlindungan tubuh. Sedang sikap pasang tertutup sebagai tipe sikap pasang memakai lengan dan tangan yang mempunyai tujuan membuat perlindungan tubuh.

Teknik Kuda-kuda Dalam Pencak Silat

Tehnik dasar pencak silat seterusnya adalah tehnik kuda kuda. Tipe olahraga pencak silat sebagai tipe olahraga bela diri yang telah turun-temurun di Indonesia. Kuda kuda sebagai tehnik dasar yang bermanfaat untuk perkuat dan memperkuat tubuh saat lakukan tangkisan dan gempuran ke musuh. Dapat disebut kuda kuda pencak silat yang kuat sebagai modal mencetak kemenangan saat bertemu dengan musuh. Oleh karena itu hal pertama kali yang harus anda dalami saat sebelum bergerak ke tehnik pukulan dan sepakan ialah belajar bagaimana tehnik kuda kuda yang benar dan baik.

Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat

Seterusnya ada teknik dasar pencak silat berbentuk tehnik pukulan. Teknik dasar pukulan sebagai tipe teknik sebagai dasar lakukan gempuran dalam pencak silat. Pukulan itu dilaksanakan supaya musuh bisa dijatuhkan selanjutnya memperoleh angka. Teknik pukulan dalam pencak silat bisa dipisah jadi beberapa macam yakni pukulan bandul, pukulan tebah, pukulan tusuk, pukulan pedang, pukulan kepret dan pukulan tampar.

Saat memperlancar pukulan tidak langsung selalu memakai kemampuan fisik saja. Mengapa begitu? pencak silat sebagai olahraga seni bela diri yang memprioritaskan teknik. Oleh karena itu sering kita mendapati beberapa nama tehnik dasar pukulan pencak silat. Misalkan saja teknik chop seperti menggunting di atas, teknik upercut yang menggunting dari bawah, dan lain-lain.

Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat

Bila ada pukulan pasti kita dapat mendapati teknik tendangan dalam pencak silat. Teknik dasar yang ini sebagai wujud realisasi dari skema serangan memakai kaki. Sasaran tendangan juga bisa juga disamakan berdasar kondisi musuh.

Untuk kuasai teknik dasar tendangan yang benar dan baik kita harus kerap latih kelenturan tempat sekitaran kaki. Masalahnya tehnik sepakan bukan hanya dilaksanakan untuk serang sisi bawah saja tetapi juga bisa dipakai untuk serang ke atas.

Teknik tendangan termasuk juga tipe teknik yang dipakai untuk lakukan gempuran dalam pencak silat. Teknik sepakan bisa dipisah jadi beberapa macam yakni:

1. Sepakan Lempeng ke depan ialah tehnik dasar pencak silat berbentuk sepakan dengan lakukan hentakan telapak kaki yang sejajar dengan pundak.
2. Sepakan berupa T ialah teknik tendangan samping dengan lakukan hentakan telapak kaki.
3. Sepakan samping ialah teknik pencak silat berbentuk sepakan dengan memakai punggung kaki.
4. Sepakan melingkar ialah teknik tendangan dengan lakukan hentakan punggung kaki dan dilaksanakan dengan memutarkan tubuh.

Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat paling akhir adalah teknik tangkisan yang notabennya masuk ke skema pertahanan. Tangkisan sebagai teknik yang perlu dalam laga pencak silat. Tipe teknik dasar ini dipakai untuk menahan, memutus, dan menangkis gempuran musuh. Selainnya dikuasai oleh keadaan fisik seorang olahragawan teknik tangkisan dikuasai oleh kuat dan matangnya kuda kuda yang dibikin pada awal laga.

Oleh karena itu sejak dari awalnya aku terangkan jika tehnik dasar kuda kuda jadi parameter kuatnya skema serangan dan pertahanan. Makin bagus kuda-kuda yang dibikin karena itu makin kuat juga tangkisan, pukulan, dan sepakan yang dibuat oleh olahragawan pencak silat. Teknik tangkisan dalam pencak silat bisa dipisah jadi beberapa macam yakni:

1. Tangkisan Dalam ialah tipe tangkisan yang sejajar dengan pundak dan dilaksanakan di luar di dalam.
2. Tangkisan Luar ialah tipe tangkisan yang sejajar dengan pundak dan dilaksanakan dari dalam keluar dengan ambil sisi luar dari kaki atau tangan.
3. Tangkisan Atas ialah tipe tangkisan yang sudah dilakukan dari bawah ke atas supaya sisi kepala bisa terlindungi dari gempuran musuh yang ke arah kebagian atas.
4. Tangkisan Bawah ialah tipe tangkisan yang sudah dilakukan di atas ke bawah supaya terlindungi dari gempuran musuh selanjutnya kita serang musuh balik dari sisi dalam.

Teknik Dasar Elakan Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat yang masuk ke kelompok skema pertahanan setelah itu elakan. Elakan sebagai opsi alternative saat anda tidak berhasil lakukan tangkisan. Konsep dari teknik elakan ialah menghindar gempuran lawan dan meminimalkan adu fisik yang terjadi. Dengan begitu anda masih tetap dapat menggagalkan serangan tanpa alami cedera atau cedera sedikitpun.

Untuk lakukan teknik elakan pencak silat sebetulnya tidak dibutuhkan keterampilan khusus. Namun kita harus pintar membaca keadaan dan cara yang dibikin oleh lawan. Dengan meningkatkan semua indera disertai reflek yang bagus kita tetap lakukan elakan dan menanti momen untuk serang balik. Ini adalah teknik dasar pencak silat yang harus anda kuasai. Karena kurang lebih tehnik elakan akan menolong anda saat sedang tersudut.

Demikianlah penjelasan mengenai enam teknik dasar pencak silat yang dapat Anda pelajari. Semoga bermanfaat!