Breaking News

Acer Swift 3 SF314-42 Laptop Review : Ryzen 5 4500U Lebih Powerful

 

Acer Swift 3 SF314-42 terbaru dengan prosesor AMD Ryzen 5 4500U bisa menjadi kandidat kuat untuk laptop solid yang benar-benar layak dipertimbangkan. Tentu saja, antara performa dan dukungan mobilitas yang baik, Anda tidak bisa mengabaikannya. Di sisi lain, harga juga menarik, meskipun di sisi negatif.

penasaran? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Ulasan Acer Swift 3 SF314-42: Apa yang kami ketahui sejauh ini

Acer Swift 3 memiliki tampilan yang bagus dan dukungan mobilitas yang baik. Dengan bobot yang hanya sekitar 1,2 kg dan ketebalan sekitar 1,5 cm, tentunya akan semakin memudahkan pengguna untuk bepergian tanpa perlu repot membawanya kemana-mana. Kehadiran sasis aluminium dan magnesium-aluminium menjadi salah satu alasannya menjadi laptop bisnis terbaik. Sepertinya kami memiliki perangkat yang ringan, tetapi kualitas yang diberikannya sangat bagus.

 

Walaupun covernya memiliki sedikit gradasi warna yang menurut kami sangat tidak nyaman, seperti warna yang terlihat pucat, apalagi jika Anda memilih sterling silver. Saran kami adalah memilih warna lain, jadi pabrikan menawarkan 3 opsi untuk ini. Kami pikir opsi yang diklik mungkin adalah yang terbaik. Ini lebih merupakan masalah preferensi, dan pendapat setiap orang mungkin berbeda.

 

Harga tentu bisa dibilang cukup nyaman dibandingkan dengan pilihan berbasis Intel, meski kisarannya tidak murah dengan harga mulai 9,9 juta dari segi nilai. Beberapa dari mereka bisa melebihi 10 juta. Untungnya, harga tersebut sepadan dengan fitur tambahan yang ditawarkan laptop ini.

hubungkan dan tampilkan

Terhubung sepenuhnya, meskipun dalam jumlah yang sangat terbatas. Di sebelah kiri Anda akan menemukan beberapa port penting, termasuk port USB Type-C, USB 3.0, port HDMI, dan port charger. Di sebelah kanan, ada USB 2.0, termasuk jack audio dan kunci Kensington. Sayangnya, pabrikan tidak menyediakan slot kartu SD, dan bentuk penyimpanan ekstra ini terkadang diperlukan.

 

Untuk konektivitas nirkabel, kehadiran Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 tidak diragukan lagi merupakan solusi sempurna untuk kebutuhan jaringan nirkabel yang cepat. Bahkan, WiFi juga mendukung teknologi dual-band dan 2×2 MU-MIMO antara 2,4 GHz hingga 5 GHz.

 

Dari segi tampilan, Acer Swift 3 terbaru memiliki ukuran 14 inci yang sama dengan pendahulunya, termasuk resolusi FullHD (1920×1080). Ini juga termasuk kualitas layar, yang menurut kami selalu positif. Mungkin menarik untuk melihat kehadiran panel IPS Comfyview yang menawarkan sudut pandang hingga 170 derajat dan warna yang lebih tajam saat Anda bergerak di depan monitor.

keyboard dan touchpad

Keyboardnya juga agresif, dengan setiap huruf yang jelas dan mendukung lampu latar yang terang. Bahkan tanpa tombol tombol angka tambahan, aktivitas mengetik yang lama tetap nyaman. Pintasan untuk menavigasi hal-hal ekstra, seperti menyesuaikan volume atau kecerahan melalui keyboard, juga cukup.

 

Touchpad juga bisa menjadi perangkat navigasi yang mengasyikkan, meski area yang disediakan tidak terlalu luas. Namun saat bernavigasi dengan touchpad, tidak banyak kendala. Setiap klik dan akurasinya cukup cepat dan tentunya nyaman untuk direspon.

Audio dan Kamera Web

Audio yang disediakan oleh Swift 3 sangat bagus, bahkan saat mendengarkan musik favorit atau menonton video, kualitasnya sangat nyaman. Acer tampaknya menawarkan banyak peningkatan, termasuk volume tinggi dari speaker audio Realtek.

Sebuah webcam akan cukup, meskipun jangan mengharapkan kualitas terbaik. Hal itu dikarenakan laptop ini hadir dengan webcam HD dengan resolusi 1280 x 720, yang mendukung perekaman audio yang sangat jernih, selain video tentunya.

Acer Swift 3 SF314-42 .Spesifikasi Inti

  • Prosesor: Prosesor hexa-core seri AMD Ryzen™ 5-4500U (hingga 3 MB L2 cache, hingga 4,0 GHz)
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Layar: Layar 14,0 inci, IPS Full HD 1920 x 1080, sudut pandang lebar hingga 170 derajat
  • Memori: 8GB DDR4
  • Penyimpanan: 256GB NVME SSD
  • Grafis: AMD Radeon Vega 6
  • Wi-Fi: Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 Dual Band (2,4 GHz dan 5 GHz), Teknologi MU-MIMO 2×2
  • Webcam: Webcam HD dengan resolusi 1280 x 720
  • Port: Port HDMI®, audio 3,5mm, port USB Type-C, port USB 3.2 dengan pengisian daya USB mati, port USB 2.0, pembaca media, pembaca sidik jari
  • Baterai: 48Wh hingga 12 jam
  • Dimensi: 323 (L) x 218 (D) x 15,95 (T) mm
  • Berat: 1.2kg
  • Harga: Rp 9.999.000

Untuk spesifikasi, Acer Swift 3 SF314-42 terbaru hadir dengan pilihan prosesor AMD Ryzen 5 4500U. 6 core 6 thread, kecepatan clock tinggi hingga 4,0 Ghz, cache L3 8MB tentu saja dapat menjadi penghancur kinerja yang sangat efektif, bahkan untuk pembuatan konten yang cukup menuntut.

 

Dalam pengujian Cinebench R20, misalnya, prosesor ini mendapat skor sangat baik dalam hasil multi-threaded, mengalahkan Intel Core i5-10310U terbaru. Ini juga berlaku untuk transaksi inti tunggal.

 

Masalah rendering juga bisa diandalkan saat mendapatkan skor cepat pada tes Blender di skenario BMW27, yang mencatat waktu hingga 497 detik.

 

Nah, selain prosesor yang solid, laptop ini memiliki iGPU Radeon Graphic Renoir 6 yang sangat bagus, dan masih berfungsi dengan baik bahkan untuk gaming 1080p.

Meskipun tidak direkomendasikan untuk game yang menuntut, kami mencobanya di PES 2020 dan sebenarnya masih memberikan nilai framerate yang nyaman. bahkan jika itu diatur ke pengaturan rendah.

 

Spesifikasi lainnya cukup, tidak lebih, tidak kurang. Misalnya, RAM 8GB dengan kecepatan 3200 Mhz dan NVMe Storage dengan kapasitas 256GB. Kecepatannya cepat, sehingga tidak akan ada lagi masalah dengan pemuatan sistem yang lambat atau transfer data yang efisien. Bagaimanapun, SSD sangat terbatas kapasitasnya.

 

Di sisi lain, peningkatan sangat terbatas, Anda hanya dapat meningkatkan penyimpanan, bahkan jika Anda ingin mengganti SSD. Pabrikan tidak menawarkan ruang untuk peningkatan memori tambahan, atau slot penyimpanan tambahan. RAM terpasang pada motherboard, sehingga tidak mudah dilepas. Juga tidak ada slot M.2 tambahan atau penyimpanan 2,5 inci.

kinerja baterai

Laptop ini memiliki keunggulan tersendiri dalam hal kinerja baterai, bahkan laptop yang kami anggap cukup baik dalam sekali pengisian daya. Bayangkan saja bagaimana idle-nya bisa bertahan hingga 13 jam meski masih terkoneksi WiFi.

 

Bahkan jika Anda melakukan pekerjaan biasa, seperti mendengarkan musik atau browsing sambil melakukan aktivitas kantor, itu berkurang menjadi 8,48 menit.

 

Jika aktivitas intensif seperti pembuatan konten atau bermain game bisa bertahan hingga 5,55 menit atau hampir 6 jam, kecepatan pengisian daya bisa mencapai 1,45 menit. Itu tentu merupakan pencapaian tersendiri, dan bahkan yang terbaik dari banyak laptop yang kami coba untuk masalah baterai.

Kesimpulannya

Apa yang Anda pikirkan sejauh ini? Acer Swift 3 SF314-42 pada dasarnya adalah salah satu laptop tepercaya yang tidak hanya berkinerja baik, tetapi juga memiliki dukungan seluler yang sangat baik. Di sisi lain, kualitas layar, audio, dan performa baterai juga menjadi faktor yang menarik bagi pengguna, karena laptop Acer terbaru ini membawa nilai tambah yang luar biasa.

Sayangnya, upgrade sangat terbatas, seperti tidak ada slot memori atau slot penyimpanan tambahan yang tersedia. Jadi Anda harus puas dengan kapasitas RAM 8GB. Di sisi lain, slot kartu SD juga tidak tersedia, dan terkadang tidak harus membeli perangkat tambahan memiliki keuntungan tersendiri.

Namun, tanda minus tidak berarti banyak untuk kinerja secara keseluruhan, termasuk estetika positif. Sistem operasi Windows 10 juga tersedia, meskipun tanpa banyak manfaat besar.

Nah itulah ulasan singkat dari kami mengenai laptop terbaru yaitu Acer Swift 3 SF314-42. Meskipun kami belum mengungkapkan semuanya, kami harap ini berguna!