Breaking News

Alasan Anda Harus Beli – Jam Garmin Venu SQ VS Apple Watch

 

Sejak Garmin Venu SQ dirilis beberapa hari lalu. Jam tangan ini membawa Garmin lebih dekat dengan Apple Watch, baik dalam desainnya sendiri maupun dibandingkan dengan desain Garmin Watch sebelumnya. Garmin Venu SQ bisa menjadi pengganti Apple Watch.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Venu SQ dan Apple Watch. Jadi Anda dapat memilih dengan bijak apa yang benar-benar Anda butuhkan dan dapat membuat hidup lebih mudah. Artikel ini merupakan reupload dari website Dorangadget.com.

Harga untuk Venu SQ dan Apple Watch

Dari segi harga, Garmin Venu SQ dibanderol dengan harga Rp 3.199.000 untuk versi reguler dan Rp 3.999.000 untuk versi musik. Apple Watch 3 dibanderol dengan harga Rp 4.199.000. Perbedaan harga tidak terlalu jauh, lalu apa sebenarnya perbedaan dari kedua smartwatch ini?

Desain dan Bahan

Tak bisa dipungkiri bahwa desain Garmin Venu SQ, seperti halnya Apple Watch, berbentuk persegi panjang. Desain Venu SQ menggunakan polimer yang biasa digunakan pada jam tangan Garmin dan terlihat sangat sporty. Ditambah dengan bezel aluminium, SQ semakin elegan untuk dikenakan di berbagai acara.

Untuk layarnya sendiri, Venu SQ hadir dengan Gorilla Glass anti gores. Jam tangan Garmin baru ini memiliki dua tombol untuk kontrol dengan layar sentuh yang mudah dinavigasi. Garmin menggunakan strap silikon 20mm dengan klip yang memudahkan untuk melepas strap.

Apple Watch 3 terbuat dari aluminium, yang terasa lebih kokoh tetapi terasa lebih berat. Pada strap Apple Watch memiliki banyak variasi yang dapat dengan mudah diganti. Keduanya juga memiliki fitur tahan air 5ATM, sehingga cocok untuk berenang di kolam renang.

Garmin Venu SQ dan Rakitan Layar Apple Watch

Dikutip dari laman Doran Gadget Distributor Garmin Terpercaya, Tampilan kedua jam tangan pintar ini sangat berbeda. Pertama, jam tangan pintar Apple menggunakan OLED, dan jam tangan pintar Garmin menggunakan LCD. Perbedaan komponen ini membuat perbedaan dalam kualitas visual. Layar OLED lebih baik untuk warna yang berani dan menawarkan warna hitam yang lebih pekat.

Apple Watch 3 berukuran 38mm dan memiliki resolusi 272 x 340 piksel. Garmin Venu SQ memiliki resolusi 240 x 240 piksel, yang membuat Apple Watch juga lebih tajam. Apple Watch juga menawarkan layar yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi pada semua model.

Mempertimbangkan layar lebih jauh, Apple Watch juga memiliki antarmuka pengguna yang lebih menarik secara visual. Meskipun jam tangan Garmin SQ jauh lebih sederhana secara visual. Tampilan Apple Watch yang canggih berdampak besar pada baterai.

Daya tahan baterai

Keuntungan utama yang dimiliki Garmin Venu SQ dibandingkan Apple Watch adalah masa pakai baterai. Jam tangan Garmin Venu SQ dapat digunakan sebagai jam tangan pintar hingga 6 hari. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat keluar di akhir pekan.

Jam tangan Garmin Venu SQ akan bertahan 14 jam saat Anda menggunakannya dalam mode GPS. Anda dapat menentukan apakah Anda harus menagihnya seminggu sekali. Jadi ketika Anda lupa mengisi daya sebelum tidur, baterai jam tangan pintar Garmin masih ada.

Apple mengklaim 18 jam masa pakai baterai pada hari-hari biasa. Tapi itu tidak bisa bersaing dengan Garmin Venu SQ dalam hal daya tahan baterai. Dalam banyak kasus, Anda mungkin lupa mengisi daya lebih sering saat tidur.

Untuk pelacakan tidur, Venu Sq benar-benar akan melacak tidur Anda. Namun di Apple Watch, Anda bahkan tidak bisa tidak merasakan fitur tersebut. Baterai harus diisi atau di pagi hari Anda menemukan bahwa jam tangan pintar Anda mati.

Sensor Gerak dan Fitur

Soal sensor pada jam tangan ini, tidak banyak perbedaan antara Garmin Venu SQ dengan jam tangan pintar Apple Series 6 terbaru. Sensor yang digunakan untuk memantau kadar oksigen darah di Apple Watch Series 6 juga ada di Garmin Venu SQ.

Kedua jam tangan pintar ini melacak banyak metrik olahraga dan gaya hidup Anda. Seperti langkah, ini memberikan informasi rute GPS, memberi Anda lokasi akurat dan pelacakan rute untuk latihan Anda.

Garmin memiliki pelacakan detak jantung paling akurat karena memantau beberapa kali per detik untuk mengumpulkan lebih banyak data selama berolahraga. Garmin dikenal dengan pelacakan geraknya. Sementara itu, Apple hanya memasang jam tangan pintar sebagai perangkat medis.

Kedua perangkat mendukung pelacakan tidur. Garmin mendapatkan informasi ini berdasarkan latihan dan stres harian Anda, dan menggunakan fitur Baterai Tubuh untuk menentukan apakah Anda cukup istirahat. Meskipun Apple hanya melaporkan tidur yang Anda pantau, untuk fitur ini, pastikan Apple Watch Anda memiliki daya yang cukup untuk hari berikutnya.

Dukungan Ponsel Cerdas

Apple Watch hanya berfungsi dengan iPhone, jika Anda pengguna Android, satu-satunya pilihan Garmin. Jika Anda melihat data di lapangan, perangkat pihak ketiga seperti Garmin memiliki pengalaman yang lebih baik di Android daripada iPhone. Karena mendukung lebih banyak fungsi melalui Google juga dapat dengan cepat membalas pesan.

Namun, Venu SQ mendukung banyak fitur yang Anda butuhkan di iPhone. Hanya saja tidak semulus pengalaman menggunakan jam tangan pintar Apple. Apple Watch dan iPhone adalah perangkat yang dirancang untuk bekerja bersama.

Venu SQ menggunakan Garmin Connect untuk menyinkronkan data, sehingga semua aktivitas Anda muncul di aplikasi. Aplikasi Garmin Connect pada dasarnya akan berbagi data dengan layanan lain yang Anda inginkan. Bahkan berbagi data dengan Apple Health jika Anda ingin melihat data latihan Anda di sana.

Jam tangan pintar Apple menyinkronkan data ke Apple Health dan dapat ditransfer ke layanan lain seperti Strava. Prosesnya dilakukan secara manual, sedangkan sinkronisasi Garmin dilakukan secara otomatis.