Breaking News

Apa itu SEO seluler?

jasa seo lokal

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah mengalihkan fokusnya ke pencarian mobile.

Sampai sekarang, diketahui dengan pasti bahwa 70% dari seluruh web ada di indeks mobile-first.

Dalam hal SEO jika Anda membuat website, ini berarti Googlebot mengindeks versi mobile situs Anda, bukan versi desktop. Jadi, jika situs Anda tidak mobile-friendly, kemungkinan besar situs tersebut tidak akan melihat peringkat pencarian yang tinggi di mesin telusur.

Jadi, bagaimana Anda membuat situs website Anda ramah untuk perangkat mobile sehingga pengguna Anda dan perayap Google akan benar-benar menyukainya? Mari kita lihat!

Apa itu SEO seluler?

Mobile SEO adalah singkatan dari optimasi on page mesin pencari di perangkat smartphone. Pada intinya, ini adalah proses mengoptimalkan situs web secara on page Anda untuk pengguna yang menggunakan ponsel cerdas, tablet, atau perangkat ponsel lainnya untuk mengakses situs Anda.

Tujuan SEO seluler adalah untuk mendapatkan pengalaman situs web yang luar biasa bagi semua pengguna Hp atau tablet terlepas dari ukuran layar, sistem operasi perangkat, atau kecepatan internet berbasis GSM.

Mengapa membuat situs web yang ramah dengan perangkat ponsel sangat penting?

Miliaran pengguna memilih ponsel cerdas mereka daripada komputer desktop setiap hari ketika mereka perlu mengikuti berita terbaru, memeriksa pemenang pertandingan sepak bola, atau berbelanja online.

Meskipun manfaat SEO seluler mungkin sudah jelas banyak dipahami pengelola jasa SEO lokal maupun global, saya telah mengumpulkan beberapa poin yang paling meyakinkan di bawah ini.

Pencarian seluler telah melampaui pencarian desktop

Kembali pada tahun 2017, penelusuran seluler melebihi penelusuran desktop. Saat ini, lebih dari separuh penelusuran web berasal dari perangkat smartphone . Karena pangsa lalu lintas perangkat seluler terus tumbuh setiap bulan, tren ini hanya akan menguat.

Untuk pemilik situs web, ini berarti sebagian besar pengunjung melihat situs mereka dari perangkat telepon. Dan jika situs tidak mobile-friendly, pencari seluler akan kembali ke hasil pencarian. Google menangkap perilaku pengguna dan pada akhirnya dapat menurunkan peringkat situs tersebut. Kemungkinan pengguna yang terpental akan mengunjungi situs yang dioptimalkan dengan buruk lagi juga rendah.

Fokus Google adalah pada pencarian seluler

Semuanya dimulai pada tahun 2015 ketika Google meluncurkan pembaruan ramah selulernya .

Dengan apa yang disebut pembaruan “Mobilegeddon”, Google menghukum situs web yang tidak ramah seluler. Namun, ini hanya berlaku untuk penelusuran seluler, yang pangsanya jauh lebih rendah daripada desktop pada waktu itu.

Ini berubah secara dramatis ketika kami pertama kali mendengar tentang indeks mobile-first . Mulai tahun 2017, Google perlahan mulai merayapi web menggunakan smartphone Googlebot. Maju cepat ke 2022 dan kami memiliki 70% dari seluruh web di indeks mobile-first. Dan itu terus meluas hingga akhirnya mencapai 100%.