Breaking News

Aplikasi Sipil Teknologi GPS

edipurwanto-Penerbangan

Teknologi GPS saat ini sangat banyak digunakan dalam penerbangan komersial. Sebagian besar pesawat jet komersial kini semakin banyak menggunakan navigasi GPS untuk pendekatan awal dan non-presisi ke lapangan udara tertentu. Pengawasan Ketergantungan Otomatis – Siaran (ADB-B) adalah panduan utama futuristik dan teknologi GPS navigasi di mana sejumlah besar penelitian, pengembangan dan investasi sedang dituangkan. Teknologi ADB-B juga melibatkan komunikasi antar-pesawat langsung dalam Kedekatan radial yang telah ditentukan sebelumnya yang memungkinkan pesawat untuk mengkomunikasikan kecepatan relatif, jarak, jalur penerbangan, dan lokasi mereka. Perkembangan teknologi ini tidak terbatas pada satu negara saja tetapi sedang dikembangkan secara global melalui aliansi multilateral teknologi strategis. Selain digunakan dalam penerbangan komersial, teknologi GPS ADB-B juga digunakan dalam navigasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV). UAV terutama digunakan untuk pemetaan sumber daya dan pencitraan pengawasan udara – tugas yang sebelumnya ditugaskan ke satelit yang mengorbit bumi seperti NASA Landsat.

Pengiriman dan Transportasi Kereta Api

Teknologi GPS yang mencakup semua dan semua yang berkembang semakin menggarisbawahi kehadirannya di bidang teknologi maritim. Teknologi digital GPS telah menggantikan teknologi maritim elektronik konvensional dan sekarang digunakan untuk memasukkan parameter operasional yang penting seperti navigasi laut dan pantai, pengerukan, navigasi dan docking pendekatan pintu masuk pelabuhan dan pelabuhan, Vessel Traffic Services (VTS), Automatic Identification System (AIS) ), pengumpulan data hidrografi dan logistik kargo.

Berkenaan dengan navigasi kereta api, teknologi GPS banyak digunakan saat ini untuk merampingkan hal-hal penting navigasi yang mencakup pengelolaan kereta, informasi penumpang, pencegahan pelepasan pintu yang bergantung pada penyelarasan platform gerbong, pensinyalan pelacakan kargo, integritas kereta api dan pendekatan perlintasan sebidang.

Ilmu

Penerapan teknologi GPS di berbagai bidang ilmiah cukup luas dan berdampak; ini termasuk bidang-bidang seperti pemantauan lingkungan dan atmosfer, studi perilaku hewan, lokasi spesimen botani, penelitian meteorologi dan iklim, pertanian, perikanan dan perikanan, pemetaan luas lahan, pemantauan hasil, penanaman tanaman yang tepat, pemantauan semprotan dan panen, pengendalian kendaraan otonom.

Keamanan

Keamanan adalah bidang lain yang sangat luas yang menggunakan teknologi GOS. Aplikasi keamanan GPS termasuk pelacakan semua jenis kendaraan – kendaraan ringan dan berat, kontainer berukuran 20 dan 40 kaki yang terdiri dari kargo umum, kontainer ber-AC khusus untuk makanan yang mudah rusak, pemantauan keamanan kendaraan untuk pemindahan penjahat dan tersangka, dll.

Jelas bahwa teknologi GPS memang sangat dapat diterapkan dan cocok untuk spektrum yang sangat luas dari aplikasi ilmiah dan teknologi yang memerlukan data pemantauan dan pelacakan yang konstan, terutama jika objek yang ditargetkan itu penting, mendesak, sensitif, dan berharga. Ini termasuk orang, hewan, mesin, logam mulia, uang kertas, dll.