Breaking News

Bacaan Doa Qunut Subuh Beserta Arti Dan Keutamaannya

3 Jenis Doa Qunut dan Bacaannya, Termasuk Qunut Subuh 

Sholat subuh memiliki keistimewaan dan juga tantangan sendiri, yaitu harus bangun pagi, meski pelaksanaanya cukup singkat hanya terdiri dari dua rakaat saja. Selain itu, ada juga tambahan bacaan doa qunut. Pembacaan doa qunut subuh ini memang tidak wajib, namun jika membacanya akan mendapat pahala.

Hukum baca doa qunut subuh adalah sunah. Para Nabi seperti Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affa, Alin bin Abi Tholib, Ibnu Abbas, serta Barra Bin Aziz mensunahkan qunut. Dalil yang dijadikan pedoman untuk mensunahkan baca doa qunut adalah hadits Nabi Muhammad SAW : Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A, beliau berkata, “Rasulullah senantiasa membaca qunut ketika sholat Subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad).

Secara bahasa, qunut bermakna doa. Sementara secara istilah, qunut dibagi dua jenis. Pertama, qunut nazilah yaitu qunut yang dibaca dalam sholat fardu ketika umat Islam menghadapi bahaya, wabah penyakit, bencana ataupun tantangan dari orang kafir. Qunut kedua yaitu dibacakan ketika menunaikan sholat subuh, yaitu ketika I’tidal rakaat kedua dalam sholat subuh atau witir.

Lantas, bacaan doa qunut subuh itu seperti apa? Berikut dibawah ini akan dijelaskan bacaan doa qunut subuh beserta artinya.

Bacaan doa qunut subuh :

“Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Artinya : “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang – orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama – sama orang – orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang – orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Membaca doa qunut subuh banyak keutamaannya, diantaranya yaitu :

  1. Memberikan Petunjuk

Pada bacaan doa qunut, terdapat bacaan yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit”. Bacaan doa tersebut memiliki arti sebagai suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk. Jika membaca doa qunut pada waktu sholat subuh, itu berarti kita selalu memohon petunjuk kepada Allah.

  1. Mendapatkan Perlindungan

Pada bacaan doa qunut juga terdapat bacaan yang berbunyi “Wa’aafinii fii man ‘afaiit”, yang artinya “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan.” Doa tersebut menjadi sesuatu yang sangat kuat, Allah memberikan perlindungan kepada hamba-Nya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.

  1. Meningkatkan Rasa Syukur Atas Nikmat Yang Didapat

Bacaan doa “wabaariklii fiirmaa a’thoiit” pada bacaan qunut memiliki arti “berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.” Kalimat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan senantiasa memberikan berkah kepada hamba-Nya yang selalu bersyukur.

  1. Terhindar Dari Penyakit

Terakhir, dalam doa qunut terdapat kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang dipercaya dapat memberikan perlindungan berupa keselamatan. Yang dimaksud keselamatan disini adalah bisa dalam bentuk kesehatan, dimana setiap hamba Allah yang bertakwa akan dilindungi dari berbagai penyakit.