Breaking News

Bagaimana Cara Anak Memiliki Berat Badan Ideal Selama Tumbuh Kembang?

Bagaimana Cara Anak Memiliki Berat Badan Ideal Selama Tumbuh Kembang?

Anak – anak merupakan usia yang sangat rentan. Pada usianya, diperlukan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhannya untuk tumbuh serta berkembang. Bila pemberian nutrisi anak dikesampingkan maka imbasnya pada masa depan anak. Golongan anak yang tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan baik cenderung memiliki masa depan yang kurang beruntung karena keterbatasan mereka dalam menyerap informasi dan juga mudah terkena penyakit. Sehingga penting untuk selalu memantau tumbuh dan kembang anak melalui konsumsi hariannya.

Usia anak – anak yang krusial dan sangat esensial adalah mulai 1 – 5 tahun. Pada usia ini, anak cenderung mulai mengembangkan pola pikir, daya ingat serta kemampuan mereka. Pada usia ini juga tumbuh dan kembang anak dengan pesat terjadi. Bayangkan saja jika asupan anak selama usia ini minim. Anak akan cenderung memiliki beragam permasalahan tumbuh kembang seperti malnutrisi, tidak bisa menangkap informasi dengan baik, bahkan cenderung terlambat pertumbuhannya.

Nutrisi anak untuk menjalani tumbuh kembangnya didapatkan dari konsumsi makanan harian mereka. Dimana makanan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, mineral, serat, lemak, vitamin hingga air. Beragam kebutuhan nutrisi tersebut didapatkan dari makanan. Namun, karena sudah bisa mengeksplorasi lingkungannya, anak menjadi malas untuk mengonsumsi makanan dan cenderung untuk menghabiskan waktunya dengan bermain.

Bagaimana sih cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang susah makan? Tubuh ideal anak usia 4 tahun sendiri adalah tingginya bisa bertambah 5 cm setiap tahunnya dengan penambahan berat badan 2 kg per tahunnya dari usia 2 tahun hingga 5 tahun. Lingkar kepala anak juga cenderung bertambah beberapa cm dalam satu tahun. Ciri ini akan dimiliki oleh anak yang tidak memiliki masalah dalam mengonsumsi makanan. Sehingga perkembangannya cenderung baik dan juga ideal.

Cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang sulit makan memang cenderung sulit. Namun, jangan sampai orang tuanya berputus anak. Berikut ini merupakan beberapa cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang bisa digunakan untuk anak :

  •         Mengamalkan panduan gizi seimbang anak

Dalam memberikan nutrisi yang seimbang bagi anak, anda bisa menggunakan panduan gizi yang diajarkan kedokteran. Dimana panduan gizi yang disarankan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak yang cukupan takarannya. Bisa juga menambahkan susu dalam menu makanan anak.

  •         Memberikan menu baru dan kreatif

Bila anak malas makan, ada baiknya sebagai orang tua harus kreatif mencari makanan dengan menu yang khas dan baru. Bisa juga menyajikan makanan dengan menawan agar anak tertarik makan. Bila anak bosan konsumsi nasi, anda bisa memberikan menu karbohidrat lainnya seperti mie ataupun pasta.

  •         Memiliki waktu tidur ideal

Berat badan anak ideal bisa didapatkan dengan istirahat yang cukup. Dimana anak butuh waktu tidur 10 – 13 jam per harinya pada usia 4 tahun untuk mengistirahatkan tubuh.