Breaking News

Bagaimana cara mengelas busur

Pengelasan busur adalah keterampilan yang berguna untuk semua penggemar DIY dan mereka yang ingin memulai karir di bidang ini. Mesin las sudah tersedia di sebagian besar toko perangkat keras dan yang Anda butuhkan hanyalah catu daya dan beberapa elektroda.

Sebelum Anda mulai, penting untuk mempertimbangkan semua aspek keselamatan pekerjaan. Pengelasan busur melibatkan panas yang ekstrim, cahaya putih yang sangat terang dan paparan radiasi UV. Sangat penting untuk menjaga semua kulit Anda tertutup dan memberikan perhatian khusus pada mata Anda. Kenakan helm las berkualitas baik dengan tingkat pelindung yang tepat. Anda juga harus memiliki jaket, sarung tangan tebal, celemek, dan sepatu bot bersol karet. Semua item ini dapat dibeli dari sebagian besar toko perangkat keras.

Pertama Anda akan ingin meluangkan waktu mempersiapkan permukaan. Anda dapat menggunakan penggiling sudut untuk jasa las Jogja membersihkan tepi dan menghilangkan karat, las lama, atau kotoran. Menggunakan gerinda sudut juga membantu untuk membuat talang 45 derajat di sepanjang tepi yang Anda rencanakan untuk dilas. Ini akan membantu mencapai lasan yang kuat dan dalam.

Siapkan mesin las busur Anda dan hubungkan ke catu daya Anda. Pastikan penjepit pembumian Anda memiliki koneksi yang baik dengan benda kerja Anda dan singkirkan penghalang apa pun seperti cat. Jepit juga kedua bagian yang ingin Anda las bersama-sama untuk mencegahnya bergerak saat Anda membuat lasan awal.

Dengan semua yang ada di tempatnya, Anda siap untuk mulai mengelas. Pindahkan elektroda Anda ke dekat tempat Anda ingin memulai pengelasan dan tarik topeng las ke wajah Anda. Akan sangat sulit untuk melihat apa pun sampai Anda mulai mengelas. Gores permukaan benda kerja Anda dengan elektroda Anda; ini akan menghasilkan busur yang pada gilirannya melelehkan elektroda Anda menciptakan apa yang dikenal sebagai kolam las. Dengan elektroda Anda dipegang pada 90 derajat perlahan-lahan bergerak di sepanjang tepi talang Anda menjaga sepertiga dari kolam las di depan Anda. Elektroda Anda harus tetap pada jarak konstan di atas benda kerja Anda, ini dikenal sebagai panjang busur. Panjang busur Anda kira-kira harus sama dengan diameter elektroda Anda.

Saat Anda mencapai ujung lasan Anda, lepaskan dudukannya dan matikan catu daya. Setelah dingin, gunakan palu chipping untuk menghilangkan ‘slag’ yang terbentuk di atas manik las Anda.