Breaking News

Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya

 

Apa saja ciri-ciri umum teks eksplanasi – Sebelum membahas ciri-ciri umum teks eksplanasi, tahukah kamu kapan harus menggunakan teks eksplanasi?

Seperti yang kita ketahui bersama, teks eksplanasi memiliki fungsi khusus untuk menyampaikan peristiwa. Peristiwa yang diinformasikan oleh teks eksplanasi bervariasi.

Hal ini dapat terkait dengan fenomena sosial, alam, budaya dan lainnya. Karena pada dasarnya, teks adalah alat yang berperan sebagai sesuatu untuk berkomunikasi dan berkomunikasi.

Perbedaan dari bahasa lisan sederhana karena teks dikemas dalam bentuk tulisan dan terdiri dari paragraf yang sesuai dengan tujuan teks atau tema teks.

 

 

Dengan demikian, menyentuh pada tujuan teks eksplanasi yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi, yang biasanya menjawab pertanyaan tentang “mengapa” dan “bagaimana”.

 

 

Dengan penjelasan sederhana ini, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi sebelum menjawab “Apa ciri-ciri umum teks eksplanasi”?

 

 

Definisi Teks Deskripsi

Secara umum teks eksplanasi diartikan sebagai teks yang berfungsi menjelaskan “mengapa” dan “bagaimana” proses terjadinya peristiwa yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, alam, budaya, dan sosial.

Selain itu, telah dikatakan pula bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena. jadi tidak biasa

Jika Anda melihat lebih dalam ke dalam teks eksplanasi, Anda akan melihat bahwa teks tersebut menggunakan kausalitas dalam deskripsinya. Misalnya, saat menjelaskan sebab dan akibat letusan gunung berapi dan pencemaran udara,

Atau ketika menjelaskan sebab dan akibat kecelakaan, atau mengapa orang tersebut terlihat pucat, atau mengapa orang tersebut memiliki nilai yang buruk, dll., dapat dijelaskan dalam teks eksplanasi.

Dengan menggunakan jenis teks explanatory text ini akan memudahkan setiap orang untuk memahami suatu peristiwa. Karena penyajian teks eksplanasi bersifat sistematis, logis dan terstruktur.

Apa ciri-ciri umum teks deskriptif?

Dengan keseluruhan penjelasan di atas, mudah bagi kita semua untuk mengidentifikasi atau memahami ciri-ciri umum teks eksplanasi.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan atau ingin membandingkan dengan ciri umum teks eksplanasi yang Anda dan penulis pikirkan, penulis akan memberikan ciri umum teks eksplanasi di bawah ini:

  1. Bersifat informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai apa yang sedang dibahas.
  2. Informasi yang terkandung bersifat faktual.
  3. Hal yang dimaksud adalah fenomena ilmiah atau berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
  4. Gunakan penanda urutan.
  5. Fokus pada umum (generic), bukan aktor manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, curah hujan, dll.

Jadi, apa ciri-ciri umum teks eksplanasi? Berikut 5 cirinya. Semoga informasi ini menjawab semua ketidaktahuan tentang teks eksplanasi. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi kawan

Sumber : rivierapublishing.id