Breaking News

Bahaya Asam Lambung yang Patut Diwaspadai

Meskipun tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang patut diwaspadai. Karena bahaya asam lambung naik dapat menyebabkan komplikasi berbagai jenis penyakit berbahaya. Ketahui lebih dini tentang apa saja bahayanya.

Bahaya Asam Lambung

Jika sudah merasakan gejala atau tanda-tanda asam lambung naik, maka sebaiknya segera diatasi. Karena jika tidak maka dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. Anda bisa mencoba mengkonsumsi produk dari Nutriflakes sebagai salah satu solusinya.

  1. Esofagitis

Salah satu komplikasi penyakit yang diakibatkan oleh asam lambung naik adalah esoagitis. Komplikasi ini menimbulkan peradangan yang melukai saluran kerongkongan. Beberapa gejala dari penyakit ini seperti suara serak, sakit tenggorokan, hingga sakit perut sampai ke dada.

Kerongkongan pada penderita esofagiti akan menjadi lebih kaku dan sempit. Alhasil mereka akan kesulitan untuk menelan makanan, minuman, dan bahkan mengalami sesak nafas. Jika berlangsung berkepanjangan, maka dapat menyebabkan dehidrasi dan malutrisi.

  1. Kanker Esofagus

Asam lambung naik dapat mengakibatkan resiko tinggi yakni terkena kanker esofagus. Gejala dari penyakit ini ditandai dengan kesulitan untuk menelan, nyeri dada, berat badan turun tanpa ada sebab jelas, batuk, hingga gangguan pencernaan yang parah.

Pada stadium awal, gejala penyakit ini memang tidak kentara dan baru terasa saat sudah stadium lanjut. Sehingga cukup berbahaya karena penderita tidak menyadari telah mengidap penyakit kanker esofagus ini.

  1. Infeksi Paru-paru

Bahaya lainnya yang tidak boleh disepelekan dari penyakit asam lambung naik adalah infeksi paru-paru pneumonia aspirasi. Saat asam lambung naik ke tenggorokan dan mulut, biasanya penderita akan mengalami gangguan pernapasan.

Gejala yang bisa muncul seperti batuk, demam, sesak napas, nyeri dada, kelelahan, hingga kulit pucat. Penyakit infeksi paru-paru ini harus segera ditangani karena jika tidak bisa berakibat fatal dan bahkan sampai merenggut nyawa.

Mengingat bahaya asam lambung yang cukup fatal jika tidak segera ditangani, maka sebaiknya ketika gejala asam mulai naik ke kerongkongan, lakukan penanganan sesegera mungkin. Konsumsi obat-obatan kimia maupun herbal dan jika tidak membaik segera hubungi dokter.