Breaking News

Berbagai manfaat buah semangka untuk kesehatan

Semangka Merah Non Biji A pcs

Adakah yang tidak pernah makan buah semangka disini? Hampir bisa dipastikan jika seluruh masyarakat di tanah air tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Bahkan, buah yang memiliki kandungan air hingga 92 % ini kerap dijadikan sebagai makanan pencuci mulut dibanyak perhelatan resmi, misalnya resepsi pernikahan maupun jamuan lainnya. 

Semangka juga dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa manis dan handal dalam membuat tubuh menjadi segar. Karena alasan itulah, buah semangka banyak dicari oleh para pecintanya ketika musim kemarau tiba. Selain dapat segera meredakan hawa panas yang dirasakan tubuh, buah semangka juga bisa seketika mengatasi haus. 

Namun, manfaat buah ini tidak hanya itu saja. Semangka yang mengandung nutrisi seperti antioksidan, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, likopen, dan asam amino yang berlimpah ini memiliki khasiat yang lebih banyak untuk kesehatan. Apalagi rendahnya kandungan sodium dan tanpa lemak membuat buah ini sering dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Tentunya sangat disayangkan kan jika kamu melewatkan beragam manfaat yang diberikan buah semangka bagi kesehatan. Lantas, manfaat buah semangka untuk kesehatan itu apa saja? Yuk cari tahu, dengan menyimak ulasan dibawah ini : 

  • Mengatasi Asma 

Asma merupakan salah satu penyakit sistem pernapasan yang akan membuat penderitanya merasa kesulitan bernapas. Seseorang yang menderita penyakit asma biasanya memiliki kandungan Vitamin C yang rendah. Rendahnya kadar Vitamin C itulah yang sering menjadi penyebab asma sering kambuh. Penderita asma bisa memperkecil potensi penyakitnya kambuh dengan mengonsumsi buah semangka. Sebab buah semangka mengandung Vitamin C. 

  • Menjamin Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam buah semangka tentunya bisa menjamin tubuh untuk terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Buah ini mampu mencukupi 20 hingga 30 persen kebutuhan cairan tubuh berkat kandungan airnya yang mencapai 92 %. Manfaat ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh para pelaku diet agar terhindar dari dehidrasi. 

  • Meredakan Nyeri Otot

Perlu diketahui bahwa beberapa atlet olahraga ternyata memiliki kebiasaan minum jus semangka sehari sebelum melakukan latihan intens. Tujuannya adalah agar tubuhnya lebih kebal dari nyeri otot dan menjaga ritme detak jantung. Selain itu, semangka juga mengandung arginine dan asam amino sitrulin yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memberikan energi lebih banyak ketika sedang olahraga. 

  • Handal Dalam Membuat Kulit Dan Rambut Tetap Sehat

Tubuh setiap harinya membutuhkan cairan yang cukup banyak. Sebab, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, mengonsumsi semangka yang mengandung air sangat tinggi penting dilakukan selain banyak minum air. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga bisa membantu kulit menjadi lebih lembap dan kesehatan rambut tetap terjaga. 

  • Melindungi Mata Dari Peradangan

Kandungan likopen dalam buah semangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga mata dari masalah peradangan dan kerusakan oksidatif. Mengonsumsi semangka juga bisa mencegah proses degeneratif makul yang berhubungan erat dengan faktor usia berkat adanya senyawa anti peradangan dan antioksidan. Sehingga potensi terjadinya penyakit mata pada lansia bisa ditekan dengan buah semangka ini. 

Untuk mendapatkan buah semangka yang segar, besar, dan manis rasanya, pastikan kamu membelinya di pedagang yang terpercaya. Seperti di TaniHub, ini sebuah aplikasi belanja online yang menawarkan kemudahan mencari sayuran, buah – buahan, unggas, telur, dan kebutuhan dapur lain secara mudah.