Breaking News

Berikut Keuntungan Karyawan Selain Dari Gaji

Jika Anda punya rencana untuk pindah pekerjaan dengan pertimbangan ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, ada baiknya Anda perlu berpikir lebih cermat. Bagi Anda juga yang ingin melepaskan status sebagai karyawan yang menerima gaji rutin tiap bulan juga perlu menimbang nimbang hal-hal penting. Jangan jadikan alasan gaji kurang hanya untuk berpindah pekerjaan. Setidaknya, Anda harus menimbang nimbang sejumlah keuntungan lain ketika memiliki status sebagai karyawan. Pun demikian jika Anda masih berstatus fresh graduate dalam memilih pekerjaan yang ingin dilakoni. Setidaknya ada sejumlah keuntungan selain gaji yang harusnya jadi pertimbangan dalam memilih atau memutuskan untuk berpindah tempat kerja.

Sebagian rekan Anda yang memilih menjadi wirausaha mungkin menganggap sebelah mata posisi Anda sebagai karyawan. Padahal tanpa karyawan yang baik, seorang wirausaha mungkin sulit untuk bisa menjalankan usahanya. Inilah alasan banyak perusahaan memberikan keuntungan selain gaji bagi para karyawannnya. Tentunya hal ini tidak akan didapat mereka yang memilih sebagai wirausaha. Simak keuntungan yang bisa didapat dan harus dipertimbangkan ketika menjadi seorang karyawan selain gaji yang diterima.

Berikut fasilitas serta keuntungan sebagai karyawan

Fasilitas dan Asuransi Kesehatan

Inilah fasilitas paling dasar yang dimiliki oleh mereka yang berstatus sebagai karyawan. Kerap kali dianggap remeh oleh karyawan tetapi sebenarnya memiliki andil yang besar saat dibutuhkan. Risiko sakit dan kecelakaan menjadi misteri yang tidak dapat ditebak kapan akan mengahampiri kita. Karena itulah fasilitas berupa asuransi kesehatan menjadi penting bagi perusahaan agar karyawannya bisa bekerja dengan tenang.

Pentingnya asuransi kesehatan inilah yang akhirnya menjadi perhatian pemerintah dengan mewajibkan perusahaan untuk mengikutkan karyawannya dalam BPJS Kesehatan. Keuntungan lain, setelah ikut BPJS Kesehatan sejumlah Perusahaan juga memberikan tambahan asuransi kesehatan lain. Asuransi kesehatan bagi karyawan biasanya juga bisa mengcover anggota keluarga lain misal istri dan anak.

Metode yang ditawarkan pun beragam dari cash plan hingga cash reimbursement. Tak ada salahnya menjadikan ini sebagai salah satu pertibangan dalam memilih pekerjaan. Jika perusahaan tempat Anda sekarang bekerja sudah memberikan fasilitas kesehatan, maka jangan hanya tergiur gaji lebih besar namun perusahaan tidak memberikan fasilitas ini. Gaji lebih besar Anda bisa dengan mudah hangus jika Anda atau anggota keluarga inti tiba tiba harus opname di rumah sakit.

Fasilitas Dana Pensiun

Jadi karyawan swasta seringkali dianggap sebelah mata dibanding Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak lain karena PNS masih memiliki pensiun setelah tak lagi bekerja. Itu anggapan yang kini bisa dipatahkan dengan lahirnya BPJS Ketenagakerjan dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Sejumlah perusahaan memberikan jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan yang dulu dikenal dengan nama Jamsostek. Ada juga perusahaan yang mengikutkan karyawannnya di DPLK sebagai tambahan selain di BPJS Ketenagakerjaan. Seperti diketahui, iuran untuk BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK ditanggung oleh dua pihak. Yakni perusahaan dan karyawan itu sendiri dengan memberlakukan potongan rutin setiap bulan dari gaji bulanan.

Jangan menggerutu karena gaji dipotong, lihatlah keuntungan kalau sebenarnya ada investasi gratis bagi Anda dari perusahaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK. Kabar baiknya, untuk DPLK bisa diikuti secara mandiri oleh karyawan. Jadi jika merasa ingin punya pensiun lebih besar tak ada salahnya ikut DPLK sendiri selain BPJS Ketenagakerjaan yang sudah didapat dari kantor.

Fasilitas Pinjaman Lunak Bersubsidi

Butuh dana untuk renovasi rumah?. Berencana untuk pinjam ke Bank tetapi bunga yang ditawarkan membuat Anda ragu-ragu. Inilah salah satu keuntungan sebagai karyawan. Sejumlah perusahaan memberikan fasilitas pinjaman lunak bersubsidi kepada karyawannya. Tentunya fasilitas pinjaman ini diberikan secara khusus kepada karyawan. Ada sejumlah syarat khusus seperti masa kerja, gaji yang diterima, serta rasio cicilan setiap bulan.

Keuntungan fasilitas pinjaman lunak bersubsidi ini jelas, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga dibawah pasaran. Bahkan beberapa perusahaan migas memberikan fasilitas pinjaman dengan bunga hingga 0 persen. Siapa yang tak mau mendapatkan pinjaman tanpa bunga disaat kondisi membutuhkan. Fasilitas ini didapatkan oleh mereka yang jadi karyawan. Jika perusahaan Anda memberikan fasilitas ini, pertimbangkan lagi jika ingin resign dengan hanya alasan ingin mendapatkan gaji lebih besar.

Fasilitas Kendaraan

Sejumlah perusahaan ingin karyawannya memiliki representatif yang baik dimata klien. Untuk itu, sejumlah perusahaan tak segan memberikan fasilitas kendaraan untuk karyawannya. Fasilitas yang ditawarkan memiliki beberapa skema. Salah satunya adalah meminjamkan kendaraan perusahaan untuk digunakan sehari-hari.

Ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas bebas uang muka atau tambahan cicilan kendaraan bagi karyawannya. Jika mendapatkan fasilitas ini, pertimbangkan untuk pindah kerja. Sebaliknya lebih tingkatkan performa karena fasilitas yang diberikan.

Fasilitas Mess dan Makan Siang

Jika Anda bekerja tidak dikota kelahiran Anda atau belum memiliki tempat tinggal, mess yang disediakan perusahaan tentu menjadi keuntungan. Hitunglah berapa rupiah yang bisa dihemat dari membayar uang kost atau kontrakan.

Pun demikian dengan keuntungan diluar gaji yang berupa makan siang. Kini perusahaan manufaktur, konsumer, bahkan oli memberikan fasilitas makan siang gratis bagi karyawannya. Entah berupa makan siang langsung di kantin perusahaan, dengan sistem kupon atau kartu, atau subsidi makan siang yang dilihat dari jumlah kehadiran karyawan.

Program mess dan makan siang gratis tentunya akan memberikan kemudahan dan penghematan bagi gaji Anda. Tak perlu repot juga membuang waktu hanya untuk keluar makan siang. Ini bearti Anda mendapatkan keuntungan dan kemudahan untuk menghemat gaji Anda.

Bayangkan jika mendapatkan gaji lebih besar namun untuk makan siang dilingkungan kerja Anda harganya cukup mahal. Pilihannya Anda harus keluar kantor dan bermacet macet ria dijalan dan tentunya ada biaya parkir dan BBM yang harus dikeluarkan. Jadi pertimbangkan fasilitas yang kerap dianggap sepele ini juga dalam mengatur gaji Anda tiap bulan.

Baca Juga : Gaji Karyawan