Breaking News

Berkunjung Ke Desa Wisata Tepus, Wisata Jogja Kombinasi Pesona Pegunungan

Wisata Jogja merupakan salah satu tujuan wisata terpilih dan favorit di Pulau Jawa, Indonesia. Bukan saja wisatawan asal lokal yang meramaikan tempat-tempat wisata di provinsi yang masih kental dengan adat istiadatnya, bahkan wisatawan asal luar Jogja, seperti dari Jakarta, warga Bandung, warga Semarang dan sekitarnya juga tampak lalu lalang di tempat-tempat wisata Jogjakarta yang makin menjamur di daerah tersebut. Sekaligus wisatawan asal luar negeri yang suka dengan keramahan orang Jogja sekaligus lingkungannya juga banyak ditemui di sana.

 

Salah satu destinasi wisata Jogja terbaru yang sepertinya wajib kita kunjungi adalah Desa Wisata Tepus. Apalagi buat wisatawan yang sangat menyukai wisata menikmati keindahan alam pegunungan, pedesaan dan pantai, serta aneka pepohonan yang tumbuh subur di sekitarnya sangat menarik hati. Dengan keunikan alam yang ada membuat Desa Wisata Tepus yang berada di daerah Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta, itu masuk dalam daftar 50 Besar Desa Wisata Terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) untuk tahun 2022 ini.

 

Baca juga : 

TIKET GOA PINDUL

Rafting Goa Pindul

 

 

Menyusuri Desa Wisata Tepus

Desa Wisata Tepus terletak sekitar 70 km di bagian selatan dari Kota Jogjakarta, atau tepatnya masih berada di daerah Pegunungan Gunung Kidul yang sudah terkenal keindahan alamnya sejak lama. Uniknya, di desa ini ada sebanyak 12 pantai yang letaknya saling berdekatan dan letaknya tak jauh dari pegunungan.  Sebagian pantai yang ada di desa ini bahkan masih belum banyak dijamah orang dan masih sangat natural, hingga dikenal sebagai pantai-pantai yang perawan. Adapun nama-nama pantai perawan itu dikenal dengan nama Pantai Tebing Cluak’an, Pantai Seruni, Pantai Watunene, Pantai Mbeling, dan sebagainya. Jika mau berfoto cantik dan menikmati keindahan alam pantai dengan tebing-tebing karang dengan hamparan rumput dan pepohonan pandan laut, maka Pantai Mbeling memiliki pesona alam tersebut.

 

Pemerintah daerah yang bertugas mengelola desa-desa wisata di Pegunungan Kidul sangat serius mengelola Desa Wisata Tepus untuk terus hidup dan dilirik oleh banyak wisatawan dari lokal maupun asing. Dengan begitu otomatis kehidupan masyarakat pedesaan di sana juga bisa hidup dan berpendapatan dari maraknya daerah mereka sebagai desa wisata. Hingga bukan saja keindahan alam yang ditawarkan, Anda bisa datang ke tempat-tempat Usaha Masyarakat Kecil Menengah yang ada di daerah sini, seperti kerajinan perak, batu tulis, aneka kuliner khas masyarakat Gunung Kidul seperti Pathilo sebagai makanan unik berbahan dasar singkong, serta kerajinan batik khas Jogja, juga aneka kuliner otentik asal Tepus lainnya.

 

Buat Kamu yang ingin menjelajahi Desa Wisata Tepus dari gunung, semi hutan hingga ke pantai-pantainya, maka pengelola wisata Gunung Kidul sudah menyiapkan paket wisata menarik untuk mereka yang berkunjung ke Desa Wisata Tepus. Di sini kita bisa menyewa mobil Jeep terbuka beserta sopirnya yang akan membawa kita keliling desa dan melihat tempat-tempat perindustrian UMKM yang pastinya sangat menarik.

Demikian ulasan Desa Wisata Tepus sebagai salah dari tempat Wisata Jogja yang saying untuk dilewatkan. Semoga Bermanfaat.