Breaking News

Cara memblokir iklan di smartphone android

Menyingkirkan iklan yang tidak diinginkan dan mengganggu adalah salah satu alasan utama saya mulai me-rooting ponsel Android saya bertahun-tahun yang lalu. Namun, hari ini proses pemblokiran iklan telah disederhanakan, memungkinkan Anda untuk menggunakan browser pihak ketiga, misalnya, untuk memastikan Anda tidak melihat iklan selama sesi penjelajahan Anda.

Baca Juga : Cara Blokir Iklan di android

Namun, ini tetap berarti Anda akan melihat iklan di ponsel saat menggunakan browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Kabar baiknya adalah Anda dapat memblokir semua trik browser dan bahkan iklan yang datang dengan aplikasi dengan fitur sederhana yang disebut personal DNS.

Opsi pengaturan DNS pribadi dapat ditemukan di sebagian besar ponsel Android contemporary, dan Anda dapat menggunakannya untuk memblokir iklan. Berikut cara melakukannya.

Cara memblokir iklan di ponsel Android Anda

Langkah 1: Temukan pengaturan DNS Pribadi

Temukan opsi non-public DNS di ponsel Anda. Opsi ini biasanya akan terselip di bawah spanduk Jaringan dan Konektivitas atau yang serupa. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya secara guide, cukup buka bilah pencarian Pengaturan dan ketik “DNS pribadi” dan opsi akan muncul tepat.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan opsi DNS Pribadi di ponsel Anda, perangkat Anda tidak mendukung fitur tersebut dan trik ini tidak akan berfungsi untuk Anda. DNS Pribadi biasanya dapat dikonfigurasi pada Android nine.0 Pie dan lebih tinggi.

Langkah 2: Pilih ‘Nama host penyedia DNS pribadi’

Fitur DNS Pribadi, ketika diketuk, akan menampilkan tiga opsi – Mati, Otomatis, dan nama host penyedia DNS Pribadi. Pilih yang terakhir dan Anda akan melihat kolom untuk memasukkan penyedia nama host DNS Anda sendiri.

Langkah 3: Ketik ‘dns.Adguard.Com’ (tanpa tanda kutip)

Di kolom, cukup ketik ‘dns.Adguard.Com’ tanpa tanda kutip dan tekan simpan. Itu dia. Ponsel Anda sekarang akan menggunakan server DNS AdGuard dan memblokir serta iklan agar tidak menjangkau perangkat Anda.

Anda sekarang harus benar-benar bebas iklan di browser serta beberapa aplikasi. Namun, Anda mungkin masih melihat beberapa ruang kosong/kotak berwarna abu-abu sebagai pengganti iklan yang telah diblokir.

Untuk menonaktifkannya, cukup kembali ke opsi DNS Pribadi di Pengaturan dan pilih opsi pertama, bernama ‘Mati’ untuk tidak menggunakan DNS pribadi. Ini akan memperbaiki masalah konektivitas apa pun yang mungkin Anda miliki karena fitur tersebut, tetapi Anda juga tidak dapat lagi memblokir iklan dengan mudah. 

Demikianlah cara memblokir iklan di android dengan menggunakan beberapa opsi yang ada di android anda.