Breaking News

Cara Membuat Teh Susu Telur Khas Medan Yang Anti Bau Amis

Resep Teh Telur Klasik Sederhana Enak | Chef linda guci
source gambar : yummy.co.id

Minuman hangat tradisional di Indonesia memang banyak sekali jenisnya, bahkan di tiap daerah memiliki minuman hangatnya tersendiri. Salah satu contoh minuman hangat dari daerah Medan adalah teh susu telur yang merupakan minuman yang dibuat dari ketiga jenis bahan tersebut.

Bagi orang – orang di Medan minuman ini bukanlah minuman asing karena disana orang – orangnya memang sudah terbiasa meminum minuman ini. Minuman teh susu telur ini dipercaya selain dapat mengahangatkan tubuh tetapi juga dapat menjaga stamina terutama menghadapi angin malam.

Biasanya orang – orang dewasa di kota Medan yang masih sering berkegiatan sampai malam hari akan meminum teh susu telur ini sebagai penghangat tubuh ataupun sekedar minuman yang dibeli saat nongkrong di malam hari. Saking populernya minuman teh susu telur ini, anda bisa dengan mudah menemukannya di pedagang – pedagang kaki lima di kota Medan pada malam hari.

Nah, untuk anda yang berada jauh dari kota Medan tetapi ingin bisa mencicipi nikmatnya rasa teh susu telur ini, tidak perlu khawatir karena berikut ini kita akan membahas resep dan cara membuat teh susu telur khas Medan.

Pertama – tama anda harus menyiapkan bahan – bahan berikut ini :

  • 1 butir telur ayam kampung / telur bebek
  • 1 teh celup / teh serbuk
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Setelah mempersiapkan semua bahan diatas maka kita bisa langsung mulai ke proses pembuatan berikut ini.

  1. Seduh teh celup ataupun teh serbuk dengan menggunakan air panas (jika menggunakan teh serbuk sebaiknya disaring dahulu)
  2. Pecahkan telur lalu pisahkan antara bagian kuning dan juga putihnya lalu masukan bagian kuningnya saja kedalam gelas berisi teh panas
  3. Selanjutnya tambahkan susu kental manis dan juga gula pasir kedalam larutan teh
  4. Lalu aduk -aduk semua bahan tadi sampai merata dan tekstur dari tehnya sedikit berbusa.
  5. Setelah itu tuangkan teh kedalam gelas saji
  6. Teh susu telur khas Medan pun siap dinikmati.

Mudah bukan cara membuat teh susu telur khas Medan ini. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba nikmat dan legitnya rasa dari teh susu telur ini, maka anda bisa mencoba membuat resep ini dirumah. Ide minuman ini bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan minuman di musim hujan seperti ini.

Selain karena minuman teh susu telur ini rasanya enak, tentu soal manfaat yang didapatkan pun juga cukup banyak. Untuk anda juga yang masih ragu untuk mencoba teh susu telur ini karena takut rasanya amis, tidak perlu khawatir karena rasa dari teh susu telur ini dijamin tidak akan amis. Itu karena teh yang digunakan dalam keadaan sangat panas sehingga telur yang dicampurkan pun menjadi tercampur rata.

Minuman teh susu telur ini juga cocok dijadikan sebagai minuman untuk menjaga Kesehatan dan stamina tubuh. Karena baik susu dan juga telur sama – sama memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh kita. Selagi di konsumsi dengan benar dan tidak berlebihan maka akan baik – baik saja.

Meskipun minuman ini memiliki khasiat yang cukup baik tetapi sebaiknya minuman ini tidak disarankan diminum oleh anak balita karena ditakutkan bahan telur mentah yang digunakan masih terlalu berbahaya untuk di konsumsi oleh anak – anak.