Breaking News

Cara Mengatasi Touchscreen Android

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error

Pada awal tahun 2000-an dan seterusnya, ponsel yang digunakan pengguna masih bersistem operasi Java (misalnya: Nokia), dan layar ponsel masih sangat kecil. Contohnya termasuk dimensi (176 x 220), (240 x 320), (320×240), dan ukuran layar lainnya. Dimana untuk mengeksekusi perintah masih menggunakan tombol telepon di bagian bawah layar.

Namun, dengan diluncurkannya perangkat Android oleh Google pada tahun 2008, ukuran layar ponsel telah mengalami perubahan drastis untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, mengikuti langkah revolusioner iPhone 2007, smartphone Android juga dilengkapi dengan fungsi layar sentuh.

Saat pertama kali kita membeli smartphone baru di toko handphone. Kondisi smartphone yang baru saja kita beli tentunya masih bagus dan berfungsi dengan baik, karena semua komponen yang disematkan pada ponsel baru tersebut dikeluarkan oleh pabrikan.

Namun seiring berjalannya waktu, ponsel kita mulai mengalami beberapa masalah, masalah tersebut ditandai dengan tidak berfungsinya komponen ponsel tertentu, seperti baterai ponsel cepat habis, sistem sering lag, atau mungkin ada kesalahan pada sistem. layar ponsel.

Tentunya dalam hal ini kita akan merasa tidak nyaman saat menggunakan smartphone, karena smartphone merupakan kebutuhan utama (utama) saat ini.

Ada banyak penyebab kerusakan pada layar sentuh, yang mungkin karena penggunaan jangka panjang, atau mungkin disebabkan oleh pengaruh eksternal seperti hujan, benturan, dan jatuh. Sebelum kami menjelaskan cara mengatasinya, kami akan menjelaskan apa itu layar sentuh.

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error dan Tidak BerfungsiRestart Smartphone

Kami akan menjelaskan bahwa cara pertama untuk memperbaiki layar sentuh ponsel Android yang rusak dan tidak berfungsi adalah dengan me-restart ponsel yang kita miliki. Jika penyebab error layar sentuh kita adalah smartphone yang lag (hang) karena banyak aplikasi yang berjalan dan masih ada beberapa aplikasi yang crash, hal ini diperlukan.

Dengan cara ini, setelah ponsel pintar kita restart, semua aplikasi dan pengaturan yang berjalan akan disegarkan kembali ke keadaan awal, dan layar sentuh ponsel pintar akan berfungsi normal kembali. Cara me-restart sendiri sangat sederhana, cukup tekan tombol power dan pilih opsi restart. Setelah ponsel di-restart, layar sentuh dapat berfungsi kembali.

Periksa Kapasitas RAM

Kami akan menjelaskan bahwa cara kedua untuk mengatasi layar sentuh smartphone yang error dan tidak berfungsi dengan baik adalah dengan mengecek kapasitas RAM. Hal ini dikarenakan jika ruang penyimpanan RAM kita penuh maka smartphone akan mengalami delay (hang).

Saat hang, layar smartphone tidak merespon saat kita menyentuhnya, dan layar sentuhnya salah.

Masuk ke Safe Mode

Cara ketiga yang akan kami jelaskan bahwa layar sentuh tidak dapat disentuh dan kesalahan adalah dengan masuk ke mode aman di ponsel kami. Safe mode sendiri merupakan salah satu mode yang disediakan oleh sistem operasi (Windows & Android), yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sistem yang tidak dapat diselesaikan dengan pembukaan normal.

Karena dalam safe mode, hanya aplikasi bawaan yang bisa berjalan di smartphone.

Force GPU 2D Rendering

Cara keempat yang akan kami jelaskan untuk mengatasi layar sentuh yang error dan tidak bisa disentuh adalah dengan memaksa GPU Rendering. Force GPU Rendering sendiri merupakan unit pengolah grafis, yang dapat diprogram untuk menangani informasi grafis di layar smartphone kita.

Dengan cara ini sistem akan menampilkan animasi UI yang lebih baik karena sistem akan memaksa aplikasi untuk menghadirkan perangkat keras 2D. Dengan cara ini smartphone tidak akan hang dan layar sentuh akan berfungsi kembali.

Namun kekurangan dari cara ini adalah baterai handphone kita akan cepat habis, dan ketika kita memainkan game grafis 3D, tampilan gambar akan menjadi lebih buruk.

Kalibrasi Layar Smartphone

Kami akan menjelaskan bahwa cara kelima untuk mengatasi gerakan sendiri dan kesalahan layar sentuh smartphone adalah dengan mengkalibrasi layar smartphone. Kalibrasi layar sentuh adalah proses itu sendiri, dan upaya dilakukan untuk mengembalikan fungsionalitas ponsel cerdas ke kondisi saat pertama kali dibeli. Jadikan layar ponsel pintar kami sensitif dan berfungsi dengan baik.

Untuk melakukan proses kalibrasi layar smartphone, kita harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan agar proses kalibrasi dapat berjalan dengan benar dan sederhana. Salah satu aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan pengguna secara gratis di Playstore adalah aplikasi bernama Touchscreen Calibration.

Gunakan Charger Hp yang Asli

Cara keenam yang akan kami jelaskan error dan layar sentuh hp android tidak sensitif adalah dengan menggunakan charger hp asli (casan). Hal ini dikarenakan banyak pengguna yang menggunakan charger handphone palsu saat charger aslinya rusak.

Padahal, jika kita menggunakan charger handphone dengan tempat asalnya, dapat merusak baterai handphone karena tegangan yang dihasilkan tidak sesuai. Jika hal ini terjadi, ponsel akan cepat panas sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian tertentu pada ponsel, termasuk panel sensor layar, dan menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi.

Untuk itu, jika charger bawaan handphone rusak, lebih baik kita membeli charger original di toko resmi handphone. Walaupun charger handphone original lebih mahal, dayanya dibagi sesuai takaran, dan hp android kita jadi lebih awet.

Gunakan Aplikasi MultiTouch Tester

Cara ketujuh untuk mengatasi ketidakpekaan dan kesalahan ponsel layar sentuh adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Multitouch Tester. Tindakan ini akan dilakukan jika penyebab layar error dan delay (hang) smartphone kita karena masalah multi-touch pada layar sentuh.

Menurut sumber dari situs lenovoku.com, Dengan menggunakan aplikasi ini nanti, kita bisa menguji jumlah sentuhan maksimal saat menyentuh layar ponsel secara bersamaan (multi-touch). Untuk menggunakan aplikasi ini, kita bisa mendownloadnya terlebih dahulu secara gratis di Google Playstore.

Diagnosa Display Smartphone

Kami akan menjelaskan bahwa cara yang kedelapan untuk mengatasi layar smartphone error dan tidak bisa disentuh adalah dengan mendiagnosa tampilan smartphone. Untuk menggunakan cara ini, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Display Tester. Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang Android bernama Braintrapp.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menguji fungsionalitas layar dan mengetahui apakah layar smartphone kita terganggu. Fungsi dari aplikasi ini antara lain uji piksel mati, uji warna, uji kalibrasi gamma, uji multi-sentuh, uji kinerja tampilan, dll. Sehingga kita bisa mengetahui masalah di layar smartphone nantinya.