Breaking News

Cara mengatur keuangan agar tidak stres

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Stres – Tidak hanya stres, kecemasan akibat masalah keuangan juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan atau makan berlebihan, insomnia, hingga risiko gangguan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Ibarat efek domino, gangguan kesehatan ini nantinya bisa berdampak pada produktivitas kerja dan lama kelamaan bisa mempengaruhi pendapatan Anda. Salah satu solusinya adalah Anda harus bisa mengelola Keuangan dengan baik. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam upaya mengelola keuangan agar tidak stres:

1. Buat daftar pengeluaran

Catat setiap pengeluaran selama satu bulan. Catat berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk sembako dan kebutuhan rumah tangga, transportasi, hingga tagihan bulanan seperti listrik, internet, telepon, sekolah anak, pembayaran rumah, pembayaran kendaraan, atau kartu kredit jika ada.

2. Alokasikan gaji dengan tepat

Saat menerima gaji, segera alokasikan gaji sesuai kebutuhan dan tagihan selama sebulan. Setelah membayar semua tagihan, sisihkan 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Sisihkan juga 3-6 kali jumlah pengeluaran bulanan untuk dana darurat. Selebihnya, Anda hanya gunakan untuk dana rekreasi, seperti jalan-jalan atau sekedar nonton di bioskop.

3. Ubah sistem setoran uang di bank

Untuk mencegahnya mempermudah Anda dalam menarik uang dari rekening tabungan Anda, gunakan deposito berjangka atau metode penyimpanan uang lainnya yang mengharuskan Anda untuk menunggu dalam jangka waktu tertentu atau mencapai jumlah tertentu di tabungan Anda sebelum dana tersebut dapat dicairkan. ditarik.

4. Batasi pengeluaran untuk pengeluaran di luar anggaran

Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan atau di luar budget. Ini dapat dilakukan dengan meninggalkan kartu debit dan kredit Anda di rumah. Usahakan hanya membawa uang tunai sesuai budget yang dibutuhkan untuk menghindari berbelanja secara impulsif. Demikianlah informasi tentang Cara mengatur keuangan agar tidak stress semoga bermanfaat.

Sumber: Litetekno

Baca juga : Cara invite teman di COC