Breaking News

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Menggunakan Kartu Kredit

Mengetahui cara menghemat uang belanja bulanan itu sangat penting, apalagi bagi seseorang yang telah memiliki tanggungan. Tak hanya itu, cara tersebut juga perlu diketahui bagi mereka yang menggunakan kartu kredit agar tidak kalap berbelanja.

Faktanya, mengatur uang itu susah-susah gampang. Jangan sampai uang gaji hanya bertahan selama beberapa hari setelah diterima. Oleh karena itu, Anda harus pintar mengelola keuangan agar bisa menghemat, memiliki tabungan, dan tidak hidup konsumtif. Bagi Anda yang ingin membandingkan dan mengajukan kartu kredit secara gratis dari berbagai bank, silahkan kunjungi Financer.com.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan

Secara khusus kami akan membahas cara menghemat uang bagi mereka yang menggunakan kartu kredit. Ada apa sih dengan kartu kredit? Tentunya karena kartu tersebut bisa membuat seseorang terlilit hutang besar jika tidak dalam pengawasan.

1. Buatlah Daftar Belanja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membiasakan buat daftar belanja selama beberapa waktu, misalnya setiap 2 minggu atau 1 bulan. Jadi, sebelum pergi ke pasar atau belanja lewat aplikasi. Anda sudah memiliki catatan apa saja yang akan dibeli.

Memiliki daftar belanja membantu Anda agar bisa membedakan mana kebutuhan atau keinginan. Dari sanalah Anda bisa mengurangi hidup konsumtif. Selain itu, tak ada salahnya jika Anda cek berbagai promo sebelum pergi belanja kebutuhan. Nah, untuk info promo terlengkap bisa Anda akses di website Kuponq.com.

2. Alokasikan Uang Belanja

Bukan hanya membuat daftar belanja, Anda juga harus menetapkan besaran uang yang akan dibelanjakan selama 1 bulan. Sisanya, bisa Anda anggarkan untuk tabungan, sedekah, hingga self reward.

Tujuan menentukan anggaran uang belanja ini agar Anda fokus, tidak tergoda untuk membeli barang yang lain, dan menjadi lebih hemat. Banyak orang hampir menggunakan 90% pendapatannya hanya untuk berbelanja yang bahkan tidak terlalu mereka butuhkan. Karenanya, untuk memiliki keuangan yang sehat, Anda tidak bisa lepas dari cara ini.

3. Utamakan Kebutuhan Dibandingkan Keinginan

Saat Anda sudah bisa mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan, dijamin Anda akan lebih hemat. Bijak dalam menentukan mana saja yang masuk kebutuhan dan keinginan dalam sehari-hari sangat bermanfaat untuk kesehatan keuangan Anda.

Selain itu, pastikan Anda teliti saat membeli barang sehari-hari. Anda bisa cek segala macam review produk di Duniapedia.com. Mengecek spesifikasi, kualitas, dan lain sebagainya sangat penting, apalagi jika melakukan pembelian secara daring.

4. Catat Pengeluaran

Cara menghemat uang belanja bulanan selanjutnya adalah rutin mencatat pengeluaran. Bukan hanya membuat daftar belanja, mencatat seluruh pengeluaran setiap bulannya tak kalah penting, hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mengevaluasi pengeluaran. Anda juga bisa mengurangi atau menambahkan anggaran belanja agar lebih efisien.

5. Bandingkan Harga

Jangan pernah malu untuk membandingkan harga antar toko. Jika Anda jeli, maka Anda bisa mendapatkan selisih harga yang lumayan. Namun, pastikan memiliki kualitas yang sama baiknya yah.

Jika Anda sering belanja daring, bandingkanlah olshop atau toko offline. Jika dimungkinkan membeli offline lebih murah, maka sebaiknya Anda berbelanja di toko offline.

6. Jangan Lupa Menabung

Meskipun Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa mengambil sedikit dana untuk ditabung. Tak perlu nominal yang besar, nominal kecil lebih baik asalkan konsisten. Jika Anda menabung di rekening bank, pastikan untuk memisah kartu kredit dan tabungan ya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menabung, misalnya berinvestasi pada saham, reksadana, emas, hingga menabung secara konvensional.

Demikianlah cara menghemat uang belanja bulanan menggunakan kartu kredit. Semoga bermanfaat!