Breaking News

Catat! Ini Dia 4 Jenis Investasi Modal Kecil Untung Maksimal

 

Investasi modal kecil saat ini menjadi trending topic di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan semakin mudahnya orang untuk mendapatkan informasi terkait investasi modal kecil. Meski begitu, masih banyak yang belum memahami dengan pasti apa itu investasi dan jenis-jenisnya. Malah terkadang orang-orang bingung untuk investasi modal kecil di mana saat punya duit Rp 1 juta.

 

Sebab, uang segitu dianggap terlalu sedikit untuk memulai investasi modal kecil. Makanya, banyak yang lebih memilih hanya menimbun uang terlebih dahulu baru memulai investasi. Padahal, saat ini sudah banyak jenis investasi modal kecil yang bisa dimulai tanpa harus butuh modal awal yang besar. Bahkan, dengan Rp 50.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi loh. Berikut ini jenis investasi modal kecil yang bisa kamu pilih saat kamu memiliki duit Rp 1 juta.

Saham

Banyak yang berpikir bahwa investasi saham bisa dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis kaya raya karena harus menyetorkan dana hingga puluhan juta. Namun, saat ini sudah banyak lembaga atau platform yang membantumu untuk memulai investasi saham dengan modal Rp 100 ribu saja. Maka dari itu, bagi kamu yang punya modal Rp 1 juta sangat cukup digunakan untuk mulai berinvestasi saham.

Sebelum memulai main saham, kamu harus membuat akun rekening efek terlebih dahulu. Pembuatan rekening efek bisa dilakukan di bank sekuritas seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, dan lain sebagainya. Bagi yang sibuk, kamu juga bisa membuat rekening efek secara online. Selain mudah, pendaftaran online juga tidak butuh waktu yang lama.

Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi modal kecil yang mana uang disetorkan dan dikelola oleh pihak pengelola investasi atau manajer investasi. Setiap institusi memberikan nominal tabungan reksa dana yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar kamu cukup memberikan nominal minimal di bawah Rp 1 juta. Terlebih lagi sudah banyak platform online yang membantumu untuk investasi reksadana.

Reksa dana memiliki empat jenis yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran. Tiap-tiap reksa dana memiliki risiko dan keuntungan tersendiri. Jadi saat memilih investasi reksadana ini kamu harus pintar memilih jenis yang diinginkan. Dan yang perlu diingat ialah semakin besar investasi ama semakin tinggi kerugian dan keuntungannya.

Emas

Investasi modal kecil selanjutnya yang bisa dilakukan dengan modal Rp 1 juta ialah investasi emas. Meski keuntungan terbilang kecil, investasi emas ini memiliki risiko kerugian yang rendah. Selain itu, harga emas juga stabil dan cenderung naik sehingga bisa menjadi salah satu jenis investasi modal kecil yang aman.

Peer to Peer (P2P) Lending

Peer to Peer (P2P) Lending merupakan jenis investasi modal kecil selain yang sudah disebutkan di atas bagi kamu yang punya modal Rp 1 juta. Melalui P2P Lending, kamu akan memberikan kredit kepada orang atau lembaga lain dan nantinya kamu akan mendapatkan imbal hasil yang lumayan.

Saat ini, sudah banyak platform P2P Lending yang ada di Indonesia. Meski begitu, kamu harus berhati-hati dalam memilih platform yang ada tersebut. Sebab, saat ini masih banyak platform yang ilegal dan tidak sesuai dengan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai investasi modal kecil di P2P Lending , kamu bisa memilih Amartha. Tak perlu khawatir, p2p lending paling menguntungkan Amartha saat ini sudah terdaftar di OJK loh. Selain itu, Amartha memiliki misi untuk menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif melalui pemberdayaan UMKM.

Amartha adalah platform layanan finansial peer-to-peer (P2P) lending berbasis online. Perusahaan fintech yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Sudah lebih dari sepuluh tahun bergelut di bidang ini, Amartha pun dianggap sebagai salah satu P2P Lending tertua di Indonesia.

Awalnya, Amartha merupakan lembaga keuangan mikro. Namun, kini Amartha menjadi fintech P2P lending yang menghubungkan pengusaha mikro dengan pemilik modal. Inilah yang membuat Amartha berbeda.

Rata-rata pengusaha mikro belum memiliki akses kredit ke perbankan. Namun, Amartha justru memberikan kredit ke pengusaha mikro di pedesaan dan perkotaan. Dengan bantuan teknologi yang mumpuni, Amartha dapat menjangkau para pengusaha mikro supaya mendapatkan modal.

Itu tadi 4 jenis investasi modal kecil terbaik yang dapat dicoba untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Semoga bermanfaat.