Breaking News

Circular Flow Diagram

 “The Complete Circular Flow Diagram” menunjukkan versi yang lebih lengkap dari aliran melingkar ekonomi. Ini mencakup lima sektor: sektor rumah tangga dan perusahaan yang telah kita lihat, sektor pemerintah, sektor keuangan, dan sektor asing. Di setiap sektor dalam circular flow diagram, aturan akuntansi memberi tahu kita bahwa aliran uang masuk harus sama dengan aliran uang keluar. Ketika kita melihat sektor ini demi sektor, kita menemukan lima hubungan akuntansi, masing-masing memainkan peran penting dalam ekonomi makro. Untuk saat ini, kita akan melihat satu per satu dengan cepat. Ketika kita meninjau kembali setiap sektor dalam bab yang berbeda dalam buku ini, kita menyertakan definisi yang lebih tepat dan diskusi yang lebih mendetail tentang aliran individu (seperti konsumsi atau pembelian pemerintah). Perekonomian 4 sektor ada didalam pembahasan circular flow diagram.

 

Sektor Perusahaan

Arus masuk dan keluar dari sektor perusahaan suatu perekonomian harus seimbang. Aliran total dolar dari sektor perusahaan mengukur nilai total produksi dalam perekonomian. Aliran total dolar ke dalam sektor perusahaan sama dengan total pengeluaran pada PDB, yang kami bagi menjadi empat kategori.

 

Konsumsi mengacu pada total pengeluaran rumah tangga untuk barang dan jasa. Investasi berarti pembelian barang dan jasa yang, dengan satu atau lain cara, membantu menghasilkan lebih banyak output di masa depan. Pembelian pemerintah adalah semua pembelian barang dan jasa oleh pemerintah. Ekspor bersih adalah perbedaan antara ekspor dan impor: mereka mengukur total arus pengeluaran yang terkait dengan bagian dunia lainnya.

 

Sektor Rumah Tangga

Rumah tangga memperoleh pendapatan dari perusahaan. Mereka juga menerima uang dari pemerintah (transfer) dan harus membayar uang kepada pemerintah (pajak). Rumah tangga menghabiskan sebagian dari pendapatan mereka dan menabung sisanya. Dengan kata lain,

 

pendapatan + transfer pajak = konsumsi + tabungan pribadi.

 

Ada banyak cara menabung yang berbeda, tetapi kami tidak fokus pada perbedaan ini. Kami hanya membayangkan bahwa rumah tangga membawa tabungan mereka ke pasar keuangan untuk membeli aset berbunga. Beberapa rumah tangga individu adalah peminjam bersih, tetapi, secara keseluruhan, sektor rumah tangga menabung. Ada, secara bersih, aliran dolar dari sektor rumah tangga ke sektor keuangan suatu perekonomian. Dolar ini kemudian tersedia bagi perusahaan untuk dipinjam untuk membangun pabrik baru, memasang peralatan mutakhir, dan sebagainya. Artinya, mereka tersedia untuk investasi.

 

Sektor Pemerintah

Dari perspektif ekonomi makro, fungsi utama pemerintah adalah sebagai berikut:

Ia membeli barang dan jasa.

Ini mengumpulkan pendapatan melalui pajak pribadi dan perusahaan dan biaya lainnya.

Ini memberikan transfer ke rumah tangga.

Jumlah yang dikumpulkan pemerintah dalam pajak tidak perlu sama dengan jumlah yang dibayarkan pemerintah untuk pembelian dan transfer pemerintah. Jika pemerintah membelanjakan lebih banyak daripada mengumpulkan pajak, maka pemerintah harus meminjam dari pasar keuangan untuk menutupi kekurangannya.

 

Sektor Keuangan

Sektor keuangan ekonomi adalah jantung dari aliran melingkar. Ini merangkum perilaku bank dan lembaga keuangan lainnya. Yang terpenting, sektor aliran melingkar ini menunjukkan kepada kita bahwa tabungan rumah tangga menyediakan sumber dana investasi bagi perusahaan. Di sisi kiri, gambar menunjukkan aliran dolar dari sektor rumah tangga ke pasar keuangan, yang menunjukkan tabungan rumah tangga. (Meskipun kami tidak memasukkannya dalam  “Arus Sirkular Lengkap”, perusahaan juga menabung, melalui keuntungan yang mereka simpan untuk membiayai investasi baru daripada mendistribusikannya kepada pemegang saham mereka. Sejauh menyangkut neraca nasional, itu adalah seolah-olah perusahaan mengirim dana ini ke pasar keuangan dan kemudian meminjamnya kembali.) Ketika kita meminjam dari negara lain, ada aliran kedua dolar ke pasar keuangan. Di sisi kanan, ada aliran uang dari sektor keuangan ke sektor perusahaan, mewakili dana yang tersedia bagi perusahaan untuk tujuan investasi. Keterkaitan antara tabungan rumah tangga dan investasi perusahaan adalah salah satu ide terpenting dalam ekonomi makro.