Breaking News

Ciri-Ciri ECU Motor Rusak yang Harus Diketahui

 Dikala ini, motor dengan cara injeksi menjadi kendaraan yang difavoritkan oleh banyak orang. Malah, hampir setiap produsen kendaraan bermotor, sekarang sudah mulai menyematkan teknologi injeksi pada setiap produk motor terbarunya. Tentu saja, hal tersebut tak bisa dilepaskan dari kelebihannya dalam soal mengoptimalkan efisiensi penerapan bahan bakar motor yang lebih hemat dibanding dengan motor karburator. Karenanya dari itu, wajar saja jika teknologi injeksi ini menjadi salah satu keunggulan yang memang ketika ini difavoritkan sebagai salah satu fitur untuk menjamin jalan masuk konsumsi kekuatan. Hanya saja, satu perangkat yang punya imbas besar kepada motor dengan teknologi injeksi ini yaitu ECU motor. Sebab, fungsinya yang mempunyai peran hampir sama sebagaimana aki, tetapi lebih luas. Ialah, sebagai pusat pengendali rangkaian mesin pada sepeda motor. Nah, sebab bagian ini benar-benar vital maka Anda semestinya memahami perawatannya. Ialah mengenal gejala atau ciri-ciri ECU motor rusak sebagai pijakan untuk mengenal kondisi ketimbang bagian tersebut.

Tanda ECU pada Motor Mulai Rusak

Dalam sebagian kasus, memang ada sebagian pedoman atau gejala yang jadi ciri utama sebagai indikasi jika ada kerusakan pada bagian ECU motor. Berikut penjelasan lengkapnya.

Speedometer Mati Walau Kunci Kontak ON

Gejala pertama yang dipastikan kuat sebagai pedoman jika ECU motor alami kerusakan, bisa diperhatikan dari kondisi speedometer atau panel indikator motor. Dimana, jika kondisi atau posisi kunci kontak dalam kondisi ON tetapi cara lampu sejna, klakson, lampu sein, lampu rem, ataupun starter tak bisa diaktifkan maka itu pedoman kuat jika ECU alami problem. Apalagi, setelah dicek akinya, kondisi aki dalam kondisi baik-baik saja. Sehingga bisa dipastikan bahwa memang ada problem pada bagian ECU yang kemungkinan sudah tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Lampu Indikator Berkedip Selain itu, pada bagian panel indikator atau speedometer, kelihatan bahwa lampu indikator MIL mulai berkedip-kedip ketika mesin atau motor dikerjakan. Ini menandakan bahwa memang ada kerusakan yang terjadi di dalam cara injeksi motor itu sendiri. Salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan mengerjakan pembatasan ulang atau reset ECU motor. Tujuannya sendiri sudah barang tentu untuk menghapus kode kerusakan yang tersimpan di ECU. Akan tetapi, cuma saja jika ECU sudah dikerjakan reset sebagian kali dan kerusakan sonsor sudah diperbaiki, tetapi cuma saja lampu MIL masih berkedip, tentu saja hal itu benar-benar berpotensi sekali bahwa cara ECU mengalami kerusakan. Jika memang benar demikian adanya maka satu hal yang semestinya dikerjakan yaitu dengan mengganti ECU motor itu sendiri.