Breaking News

Ciri-ciri & Struktur Teks Diskusi Terlengkap 2022

 

Teks Diskusi – Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks diskusi, ada baiknya Anda memahami apa itu teks diskusi?

 

Definisi Teks Diskusi

Menurut Wikipedia, diskusi adalah interaksi komunikatif antara dua orang atau lebih. Seringkali komunikasi berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang pada akhirnya menghasilkan pengertian yang baik dan benar.

 

Adapun teks diskusi adalah teks yang memberikan dua pendapat yang berbeda tentang suatu masalah, kedua pendapat ini disebut pro dan kontra. Hal ini akan menyebabkan kedua belah pihak membahas masalah atau diskusi.

 

Tujuan dari diskusi adalah untuk mencari kesepakatan atau pemahaman dari ide-ide yang dibahas. Selain itu, diskusi memiliki manfaat untuk memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman.

 

Diskusikan ciri-ciri teks tersebut!

Teks diskusi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berisi informasi informatif-argumentatif
  • Struktur terdiri dari pertanyaan, argumen pendukung, argumen kontra dan kesimpulan
  • Mendiskusikan fitur linguistik teks menggunakan konjungsi resisten seperti while, but, dll.

Baca Juga : Contoh Penelitian Kualitatif

Diskusikan struktur teks

  1. Pertanyaan

Pada bagian ini, penulis memperkenalkan masalah yang akan dibahas. Pertanyaan atau question dalam teks diskusi berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas lebih lanjut

  1. Argumen

Ada dua jenis bagian argumen, untuk dan melawan argumen. Pro-argumen tentu mengandung argumen yang mendukung pokok bahasan. Dan argumen menolak untuk mengandung kebalikan dari argumen yang mendukung.

  1. Kesimpulan

Bagian ini berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang masalah yang dibahas. Biasanya mengambil jalan tengah pada apa yang sedang dibahas.

 

Diskusikan jenis teks

  • Teks diskusi seminar
  • Teks diskusi seminar
  • Teks diskusi seminar
  • Teks diskusi kelompok
  • Teks diskusi kongres
  • Teks diskusi konferensi
  • Teks diskusi seminar

 

Langkah-langkah menulis teks diskusi

  1. Identifikasi topik perdebatan atau isu yang akan dibahas
  2. Identifikasi tujuan, dalam hal ini memberikan pro dan kontra
  3. Mencari informasi atau data tentang isu yang dipilih, misalnya Anda memilih isu terkait demonstrasi buruh, maka kita harus mencari informasi tentang demonstrasi buruh selengkap mungkin
  4. Susun outline kertasnya
  5. Mengembangkan kerangka kerja menjadi teks diskusi
  6. Ubah teks diskusi

Baca Juga : Judul Proposal Kualitatif

Cara Memodifikasi Teks Diskusi

  • Kalimat, kata, atau arti kata atau kalimat yang salah label
  • Mengoreksi kalimat, kata, atau makna yang salah berdasarkan unsur bahasa
  • Parafrase teks menjadi teks yang baik dan benar

 

Contoh teks diskusi

Contoh teks diskusi tentang sampah

pertanyaan

Sampah merupakan hal yang sangat mengganggu karena dampak buruknya terhadap lingkungan. Penumpukan sampah dapat menimbulkan berbagai penyakit bahkan banjir. Cara membuang sampah dianggap sebagai isu penting di beberapa daerah. Padahal, penyelesaian masalah sampah sudah ada sejak lama.

argumen pendukung

 

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak diperlukan lagi dan oleh karena itu harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun bagi pecinta alam, pendekatan ini dipandang bukan sebagai solusi, melainkan sebagai bencana baru. Pembakaran sampah menimbulkan pencemaran udara berupa bau yang tidak sedap, bahkan asap pembakaran dari pembakaran dapat menipiskan lapisan ozon.

ditentang

Masyarakat yang cinta lingkungan tentunya lebih menyukai solusi berupa pengomposan dan daur ulang sampah. Misalnya, sampah organik seperti daun kering, batang pohon, dll dapat digunakan sebagai kompos melalui proses dekomposisi. Pada saat yang sama, sampah non-organik yang tidak dapat terurai dapat didaur ulang.

Kesimpulannya

Pada dasarnya, sampah dapat diolah dan digunakan kembali. Penanganan dan pembuangan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada.

Contoh teks diskusi di Internet

pertanyaan

Internet telah membantu manusia dalam segala aspek kehidupan, menjadikan Internet menempati tempat dalam kehidupan sosial. Dengan internet, kita bisa melakukan apa saja, positif atau negatif. sebagai media komunikasi,

Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain di seluruh dunia.

argumen pendukung

Banyak siswa memperoleh pengetahuan dengan bantuan Internet. Bahkan, sekarang lebih mudah untuk menemukan tugas sekolah dengan mencari di Internet. Tidak dapat disangkal dampak Internet pada siswa. Internet memiliki efek positif tetapi juga efek negatif, seperti koin memiliki dua sisi, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

ditentang

Dampak negatif dari internet sangat banyak. Berikut beberapa dampak negatif dari internet. Beberapa berita TV dan surat kabar telah melaporkan kasus penculikan atau pelarian anak di bawah umur mulai dari situs pertemanan atau situs jejaring sosial di Internet. Sifat anak-anak yang cenderung mempercayai siapa pun memungkinkan hal ini terjadi.

Kesimpulannya

 

Diharapkan orang tua, guru, pemerintah, siswa dan pihak lain dapat bekerja sama untuk mencegah dampak negatif dari internet. Pemerintah diharapkan untuk memblokir situs web yang buruk. Saya juga berharap agar para orang tua lebih memperhatikan anaknya, agar anak-anaknya tetap terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.