Breaking News

content writer dalam SEO

Pengaruh Content Writer dalam SEO, Khususnya Pengusaan Teknik SEO

Perkembangan internet semakin hari semakin berkembang pesat di ikuti dengan trend online yang semakin marak di era milenial ini. Perusahaan-perusahaan digital tidak serta merta menggunakan tenaga komputer saja dalam mengembangkan sistem perusahaannya, namun dibalik itu ada peran manusia yang ikut berkontribusi. Salah satunya adalah content writer dalam SEO.

Program-progam yang diluncurkan merupakan hasil ciptaan manusia dibantu dengan teknologi software computer sehingga hasilnya bisa optimal. Hal itu berlaku juga pada situs web yang yang dikembangkan oleh banyak creator web melalui jasa SEO yang menggunakan teknik SEO.

Pemilik situs web akan membagi tugas-tugasnya dalam mengisi konten di dalam webnya baik itu bagian web developer, web illustrator, SEO specialist, content writer dan lain-lain. Yang menjadi pertanyaan, jika sudah ada master SEO mengapa masih perlu menggunakan tenaga content writer? Seberapa besar pengaruh content writer dalam SEO? Pertanyaan yang sederhana ini memiliki jawaban yang besar.

Definisi Content Writer

Dalam definisinya menurut Wikipedia, content writer dalam SEO adalah orang yang berspesialisasi dalam menyediakan konten yang relevan untuk situs web. Setiap situs web memiliki target audiens yang spesifik dan membutuhkan konten yang paling relevan untuk menarik bisnis. Tujuan utama dibutuhkannya seorang content writer agar bisa menghasilkan tulisan berisi informasi yang telah dibuat bisa termuat di internet dan bisa diakses siapa saja yang mencarinya.

Peran Penting Content Writer dalam SEO

Content writer dalam SEO sangat berpengaruh dalam pembuatan situs web agar selalu update dan berkembang. Para content writer dituntut untuk menulis ide-ide gagasan yang relevan dengan apa yang sedang terjadi, menyesuaikan minat traffic serta mengisi kekosongan dalam suatu situs web.

Content writer perlu wawasan yang luas agar bisa membuat isi konten yang up-to-date dan terpercaya. Quality number one selalu menjadi prioritas bagi content writer untuk terus memberikan kontribusi yang baik bagi situs webnya. Konten yang ditulis oleh para content writer sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Bila merujuk kepada content writer online, media yang digunakan pastinya adalah web yang dipublikasikan di internet seperti artikel, blog, portal berita, e-book, newsfeed di media sosial, surat elektronik dengan promosi, brosur, pamphlet, brosur, serta media-media yang lain.

Pentingnya Pemahaman Teknik SEO pada Seorang Content Writer

Jika perusahaan menetapkan konten webnya menggunakan SEO, maka content writer dalam SEO harus memahami teknik SEO karena hal itu menjadi tolak ukur kemampuannya dalam meningkatkan traffic situs web. Content writer disini tugasnya menulis konten yang sesuai dengan keyword dalam SEO.

SEO umumnya diperlukan dalam situs web perusahaan dalam proses internet marketingnya agar menghasilkan keuntungan. Modal dalam pembuatan konten SEO minim serta sama sekali tidak berbayar alias gratis. Namun perlu diketahui bahwa proses optimasinya membutuhkan waktu yang lama agar bisa masuk dalam crawling dan indexing di mesin pencarian.

Kemudian, dalam pembuatan konten yang sesuai terhadap keyword akan menaikkan traffic pengunjung sehingga akan menguntungkan juga bagi situs web perusahaan. Kemampuan seorang content writer di dunia menulis tidak asal-asalan, namun bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki niat untuk mengembangkan bakat menulisnya. Maka dari itu, berikut adalah hal yang penting untuk menjadi seorang content writer.

Hal-Hal Penting Terkait dengan Content Writer dalam SEO

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi seorang content writer dalam SEO:

Menulis sesuai keyword dan mengembangkannya dengan ide sendiri

Maksudnya, keyword SEO yang menjadi pilihan untuk ditulis perlu dikembangkan dengan kalimat sendiri. Content writer tidak boleh melakukan plagiarisme konten dengan menjiplaknya dari konten situs lain karena akan melanggar hak cipta. Menggunakan kreatifitas sendiri akan lebih baik dan memiliki nilai tambah bagi diri sendiri maupun bagi situs web. Membuat ciri khas yang unik akan banyak menarik traffic untuk membaca konten yang kita buat.

Meningkatkan kualitas konten untuk branding perusahaan

Dalam mengaplikasikan ide konten kita perlu membuat isi yang berkualitas tinggi. Content writer harus mengetahui bagian-bagian yang ada di dalam SEO seperti SEO on page dan SEO off page, bagaimana cara meningkatkan page rank, serta pengaturan agar konten bisa mendatangkan organic traffic yang bisa meningkatkan branding perusahaan.

Mengetahui tools-tools dalam pembuatan konten

Content writer harus tahu apa itu tools-tools yang diperlukan untuk membuat isi konten. Tidak hanya SEO saja yang dipelajari, komponen lain seperti HTML, JS, CSS serta pengaturan web juga perlu dipahami agar dalam mengembangkan kontennya dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Selain itu, menggunakan tools SEO juga akan membantu pembuatan konten secara efektif dan efisien. Jika kita sudah membuat banyak artikel namun ternyata isi kontennya tidak sesuai dengan SEO makan artikel yang kita buat akan sia-sia dan harus memulai dari awal lagi. Jadi penggunaan tools akan menjadi ancang-ancang terbaik.

Selalu memantau statistik situs web

Proses pembuatan konten SEO perlu tindakan berkelanjutan mengingat bahwa konten ber-SEO seringkali mengalami perubahan naik turun sistem sewaktu-waktu. Selain itu, kegiatan memantau juga bisa melihat pergerakan pesaing maupun kemunculan pesaing-pesaing baru sehingga bisa menjadi acuan kita agar kita perlu melakukan yang terbaik bagi situs perusahaan agar tidak kalah saing dengan web perusahaan yang lain.

Paham dan menguasai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)

Hal sepele yang mungkin diremehkan banyak orang yaitu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa Indonesia secara baku sudah diatur dalam kumpulan EYD. Hal ini juga harus diperhatikan oleh para content writer bahwasanya kita bisa menjadi teladan dan panutan bagi pembaca, mengajarkan mereka untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain menguasai EYD, content writer juga perlu mengerti bahasa Inggris walaupun dasar. Walaupun content writer ada yang dituntut untuk menulis artikel-artikel berbahasa Indonesia, dalam dunia menulis pasti akan menemukan frasa-frasa Inggris. Selain itu, content writer juga perlu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris agar suatu saat content writer bisa menerima job untuk menulis artikel berbahasa Inggris.

Kelima poin diatas bisa menjadi panduan bagi content writer pemula agar bisa mengetahui potensi apa yang mungkin ada dalam diri. Selain itu kemahiran content writer juga perlu dikembangkan agar bisa membuat konten SEO yang berkualitas untuk memberikan nama yang baik perusahaan.

Kualitas Content Writer dalam SEO pada Perusahaan SEO Besar

Perusahaan yang sudah memiliki nama yang besar akan selektif dalam memilih content writer. Mereka akan memberikan tempat bagi siapa saja yang memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan. Dalam proses pencarian lowongan kerja content writer, biasanya perusahaan akan meminta calon karyawannya untuk memberikan proposal contoh artikel yang pernah dibuat. Contoh artikel ini nantinya digunakan sebagai pertimbangan yang utama.

Pekerjaan sebagai content writer sebenarnya mudah jika kita menguasai poin-poin yang telah disebutkan di atas. Sebagai content writer bukan hanya kemampuan menulis yang kita persembahkan untuk web perusahaan, namun wawasan literasi juga diperlukan.

Hal yang dibenarkan bahwa negara kita tingkat literasinya cukup rendah. Maka, kita, sebagai content writer, boleh dikatakan sangat berkontribusi bagi perusahaan. Kita juga ikut membuka pandangan bagi masyarakat untuk meningkatkan kegiatan gemar membaca.