Breaking News

Destinasi Super Prioritas yang Wajib Dikunjungi

Menikmati Liburan di Dalam Negeri

Indonesia merupakan negara yang kaya. Bukan cuma kaya dengan suku, negeri ini juga kaya akan keindahan alam. Setiap tempat di Indonesia memiliki panorama dan cerita yang beragam. Mengunjungi destinasi wisata dalam negeri jadi salah satu bentuk dukungan terhadap pariwisata lokal. Selain lebih dekat, tempat wisata dalam negeri juga murah meriah dan sudah terjamin kecantikannya.

Jika kamu ingin berlibur di dalam negeri, sepertinya kamu harus perhitungkan untuk mengunjungi destinasi super prioritas yang sudah pemerintah umumkan melalui kementerian terkait. Setiap destinasi yang terpilih adalah tempat terbaik dan favorit banyak orang. Bahkan, kalau pernah berkunjung, kamu tidak akan menyesal singgah untuk ke dua kali, ketiga kali, dan seterusnya.

 

Apa Itu Destinasi Super Prioritas

Dunia pariwisata Indonesia sempat mengalami penurunan wisatawan selama periode 2020-2021. Beruntung, saat ini situasi telah berangsur membaik. Jauh sebelum Covid-19 mewabah, pemerintah telah memulai kampanye destinasi super prioritas. Gerakan yang ada sejak 2015 lalu ini, bertujuan untuk membantu destinasi Indonesia untuk lebih kondang dan dicintai.

Destinasi super prioritas merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif rekomendasikan. Tujuan adanya program ini untuk menambah kunjungan dan bentuk dukungan untuk destinasi wisata lokal. 

Ada lima destinasi yang pemerintah perkenalkan ke publik. Dengan karakteristik unik yang tidak dimiliki tempat lain. Ketika melakukan promosi, program ini akan jadi lebih luas ke tempat lain. Hal tersebbut seiring dengan pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, pada April 2022.

Program ini masuk di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (PRJMN) Indonesia 2020-2024. Dalam hal ini, tujuan pemerintah adalah GDP dari sektor ini meningkat jadi 5,5%, devisa pariwisata jadi US$30 miliar, 350-400 wisatawan lokal, serta 22,3 juta kunjungan wisatawan asing. 

 

Destinasi Super Prioritas di Indonesia

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah merilis lima tempat. Masing-masing miliki keunikan tersendiri.

Berikut adalah lima destinasi super prioritas di Indonesia:

1. Borobudur

Lokasi: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Borobudur juga dalam destinasi super prioritas Kemenparekraf  pada kawasan yang meliputi Borobudur – Yogyakarta, Solo – Sangiran, Semarang – Karimun Jawa, serta wilayah seluas 309 hektare yang merupakan kawasan pariwisata terpadu berbasis socio-resort.

Destinasi super prioritas ini miliki banyak titik wisata yang bisa wisatawan pilih. Di Magelang, Jawa Tengah, misalnya, anda bisa datang ke Candi Borobudur yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia. Sementara, untuk wilayah Yogyakarta, Anda bisa datang ke Candi Prambanan. Dalam rilis Badan Pusat Statistik 2019, tercatat bahwa Jawa Tengah memiliki 290 objek wisata. Sedangkan DI Yogyakarta memiliki 189 objek wisata.

Borobudur memiliki beberapa objek yang telah UNESCO akui sebagai situs warisan dunia, yaitu Situs Manusia Purba Sangiran, Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Aspek histori di Borobudur benar-benar kental. Pasalnya, Candi Borobudur telah ada sejak tahun 800-an masehi oleh Dinasti Syailendra. Destinasi lain, yaitu Candi Prambanan, kental dengan cerita rakyat yang mengaitkan bangunan tersebut dengan kutukan Bandung Bandawasa pada Roro Jonggrang.

 

2. Danau Toba

Lokasi: Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Danau toba merupakan destinasi super prioritas yang telah benar-benar terkenal. Memiliki luas 1.145 kilometer persegi dan menjadikannya danau vulkanik di Asia Tenggara. 

Ada 123 titik wisata di sekitar Danau Toba yang tersebar di 31 kecamatan. Ada wisata alam dan budaya yang bisa Anda pilih. Danau Toba merupakan kawasan destinasi  yang bisa untuk hiking dan trekking. Wisatawan bisa meilih perjalanan ke Taman Eden, Pusuk Buhit, atau Gunung Sipio-piso. 

Selain itu, kalau memiliki waktu liburan banyak, wisatawan juga bisa bersepeda keliling Pulau Samosir atau melaksanakan olahraga air. Selain wisata alam, Danau Toba ini juga memiliki magnet budaya. Di sekitarnya, ada banyak pemukiman penduduk Batak dan Museum Budaya Batak. 

Di sana, wisatawan berkesempatan belajar menenun ulos dari mama-mama setempat. Danau Toba adalah sisa-sisa letusan gunung purba. Maka, danau ini disebut sebagai danau tekto-vulkanik. Selain itu, kawasan ini kondang gara-gara menjadi inspirasi cerita rakyat Asal-usul Danau Toba. Dalam cerita ini, diceritakan bahwa danau ini terbentuk karena banjir bandang akibat tokoh Toba yang melanggar janji kepada istrinya yang merupakan jelmaan ikan.

 

3. Labuan Bajo

Lokasi: Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Labuan Bajo merupakan pintu masuk Taman Nasional Komodo. Tempat ini kondang karena panoramanya yang benar-benar cantik dan sering menjadi tempat untuk syuting film dan sinetron.

Tapi, kecantikan Labuan Bajo ini tidak hanya apa yang terlihat dari darat. Labuan Bajo memiliki pesona di sektor bahari, budaya penduduk setempat, petualangan, hingga kehidupan liar. Di Puncak Waringin, wisatawan bisa menikmati panorama luar biasa saat matahari terbit dan tenggelam. 

Jika ingin berlayar, wisatawan bisa pilih keliling ke Pulau Padar, Gili Lawa, dan Kelor.  Selain itu, Anda juga bisa berwisata kuliner, budaya, dan kesenian selagi berkunjung di sana.  Setelah pulang dari Labuan Bajo mungkin Anda akan lebih rileks dan lebih pintar.

Selain itu, Labuan Bajo memiliki histori panjang menjadi kondang seperti sekarang. Menurut sejarah, nama Labuan mengacu pada kata labuhan, yaitu tempat berlabuh.  Sedangkan Bajo mengacu pada orang yang berasal dari Bajo dan Bugis Sulawesi Selatan. Lambat laun, orang-orang menyebut tempat ini sebagai Labuan Bajo.

 

4. Mandalika

Lokasi: Selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Destinasi super prioritas Mandalika merupakan kawasan Ekonomi Khusus di NTB yang termasuk lahan seluas 1.175 hektare. Selain mengutamakan wisata laut, destinasi super prioritas ini juga sebagai kawasan olahraga untuk beragam gelaran internasional.

Di sektor wisata bahari, Mandalika memiliki banyak opsi pantai yang tersedia di antaranya: 

• Pantai Mandalika

• Pantai Kuta 

• Pantai Mawi 

• Pantai Semeti 

• Pantai Selong Belanak 

• Pantai Seger

• Pantai Serenting

• Pantai Tanjung Aan.

Beberapa pantai di atas memiliki ombak yang baik untuk peselancar. Selain wisata alam, kawasan destinasi super prioritas Mandalika juga kondang memiliki Mandalika International Circuit sebagai gelaran MotoGP. Di masa depan, akan ada banyak venue olahraga lain yang dibangun di kawasan ini.

Sektor wisata budaya juga menjadi keunggulan Mandalika. Di Desa Rembitan Sade, Desa Sukarara, Desa Tetebatu, dan beberapa desa lain, wisatawan bisa belajar budaya Suku Sasak. 

Jika berkunjung destinasi super prioritas ini, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tari, musik, dan ketangkasan. Bahkan, Anda juga bisa, lho, belajar budaya setempat secara langsung Menurut penduduk setempat, nama Mandalika mengacu pada cerita rakyat tentang Putri Mandalika. 

Dalam cerita rakyat, sang putri merupakan perempuan cantik dan yang banyak laki-laki sukai. Lama kelamaan, Putri Mandalika jengah dengan banyaknya lamaran. Setelah bersemedi, Putri Mandalika menyatukan semua laki-laki yang melamarnya untuk berkumpul di Pantai Seger. 

Setelah semua berkumpul, Putri Mandalika terjun ke laut. Setelahnya, muncul cacing laut warna-warni yang penduduk yakini sebagai perwujudan sang putri.

 

5. Likupang

Lokasi: Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Destinasi super prioritas yang terakhir adalah Likupang. Kawasan ini terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 

Likupang kondang dengan banyaknya pantai dan pulau kecil yang cantik di dekatnya. Destinasi super prioritas Likupang terdiri dari Kawasan Ekonomi Khusus seluas 197,4 hektare. Nantinya, kawasan ini akan dibangun resor-resor kelas atas dan menengah. Lebih lanjut, akan tersedia juga Wallace Conservation Center di sini.

Di sini, wisatawan bisa menjelajah bawah laut yang masih benar-benar terjaga.  Panorama bawah laut Likupang menyajikan panorama mengagumkan seperti di film animasi. Jika menyelam di sini, Anda akan menemukan terumbu karang warna-warni, biota laut berlimpah, dan air yang jernih.

Di samping potensi wisata bahari, destinasi super prioritas Likupang juga kental bersama kearifan lokal. Orang-orang Minahasa merupakan salah satu suku dengan budaya yang menarik. Kamu juga bisa mempelajari kebudayaan, menikmati sajian kuliner, hingga berbaur bersama penduduk lokal.

Likupang memiliki kaitan erat dengan budaya setempat. Lokasi destinasi super prioritas ini muncul sebagai latar dalam kisah Mamanua dan Bidadari Surga. Di kisah itu, ada sembilan bidadari yang turun di sini. Ternyata, mereka turun di telaga (Likupang) yang dimiliki petani bernama Mamanua. Interaksi mereka pun mengakibatkan keduanya terlibat konflik panjang. 

 

Tips Menyiapkan Dana Liburan

Berlibur ke destinasi super prioritas sebenarnya amat menyenangkan. Di sana, Anda dapat menikmati banyak objek wisata menarik. Tapi mesti Anda ingat, dana liburan sebaiknya sudah Anda persiapkan dengan baik agar tidak boncos. Berikut adalah tips mempersiapkan dana liburan yang mesti Anda tahu:

1. Buat Anggaran

Membuat anggaran sebenarnya terlihat sederhana, yakni mencatat. Tapi, pengaruh cara simple ini bakal besar terhadap keuanganmu. Sebelum pergi, Anda mesti mengira-ngira berapa ongkos transportasi, makanan, akomodasi dan sebagainya.  Jika tak mengidamkan repot, silahkan jasa travel agent agar dapat datang ke destinasi yang udah anda rancang.

 

2. Tidak Mengandalkan Kartu Kredit

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda memakai kartu kredit untuk liburan. Tapi, anda mesti ingat bahwa fasilitas berikut adalah utang. Artinya, Anda mesti membayar ke bank saat jatuh tempo. Jadi, pakai kartu kredit dengan bijak agar tagihan tidak membengkak.

 

3. Tidak Konsumtif

Saat berada di daerah wisata, bahkan di destinasi super prioritas, tentu banyak barang bagus atau makanan enak. Jangan FOMO untuk belanja semuanya, ya. Belanjalah seperlunya agar cash flow tetap aman, karena aji mumpung itu tidak baik, lho.

 

4. Menyesuaikan dengan Kemampuan Diri

Jika Anda ingin liburan yang lumayan mahal, ada baiknya mengatur dengan kemampuan. Misalnya dengan menunda beberapa saat hingga mempunyai cukup dana. Berlibur dengan utang bukan opsi yang bijak. Apalagi, liburan adalah keperluan sekunder.

 

5. Menyiapkan Dana Liburan dari Jauh Hari

Jika memiliki rencana ke daerah yang jauh, andaikata singgah ke Likupang, Anda mesti memiliki rencana dana liburan dari jauh-jauh hari. Hal ini bakal menghindarkan Anda dari kebiasaan impulsif di lokasi wisata. Jangan sampai, tujuh hari perjalanan mengakibatkan kerusakan rancangan yang udah Anda buat setahun.