Breaking News

Etika Mengantar Keranda Jenazah di Pemakaman

Mencari keranda jenazah bagus bisa Anda dapatkan di Rajanya Troli. Berbagai jenis keranda yang dibutuhkan bisa didapatkan di pabrik keranda jenazah ini.

Berbicara mengenai keranda jenazah, seperti yang diketahui jika keranda digunakan untuk mengantar jenazah ke pemakaman. Mengantar jenazah ada etika yang harus diketahui orang-orang.

Nah, pada pembahasan Rajanya Troli, pabrik keranda jenazah, kali ini akan membahas singkat mengenai etika mengantar jenazah di pemakaman.

Etika Antar Jenazah ke Pemakaman

menurut akidah, umatnya dianjurkan untuk hadiri pemakaman sahabat, kerabat, kenalan, terlebih jika orang yang meninggal merupakan anggota keluarga. Rasulullah SAW menegaskan tentang hukum sunnah di dalam antarkan jenazah dan juga menggotong kerandanya. Mengikuti pemakaman merupakan salah satu hak muslim atas muslim lainnya.

Pada kaitan ini, Rasulullan SAW mengajarkan supaya dalam antarkan jenazah hendaknya untuk mempercepat langkah. Hal tersebut sebagaimana tertera pada satu hadits diriwayatkan Bukhari-Muslim jika dengan bergegas dalam membawa jenazah, apabila jenazah merupakan orang saleh, artinya segera membawa jenazah menuju dalam kebaikan.

Dalam memuliakan jenazah, Rasulullah SAW sudah berikan petunjuk yang terperinci. Dimulai dari melayat ke rumah keluarga orang yang meninggal, memberikan nasihat keluarga ditinggalkan dengan kesabaran, mensholatkan jenazah, mengiringi jenazah ke pemakaman, serta mendoakan.

Tidak hanya pada kerabat orang meninggal, tuntunan untuk hormati jenazah pun ditujukan untuk orang-orang sekitar, yaitu yang dilewati oleh iringan jenazah. Rasulullah meminta agar umat ikut untuk menghormati jenazah.

Ikut hadir di pemakaman dan tetap tinggal sampai jenazah dikuburkan bernilai pahala yang besar. Nabi SAW menjabarkan ini supaya jadi pedoman para umat.

Nabi pun menganjurkan supaya sehabis dari pemakaman, orang hendaknya memanjatkan doa dan juga memohonkan ampunan dosa atas orang meninggal. Inilah yang Nabi SAWA senantiasa laksanakan dan juga beliau perintahkan pada para sahabat.

Hikmah menghadiri pemakaman adalah untuk kuatkan ikatan persaudaraan serta memperdalam kesetiaan antar sesama. Lewat keikutsertaan ini, keluarga ditinggalkan akan merasa terhibur, hingga terbantu dalam hadapi kehilangan anggota keluarga dengan ikhlas dan sabar. Menghadiri pemakaman juga adalah indikasi pemahaman akan kehidupan bersosial.

Demikianlah pembahasan mengenai etika mengantar jenazah ke pemakaman.

Jika Anda saat ini sedang mencari tempat pembuatan keranda jenazah yang berkualitas, Anda bisa memesan di pabrik keranda jenazah, Rajanya Troli (https://rajanyatroli.com/). Semoga bermanfaat.