Breaking News

Ini Dia Sejumlah Fakta Seputar Kanker

fakta seputar kanker

Ada sejumlah fakta seputar kanker yang banyak tidak pahami orang. Memahami lebih baik fakta fakta ini memudahkan kita memetakan resiko kita masing masing terhadap kanker. Dan bagaimana menghadapi ancaman ini dengan lebih baik.

Apa Saja Fakta Seputar Kanker?

Ada sejumlah hal yang sangat berkaitan dengan kanker dan tidak banyak dipahami oleh kalangan awam. Dan banyak muncul asumsi tidak tepat seputar kanker yang pada akhirnya justru menyesatkan. Dan untuk itu berikut sejumlah fakta seputar kanker yang perlu Anda pahami.

Peran genetik pada kanker

Selama ini banyak orang melihat genetik memiliki peran pada pembentukan kanker. Hingga membentuk asumsi mereka dengan garis keturunan tanpa kanker sudah pasti akan bebas kanker. Fakta seputar kanker sebenarnya justru melihat bahwa aspek genetik hanya berperan 10% terhadap pembentukan kanker.

Mereka dengan aspek genetik tetap dapat bebas kanker dengan melakukan gaya hidup lebih sehat. Ini akan menurunkan resiko kanker pada level relatif rendah. Sedang mereka yang terbiasa menjalankan gaya hidup tidak sehat dan berimbang justru dapat beresiko lebih tinggi sekalipun tidak memiliki unsur genetik kanker. Pada dasarnya 70% kasus kanker dapat dicegah.

Tidak ada keluhan spesifik

Pada stadium awal, sulit sekali membedakan keluhan kanker dengan keluhan kesehatan biasa. Pasien acapkali mengartikan rasa tidak nyaman mereka sebagai masuk angin biasa. Menganggap rasa nyeri yang muncul sebagai nyeri wajar yang tidak serius.

Sel kanker sendiri tidak spesifik, ada begitu banyak ragam jenis kanker yang ada. Kanker akan berbeda beda cara kerja dan efeknya bergantung pada asal sel yang menjadi awal kanker terbentuk. Dapat pula dipengaruhi oleh jenis organ yang terserang. Juga bergantung pada sistem imunitas dan kondisi tubuh pasien masing masing.

Kematian karena kanker

Dalam catatan Harvard University mengenai fakta seputar kanker, terdapat 1 dari 8 kematian di dunia yang dapat dikaitkan dengan kanker. Hingga kini kasus kematian karena kanker masih menduduki posisi yang tinggi dari banyak penyakit lain.

Banyak pandangan melihat bahwa tingkat kematian tertinggi muncul pada kasus yang terjadi di masyarakat ekonomi lemah. Ini disebabkan oleh kesadaran yang cenderung rendah terhadap gejala dan penerapan gaya hidup yang lebih sehat.

Pada catatan lain dijelaskan bahwa wanita memiliki tingkat kematian karena kanker yang lebih tinggi. Karena wanita memiliki sejumlah bentuk kanker yang spesifik hanya muncul pada wanita. Dan semuanya memiliki tingkat resiko kematian tinggi. Seperti pada kasus kanker payudara dan kanker serviks.

Aspek pemicu dan peningkat resiko

Ada banyak aspek yang dapat bekerja meningkatkan resiko kanker. Namun sifatnya secara khusus akan berbeda beda untuk setiap jenis kanker. Karena berbeda jenis kanker akan berkaitan dengan sejumlah aspek pemicu yang juga mungkin berbeda.

Seperti paparan sinar matahari yang dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Atau aspek obesitas yang meningkatkan resiko kanker payudara. Polusi yang tinggi dapat memicu sejumlah jenis kanker. Termasuk pula rokok dan alkohol. Sedang beberapa jenis virus dapat secara spesifik menjadi penyebab kanker seperti kasus Human Papiloma Virus pada kasus kanker serviks, kanker penis, kanker lidah dan kanker tenggorokan.

Gaya hidup sehat sebagaimana dijelaskan beberapa kali diatas juga berpengaruh pada resiko kanker. Ini juga fakta seputar kanker yang perlu digaris bawahi. Tubuh membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup, stress yang terkendali, pola makan yang seimbang dan sehat, aktivitas fisik yang cukup dan lain sebagainya. Bahkan aktivitas luar ruangan di pagi hari yang rutin dalam beberapa menit akan efektif meningkatkan kadar vitamin D tubuh, yang terbukti baik sebagai anti kanker.

Herbal untuk pengobatan kanker

Selama ini banyak pandangan skeptic seputar pemanfaatan herbal untuk pengobatan kanker. Sementara sejumlah uji klinis sudah terus dikembangkan untuk membuktikan bahwa herbal dapat bekerja sebagai terapi kanker.

Meski tentu saja efektivitas dan penerapannya belum sepenuhnya ditelaah lebih jauh. Pemanfaatan herbal untuk kanker sudah menjadi satu lagi fakta seputar kanker yang perlu dipahami. Bahwa herbal akan menjadi pilihan dalam membantu menurunkan resiko kanker dan membantu pengobatan kanker dalam batasan tertentu.