Breaking News

Gigi Palsu Kusam? Cara Membersihkan yang Baik dan Benar

Gigi palsu hampir sama seperti gigi asli yang mana gigi tiruan rentan terhadap karang gigi, plak, maupun noda. Supaya area mulut tetap segar dan gigi palsu tidak kusam maka melakukan pembersihan gigi Setiap hari sangat dianjurkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu dengan menyikat gigi seperti gosok gigi pada umumnya ataupun dengan cara yang lainnya.

Untuk proses membersihkan gigi palsu supaya tidak terlihat kusam cukuplah sederhana yaitu seperti langkah berikut ini:

1. Merendam Gigi Palsu

Pada saat merendam Anda dapat memasukkan tablet pembersih gigi tiruan ke dalam air hangat. Sebaiknya gunakan air yang hangat dan bukan air yang panas karena penggunaan air panas bisa menimbulkan kerusakan di gigi tiruan. Untuk perendaman disesuaikan dengan waktu yang direkomendasikan.

Untuk setiap produk mempunyai aturan yang berbeda. Untuk gigi palsu wajib direndam sepenuhnya di cairan. Selain itu menyikat gigi palsu juga bisa membantu menghilangkan plak. Perendaman pada larutan bisa membantu untuk menghilangkan kotoran lain yang tidak dapat dijangkau bulu di sikat gigi.

2. Menyikat Gigi

Menggunakan sikat gigi yang berbulu halus dapat membersihkan sisa-sisa residu. Ada beberapa pilihan sikat gigi khusus yang bisa digunakan setiap harinya. Anda dapat menggunakan pasta gigi secara khusus dan jangan menggunakan pasta gigi sembarangan, karena setiap pasta gigi memberikan efek abrasif dan hal ini bisa menimbulkan goresan kecil di permukaan gigi palsu.

Jika hal ini terjadi maka bisa menimbulkan bakteri menumpuk. Sikatlah dibagian semua permukaan gigi menggunakan pasta gigi khusus supaya kebersihan gigi lebih terjamin dan tidak terlihat kusam.

3. Pembilasan

Apabila Anda sudah selesai merendam dan mengikatnya maka Anda dapat membilas di bawah air mengalir. Cara ini penting dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya kembali setelah melepasnya. Jika Anda menggunakan gigi tiruan khususnya yang lepasan maka wajib direndam setiap malamnya, karena Anda tidak disarankan untuk menggunakan gigi palsu ketika tidur.

4. Rutin Kontrol

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan supaya gigi palsu Anda tidak terlihat kusam yaitu dengan rutin berkunjung ke dokter gigi. Tujuannya yaitu supaya dokter bisa memantau apakah kebersihan gigi benar-benar terjaga dengan baik atau terdapat penumpukan bakteri.

Semakin banyaknya bakteri yang menumpuk maka hal ini bisa menimbulkan bahaya lainnya seperti memicu penyakit. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa saja ditimbulkan akibat penggunaan gigi palsu yang tidak terawat.

Melakukan perawatan pada gigi palsu bertujuan supaya tetap terjaga kebersihannya. Sehingga Anda tetap bisa tampil cantik dan percaya diri. Berbeda dengan Anda yang tidak merawat gigi palsu dan terlihat kusam tentunya hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. selain itu juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

 

Source : https://alldent.id/gigi-palsu-kusam-cara-membersihkan-yang-baik-dan-benar/