Breaking News

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Setelah Sunat

 

Pembuangan kulit pada bagian luar yang menutupi kepala penis yang umum disebut sunat atau khitan bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik khitan Bandung. Setelah dilakukannya proses sunat tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menunjang proses penyembuhan lebih cepat.

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Sunat

Pasien sunat sudah diperbolehkan untuk pulang setelah prosedur sunat selesai. Selanjutnya akan diberikan jadwal kontrol rutin dari dokter khitan Bandung, agar proses pemulihan pasien bisa dipantau dengan sangat baik.

Proses penyembuhan setelah sunat pada bayi biasanya berlangsung dalam 7 sampai 10 hari. Sedangkan untuk pasien anak-anak dan dewasa pemulihannya membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu.

Selama 3 sampai 4 hari setelah sunat, pasien akan mengalami nyeri juga pembengkakan di sekitar kepala penis dan kepala penis biasanya akan tampak merah atau memar. Itu merupakan keluhan yang normal terjadi. Sehingga untuk membantu dalam proses penyembuhan ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah.

  1. Membersihkan Penis Setiap Hari

Penis harus dibersihkan setiap hari dengan menggunakan air sabun yang lembut sampai sembuh.

  1. Ganti Perban dan Oleskan Krim Antibiotik

Perban harus diganti setiap hari atau bila perban basah. Oleskan krim antibiotik dan petroleum jelly sebelum menggunakan perban yang baru.

  1. Kompres Area yang Nyeri dengan Es Batu

Bagian yang nyeri atau bengkak bisa dikompres dengan es batu yang dibalut dengan handuk. Lakukanlah hal tersebut secara berselang antara dikompres dan diistirahatkan. Selama 20 menit pada 24 jam pertama setelah disunat.

  1. Mengonsumsi Penawar Pereda Nyeri

Minum pereda nyeri yang telah diresepkan oleh dokter khitan Bandung, seperti ibuprofen atau Paracetamol.

  1. Menggunakan Celana yang Longgar

Gunakanlah celana yang longgar minimal 2 sampai 3 hari setelah disunat, agar membantu dalam penyembuhan penis juga menghindari iritasi.

  1. Jangan Beraktivitas yang Berat

Hindari beraktivitas atau berolahraga yang berat juga hindari berhubungan seks selama 4 sampai 6 minggu setelah sunat.

Itulah berbagai hal yang perlu untuk dilakukan dan yang harus dihindari setelah dilakukannya prosedur khitan Bandung. Untuk booking jadwal khitan bisa melalui https://klinikseruni.id/.