Breaking News

Ikan Kuah Pala Banda, Eksotisme Rasa Sop Ikan yang Kaya Rempah dari Maluku

Kuliner tradisional khas Maluku ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku Tengah.  Bukan hanya terkenal dengan keindahan taman lautnya saja, Kepulauan Banda juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera.  Sebagai wilayah penghasil rempah-rempah, kuliner khas Maluku menyajikan cita rasa khas yang kaya rempah.

Selain sebagai penghasil rempah, Maluku juga kaya akan hasil lautnya, sehingga tidak heran jika kuliner di Maluku banyak yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.  Aneka macam olahan ikan dari wilayah ini menawarkan sensasi rasa yang cukup menggoda.

Liburan ke Maluku pun tidak akan lengkap tanpa mencicipi kenikmatan rasa menu ikan yang disajikan.  Salah satunya adalah ikan kuah pala banda yang kelezatannya begitu melegenda.  Menu favorit masyarakat Maluku ini merupakan salah satu ikon kuliner kebanggaan masyarakat Maluku sehingga wajib untuk dicicipi.

Resep asli ikan kuah pala banda yang sedap merupakan peninggalan nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun.  Menu sop ikan ini bahkan sudah sangat terkenal kelezatannya sejak jaman dulu.  Kuliner ini menjadi salah satu hidangan wajib yang disajikan bagi para petinggi tentara Belanda yang datang ke Pulau Banda.

Salah satu keistimewaan ikan kuah pala banda adalah racikan bumbunya yang kaya akan rempah terutama dari bumbu buah pala yang khas.  Sehingga rasa dan aroma dari menu sop ini semakin sedap dan menggugah selera.

Masyarakat Maluku biasanya menyantap ikan kuah banda yang terdiri dari sop ikan dan sambal bekasang bersama nasi dan juga ikan laut bakar.  Sambal bekasang sendiri merupakan olahan ikan cakalang yang telah dihaluskan dan kemudian dibuat menjadi sambal dengan tambahan air perasan jeruk limau.

Kombinasi rasa gurih, pedas, dan asam pada menu ini memang sangat menggoda.  Hidangan berkuah segar ini juga sering disajikan bersama urap daun pepaya dan juga kakap merah bakar sehingga sensasi rasanya semakin juara.

Untuk membuat menu ikan kuah pala banda diperlukan ikan segar dan racikan bumbu yang pas.  Biasanya ikan yang digunakan adalah jenis ikan kerapu atau kakap merah karena memiliki tekstur daging yang cukup lembut.

Ikan yang sudah dipotong dibersihkan dan direndam dengan air asam dan garam selama 15 menit.  Kemudian menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabe merah, kunyit, merica, jahe, lada, dan lengkuas.  Bumbu halus ditumis sampai harum dan ditambahkan kuah santan.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan potongan ikan ke dalam kuah santan bersama sereh, daun jeruk, dan irisan buah pala.  Menu ini dimasak dengan api kecil agar bumbu rempahnya meresap sempurna.  Terakhir ditambahkan lagi dengan kuah santan dan dimasak sampai matang.  Untuk penyajiannya bisa diberi tambahan daun kemangi segar.  Ikan kuah pala banda pun siap disantap bersama sepiring nasi hangat.

Ikan kuah pala banda merupakan masakan rumahan yang banyak dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi.  Tidak heran jika menu ini jarang ditemui di rumah makan yang ada di Maluku.  Meski begitu ada juga beberapa rumah makan yang menyediakan ikan kuah pala banda sehingga kamu bisa menyambanginya untuk mengobati rasa penasaranmu akan kuliner legendaris ini.

Untuk mencicipi keunikan rasa dari ikan kuah pala banda silakan datang ke Rumah Makan Namasawar yang berada di dekat Pelabuhan Naira, di Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Maluku.  Menu khas ini tidak disediakan setiap hari sehingga harus memesannya terlebih dahulu.

Sumber