Breaking News

Informasi Seputar Kehamilan

Info Kehamilan, Tips Ibu Hamil, Menyusui, dan Persalinan | Popmama.com

Kehamilan merupakan fase yang harus dialami seorang wanita yang sudah menikah. Karena bagaimanapun salah satu tujuan dari menikah ini adalah untuk mendapatkan keturunan sebagai penerus estafet keluarga selanjutnya.

Bicara soal kehamilan dalam kesempatan kali ini kami akan coba membahas tentang tanda bayi hamil perempuan dan tips agar proses persalinan berjalan dengan lancar.

Tanda Hamil Bayi Perempuan

  1. Morning sickness yang parah

Wanita yang mengandung anak perempuan akan mengalami morning sicknes yang lebih parah dibandingkan yang mengandung anak laki-laki. Hal ini dikarenakan janin perempuan mempunyai hormon tinggi, sehingga bisa memperparah rasa mual yang dirasa.

 

  1. Level stress lebih tinggi

Ada sebuah penelitian yang menghubungkan antara kadar hormon stress dengan jenis kelamin bayi yang dikandungnya. Alhasil, wanita yang memiliki tingkat stress tinggi akan lebih cenderung melahirkan bayi perempuan. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut yang bisa mendukun teori yang satu ini.

 

  1. Mood yang tak menentu

Banyak orang yang meyakini kalau bawaan hamil bayi perempuan ditandai dengan suasana yang tidak menentu. Hal ini dikarenakan wanita yang mengandung anak perempuan hormon estrogennya lebih tinggi dibandingkan mengandung anak laki-laki. Sedangkan jika mengandung anak laki-laki, sang bunda akan menjadi lebih melankolis alias suka sedih.

 

  1. Jantung bayi berdetak lebih cepat

Katanya janin anak perempuan memiliki detak jantung di atas 140 per menit. Namun, ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan ternyata tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara detak jantung janin perempuan dengan jantung janin laki-laki.

 

  1. Ngidam yang manis-manis

Ngidam yang manis-manis menjadi pertanda kalau bunda mengandung anak perempuan. Jadi, kalau bunda ngidam makanan manis seperti kue, cokelat, dan makanan manis lainnya itu artinya bunda sedang mengandung anak perempuan. Sedangkan jika ngidam makanan yang asin-asin, itu artinya bunda mengandung anak laki-laki.

 

  1. Bentuk perut melebar

Bawaan hamil anak perempuan juga bisa dilihat dari segi fisik, dimana bentuk perut bunda membulat ke kiri dan ke kanan, itu artinya sedang mengandung bayi perempuan. Sedangkan kalau bentuk perut bunda mancung ke depan, artinya mengandung bayi laki-laki.

 

  1. Kulit berminyak serta rambut kusam

Selain bentuk perut yang melebar, wanita yang mengandung bayi perempuan juga akan mengalami perubahan hormon yang berdampak pada kulit lebih berminyak dan rambut yang kusam.

 

Tips Agar Persalinan Berjalan dengan normal

Perlu diketahui bahwa otot-otot dasar panggul dapat membantu menjaga serta mendukung elastisitas organ panggul, yakni rahim, kandung kemih, dan usus. Nah, jika bunda melatih menguatkannya dengan cara kegel, maka akan mengurangi penderitaan pada masa-masa akhir kehamilan seperti kebocoran urin dan wasir. Selain itu, latihan kegel ini juga bisa membantu proses melahirkan supaya persalinan lebih lancar.

Lalu bagaimana cara melakukan kegel ini? Untuk melakukan kegel ini, bunda bisa mencoba menahan kencing saat sedang duduk di toilet atau dimana saja dan kapan saja tanpa mengencangkan otot perut, pantat, atau paha.

Saat bunda telah berhasil memulai dan menghentikan buang air kecil atau merasakan otot vagina mengencang, maka itu artinya bunda menggunakan otot dasar panggul, otot-otot yang selama latihan kegel harus mengendur.

Bunda bisa melakukan kegel ini dengan dua cara, yakni dengan menahan atau dengan cepat mengendurkan otot dasar panggul.