Breaking News

memandikan bayi

Ini Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Memandikan bayi adalah sisi penting dari perawatan bayi. Oleh maka itu, mengerjakannya mesti dengan bagus serta berhati-hati biar sang kecil tak luka, ingat situasinya masih amat kurang kuat. Ibu yang anyar pertamanya kali memandikan bayinya, tentu bakal terasa kesukaran maka dibutuhkan data yang cocok tentang trik memandikan bayi yang benar serta baik.

Berikut cara memandikan bayi baru lahir yang betul yang sebaiknya Bunda pahami:

cermat-memandikan-bayi

  • Persiapkan terlebih dulu busana tukar yang dapat difungsikan sang kecil seusai mandi, setelah itu tatalah sesuai sama barisan penggunaannya.
  • Persiapkan semuanya perabotan mandi bayi seperti sabun, shampo, handuk, waslap, serta air hangat dalam ember. Pakai siku buat meyakinkan temperatur air yang cocok (37-39O C). Lantas, tentukan area yang hangat buat memandikannya.
  • Bukalah busana sang kecil serta balut badannya dengan handuk di pangkuan Bunda.
  • Seka matanya dengan waslap basah secara halus serta berhati-hati. Membersihkan pun seputar paras, telinga sisi luar, dan mulut sang kecil.
  • Sabuni serta cuci sisi leher, dada, ketiak, lengan, jemari, paha, lipatan lutut, kaki, serta ruang kelamin.
  • Buat bersihkan punggung serta bokongnya, Bunda dapat memutar badan sang kecil dengan menyangganya, serta pegang sisi ketiaknya dengan tangan kiri. Sabuni serta cuci badan sisi belakangnya dengan tangan kanan Bunda.
  • Apabila rambutnya penting dibuat bersih, cuci serta sabuni rambut sang kecil secara lembut serta berhati-hati, jangan pernah tentang parasnya. Setelah itu cuci sampai busa shampo raib.
    Seusai busa shampo serta sabun raib, lekas balut badan sang kecil dengan handuk halus lalu keringkan badannya dengan menepuk-nepukkan handuk secara halus serta perlahan-lahan.
  • Baringkan sang kecil di atas skema busananya. Jika perlu, membersihkan tali pusarnya dengan cotton bud yang udah dibasahi alkohol. Setelah itu, poleskan minyak hangat di perut serta punggungnya serta poleskan cream di lipatan-lipatan badannya. Lantas, pakai popok serta busananya satu satu.
  • Waktu memandikan, Bunda mesti melihat sisi-sisi spesifik badan sang kecil yang sukar digapai. Di bayi laki laki, sisi-sisi spesifik yang wajib Bunda cermati serta membersihkan yaitu sisi kulup atau lipatan kulit di kemaluannya. Dorong halus kulup ke, lalu usap kotoran yang melekat dengan kasa basah. Dan di bayi wanita, yang wajib menjadi perhatian yaitu bersihkan kemaluannya dari arah depan ke belakang (dari kemaluan ke anus). Diluar itu, membersihkan pun lubang hidung yang tampak dengan cotton bud serta membersihkan sisi luar telinganya dengan kasa basah.

Sejumlah teknik di atas bisa jadi arahan buat Bunda, terpenting buat yang anyar pertamanya kali mengerjakannya. Mandikan sang kecil dengan benar serta baik dan kerjakan dengan teliti serta berhati-hati.