Breaking News

Ini Dia 9 Makanan Yang Sehat dan Bergizi, Kamu Suka?

 

Penularan COVID-19 dari waktu ke waktu semakin tinggi. Oleh karena itu menjaga imunitas tubuh sangat penting dimasa pandemi COVID-19. Salah satu cara paling baik untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memakan – makanan sehat dan bergizi.

Selain melakukan vaksinasi, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara maksimal. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, kamu bisa terlindungi dari berbagai virus, seperti virus corona atau yang kita kenal sebagai COVID-19. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan sehat dan bergizi guna meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daftar jenis makanan sehat dan bergizi untuk menambah imun:

1.Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik alami yang bisa membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh kamu. Kamu dapat mengonsumsi yoghurt yang ada tulisan kultur hidup dan aktif pada labelnya, seperti yoghurt Yunani. Kultur ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh kamu untuk membantu melawan penyakit.

Pilihlah yoghurt tanpa rasa daripada yoghurt yang diberi rasa dan kaya akan gula. Kamu bisa membuat yoghurt tawar kamu menjadi manis dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

 

2.  Jeruk

Kebanyakan dari kita percaya bahwa nutrition C dapat mengatasi penyakit flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat mengoptimalkan produksi sel darah putih, yang berfungsi untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Buah jeruk yang populer meliputi:

–  Jeruk bali,

– Jeruk keprok,

– Jeruk lemon,

– Jeruk nipis.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan diet C, kamu memerlukan asupan nutrition C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan.

 

3. Paprika

Seperti jeruk, papripa termasuk bahan makanan yang juga kaya akan vitamin C. Paprika merah bahkan mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten yang bermanfaat bagi organ tubuh lainnya. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berguna juga untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Sementara, beta karoten paprika yang diubah tubuh menjadi diet A setelah dikonsumsi, bisa membantu menjaga kesehatan mata.

 

4. Bawang Putih

Selain berfungsi dapat menambah kelezatan makanan, bawang putih juga merupakan makanan anti-virus alami yang bisa memberikan perlindungan dari flu musiman. Selain itu, konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin, juga membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh.

 

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak diet dan mineral. Beberapa di antaranya adalah diet A, vitamin C, dan nutrition E. Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli kamu dapat mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya.

 

6.Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari umumnya dijadikan camilan seperti kuaci. Meskipun bentuknya kecil, ternyata kaya nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan diet B6 dan E. Vitamin E sangat penting dalam memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut juga bekerja sebagai antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas.

Biji bunga matahari juga mengandung selenium yang sangat tinggi. Berbagai penelitian yang kebanyakan dilakukan pada hewan, menemukan bahwa nutrisi tersebut bisa melawan infeksi virus, seperti flu babi (H1N1).

7.Kerang

Kerang mungkin bukan makanan yang terpikirkan oleh kamu ketika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi beberapa jenis kerang mengandung seng. Meskipun tidak setenar diet dan mineral lainnya, seng berperan penting dalam membantu sel kekebalan agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa jenis kerang yang kaya seng, antara lain tiram, kerang, kepiting, dan lobster. Seng juga bisa ditemukan dalam makanan, seperti kacang mete, buncis, dan lain-lain.

8. Bayam

Bayam termasuk jenis sayuran yang kaya akan diet C. Bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi lewat penguatan sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, konsumsi bayam paling sehat adalah dengan cara dimasak sesederhana mungkin sehingga bisa mempertahankan kandungan nutrisinya.

9. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang mengandung nutrition C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Tak hanya itu, pepaya memiliki jumlah kalium, magnesium, dan folat yang baik, sehingga mendapatkan berbagai manfaat untuk Kesehatan.

sumber tulisan Natha.co.id