Breaking News

Jelaskan Struktur Teks Biografi? Berikut Jawabannya

 

Struktur teks biografi – Dalam biografi orang-orang yang diceritakan, biasanya orang-orang yang memiliki dampak positif pada masyarakat dan dunia. Secara umum, orang-orang sukses seperti pendiri Apple Steve Jobs dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Selain itu, ada Bj Habibie, penemu detektor retak, di pesawat, sehingga ia dijuluki Mr Clark, Einstein, pendiri teori relativitas,

Penemu terakhir yang sangat mengejutkan, terutama dengan pikiran gila dan luar biasa sebelumnya, masih mudah, adalah Elon Musk. Elon Musk menemukan PayPal dan banyak lagi.

Padahal, masih banyak lagi tokoh atau penemu yang menginspirasi orang-orang di dunia dengan karya-karya mereka dan buku biografi tentang orang-orang ini, yang banyak beredar dalam karakter buku, tata bahasa, dan karakter online seperti yang dikenal luas saat ini. .

Namun, hanya ada beberapa buku biografi yang menginspirasi pembaca melalui judul, isi, dan alur cerita.

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal

Sementara itu, buku biografi lainnya kurang laku sehingga menyebabkan mereka terlempar dari pasar atau dari penerbit.

Tentu saja demikian karena teks atau buku biografi disajikan secara berbeda. Namun bagi kita semua yang baru belajar memahami seperti apa biografi dan bagaimana sebenarnya struktur teks biografi, berikut penjelasannya:

Definisi Biografi: Apa itu?

Secara etimologis, kata biografi sebenarnya berasal dari dua kata Yunani, yaitu kata “bios” dan “graphien”.

Kata bios berarti “kehidupan”. Dan kata graphien berarti “menulis”.

Itu secara etimologis, dan untuk istilah biografi berarti menulis cerita tentang kehidupan seseorang atau sejarah hidup seseorang.

Selain itu, biografi juga dapat diartikan sebagai cerita/deskripsi perjalanan hidup seseorang dari kisah nyata.

Ada biografi pendek dan panjang, jadi ketika menulis biografi seseorang yang tidak ingin kehabisan energi, cukup menulis biografi singkat yang berisi fakta tentang kehidupan seseorang dan peran penting.

Adapun biografi panjang, hanya berisi penjelasan rinci dan ditulis dengan gaya yang baik. Selain itu, agar teks biografi yang dihasilkan dapat dibaca sampai akhir, perlu digali lebih dalam misterinya.

Karena pada dasarnya siapa di dunia ini yang tidak memiliki rahasia, apalagi golongan orang-orang besar yang terlibat langsung dalam invensi, politik, dll.

Selain itu, jangan salah, hanya orang penting yang disebutkan, orang yang tidak dikenal juga baik-baik saja, misalnya biografi banyak.

Walaupun penjelasan di atas mungkin tampak sederhana, pahamilah bahwa membuat biografi juga membutuhkan bahan dan sumber pendukung seperti buku harian, surat, kliping koran, dll.

Sedangkan bahan pendukung yang biasa digunakan adalah buku referensi, yang menjelaskan tentang peran seseorang dalam sebuah biografi.

Untuk menemukan biografi sebenarnya cukup mudah, karena ciri khas biografi adalah terdiri dari struktur yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu arah, peristiwa atau masalah, dan reposisi.

Sedangkan yang kedua memiliki informasi faktual dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.

Selain itu, ada komponen penting dalam sebuah biografi, tentu saja, judul yang mengandung beberapa karakter yang menarik dan mengesankan untuk memberitahu pembaca bahwa isi biografi mengandung nilai moral atau dapat ditiru.

Oleh karena itu, bagi yang ingin membuat teks biografi atau buku biografi sebaiknya tetap berpegang pada ciri dan komponen biografi itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, perlu diketahui bahwa biografi ada banyak macamnya, menurut posisi penulisnya, biografi terbagi menjadi dua yaitu autobiografi dan biografi itu sendiri.

Seperti yang kita semua tahu, otobiografi ditulis oleh karakter itu sendiri. Sedangkan biografi ditulis oleh orang lain dengan seizin peran yang diceritakan.

Tidak hanya itu, biografi juga ada, jika dibagi menurut isinya dibagi menjadi dua bagian, yaitu biografi tentang perjalanan hidup para tokoh dan biografi tentang kehidupan para tokoh.

Bahkan sangat sedikit biografi yang bertebaran di pasaran dimana terdapat biografi yang membahas isu atau isu seperti biografi politik orang atau orang yang berkecimpung dalam politik atau disebut dengan politisi, biografi jurnalistik dan biografi intelektual dengan menggunakan wawancara, penelitian dll tentunya melalui Use gaya penulisan ilmiah.

Melihat menjamurnya biografi di berbagai buku atau grammar, apalagi sekarang sudah ada berbagai olshop, banyak sekali buku biografi yang dijual.

Pada dasarnya pembuatan biografi sangatlah sederhana karena terdapat struktur yang menjadi pedoman atau langkah-langkah bagi penulisnya.

Struktur Teks Biografi

Selain membuat produksi biografi tidak melelahkan atau melelahkan, ada juga cara untuk meniru biografi.

Yang lain berpikir bahwa penulis biografi harus memiliki karakteristiknya sendiri,

Namun, penulis tetap berpegang teguh pada struktur umum yang melandasi watak atau watak penulisnya. Struktur teks biografi adalah:

  1. Orientasi

Struktur teks biografi pada bagian ini mengacu pada struktur yang berisi pengenalan karakter dan deskripsi awal orang yang diceritakan.

  1. Insiden atau masalah

Selanjutnya, bagian struktur teks biografi ini memuat berbagai persoalan yang dihadapi oleh para tokoh, yang berisi hal-hal yang menarik, mengesankan, menakjubkan dan menyentuh tentang para tokoh. Bagian ini juga dikenal sebagai bagian inti dari biografi.

  1. Reposisi

Sedangkan bagian repositioning merupakan bagian akhir dari biografi dan sering kali memuat referensi tokoh. Seringkali berisi kata-kata yang memotivasi kita untuk tidak mudah menyerah dan meniru kisah hidup seorang tokoh.

Demikian informasi tentang penafsiran struktur teks biografi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan memudahkan sahabat untuk membuat teks biografi, seperti penulis yang sedang menjadi trend di masyarakat pada era sekarang ini.

Lihat berapa banyak penulis yang membuat nama mereka hanya dari permainan pena. Bahkan dia akan selalu dikenang. Jadi mari menulis, mari tingkatkan semangat literasi. Salam berbagi teman.