Breaking News

Kebutuhan Tas Sekolah Anak Jepang dan Berbagai Fungsinya

main image

Tas sekolah merupakan hal yang sangat lumrah dimiliki para siswa. Pasalnya, tas sekolah ini merupakan alat bantu untuk membawa semua buku dan alat tulis yang akan di bawa ke sekolah. Banyak siswa di Indonesia yang setiap tahunnya berkeinginan untuk membeli tas sekolah karena banyak kemungkinan, seperti sudah rusaknya tas yang lama, sudah berganti trend tas sekolah di pasaran dan masih banyak alasan lainnya. Namun, bagaimanakah dengan keperluan tas sekolah di negara lain seperti Jepang? Kita akan bahas pada artikel ini mengenai tas sekolah siswa Jepang yang hamper semua bahkan seluruh siswa nya memiliki tas yang berbentuk mirip.

Tas sekolah siswa Jepang biasa disebut sebaga randoseru (yang ditulis menggunakan huruf katakana) dan memiliki arti ransel. Namun, ytahukah anda, bahwa tas yang terlihat simple ini memiliki harga yang sangat fantastis. Tas sekolah ini dibandrol dengan harga mulai dari kisaran 30.000 yen atau setara dengan Rp 4 juta, atau yang lebih fantastisnya lagi adalah 100.000 yen atau sekitar Rp 13 juta. Sangat mahal untuk seukuran harga tas sekolah, bukan. Bahkan masih ada tas setara dengan harga Rp 17 juta. 

Namun, bukan berarti tas sekolah ini hanya memiliki harga yang mahal. Ada harga sudah barang pasti aka nada kualitas. Tas sekolah siswa Jepang ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan tas yang biasa dipakai. Apa saja kah keunggulan tas mahal tersebut?

Ternyata, Randoseru ini biasa digunakan oleh siswa sekolah dasar dan sudah menjadi barang yang tidak bisa dipisahkan bagi anak-anak sekolah dasar di Jepang karena kualitas dan juga fungsinya. Tas Sekolah untuk anak SD ini memiliki berat lebih dari 1kg. konon katanya, pada zaman dahulu kala tas ini menggunakan kulit dari kulit binatang. Namun, seiring berjalannya waktu, tas sekolah ini sudah banyak juga yang menggunakan kulit sintetis. Selain bahannya yang istimewa, tas ini pun memiliki fungsi keselamatan yang didesain khusus untuk anak sekolah SD di Jepang.

Tas punggung atau tas sekolah ini juga memiliki fungsi sebagai bantalan Ketika sang anak terjatuh ataupun terjengkang. Jadi, posisi jatuh sang anak tidak akan membahayakan kepalanya. Selain itu, tas ini juga bisa anak sekolah digunakan sebagai pelampung ketika banjir terjadi. selain itu juga, karena Jepang terkenal dengan negara yang sering dilanda gempa, maka tas sekolah ini didesain juga untuk melindungi kepala saat terjadi keruntuhan bangunan Ketika gempa terjadi. Sangat fungsional bukan?. Bukan hanya harga nya saja yang mahal, namun fungsi nya juga sudah pasti bisa dimanfaatkan.

Menariknya lagi, tas yang biasa disebut sebagai randoseru ini didesain untuk tahan dan  bisa digunakan setiap hari Ketika sekolah dan bisa digunakan juga selama enam tahun masa sekolah dasar. Beberapa produsen tas sekolah ini bahkan menawarkan garansi dan juga layanan perbaikan gratis atau servis gratis jika terjadi kerusakan pada tas sekolah dalam kurun waktu enam tahun. Jadi, tidak sama dengan di negara kita yang biasanya anak sekolah berganti tas tiapp tahun ajaran baru dimulai, jika di Jepang, anda hanya perlu membeli tas satu kali yang bisa anda gunakan selama 6 tahun meskipun harga nya sangat fantastis.

Tidak sampai disitu, keunggulan lainnya adalah tas ini di desain untuk tahan air karena anak-anak sekolah di Jepang berangkat ke sekolah dengan berjalan. Sangat fungsional kan, teman- teman?.