Breaking News

Macam-macam Isi Seserahan Pernikahan Untuk Wanita

Seserahan pernikahan wajib disiapkan seorang laki-laki sebelum melakukan resepsi lamaran. Dalam sebuah lamaran terdapat berbagai macam isi seserahan pernikahan untuk wanita. Seserahan pernikahan biasanya diberikan sebagai simbol pertanggungjawaban seorang pria.

Macam-macam Isi Seserahan Pernikahan Untuk Wanita

6 Jenis Hadiah Seserahan Yang Wajar Diberikan Untuk Wanita

Ada juga yang menyebut bahwa simbol dari seserahan pernikahan dapat mempererat tali persaudaraan antar kedua anggota keluarga. Berikut ini merupakan berbagai macam isi seserahan untuk wanita yang perlu Anda ketahui:

1. Seperangkat Alat Sholat

Macam isi seserahan untuk wanita seperti seperangkat alat sholat merupakan hal yang wajib ada bagi umat islam. Seperangkat alat sholat juga dapat menjadi simbol pernikahan yang selalu berpegang teguh pada unsur agama.

Isi seserahan untuk pernikahan alat sholat ini antara lain sajadah, mukena, tasbih dan yang pastinya harus ada Al-Quran sebagai kitab suci umat islam. Bagi Anda yang beragama non muslim bisa berkreasi dengan memberikan kitab sebagai mahar.

2. Peralatan Kosmetik

Seserahan yang perlu Anda siapkan selanjutnya adalah peralatan kosmetik. Selain melengkapi perlengkapan seserahan pernikahan, peralatan kosmetik sangat disukai oleh calon pengantin wanita.

Tentunya dalam isi seserahan untuk pernikahan tersebut mengandung doa dan harapan demi kebaikan di masa depan. Perawatan kosmetik yang dimaksud dapat berupa bedak, lipstik, fundacion, mascara, pensil alis dan lain sebagainya.

3. Perhiasan

Macam isi seserahan untuk wanita selanjutnya yang perlu Anda siapkan adalah perhiasan. Perhiasan ini dapat menjadi simbol kemampuan seorang calon suami dalam menafkahi istrinya kelak setelah menikah.

Seserahan pernikahan perhiasan ini dapat berupa anting, cincin, gelang dan kalung. Namun jumlah seserahan pernikahan untuk wanita berupa perhiasan ini bisa disesuaikan dengan budget seseorang. 

Baiknya seserahan itu tidak merendahkan wanita karena nominalnya dan tidak mempersulit pria karena harganya. Jadi bagi Anda yang mau memberikan hadiah perhiasan bisa mengukur kemampuan dulu.

4. Setelan Pakaian

Terdapat beberapa setelan pakaian yang dapat Anda jadikan sebagai isi dari seserahan pernikahan untuk seorang wanita. Dalam adat jawa setelan pakaian yang dijadikan seserahan berupa kain jarik dan baju kebaya.

5. Daun Sirih

Daun sirih dapat Anda siapkan dalam seserahan pernikahan. Walaupun daun sirih ini tidak menjadi kebutuhan utama seorang wanita, namun daun sirih memiliki makna keselamatan serta kebahagiaan calon pasangan suami istri.

6. Tas Dan Sepatu

Tas adalah barang yang identik dengan seorang wanita, maka tidak heran jika tas dapat dijadikan isi untuk seserahan pernikahan. Biasanya tas wajib ada karena memiliki fungsi untuk menempatkan barang ketika bepergian.

Ada sepatu yang dapat Anda siapkan sebagai isi seserahan pernikahan selain tas. Hal tersebut karena sepatu tidak kalah berguna. Terpenting, setiap keputusan dari berbagai isi seserahan bisa didiskusikan dengan kedua belah pihak keluarga. Jadi bisa sesuai harapan mempelai.