Breaking News

Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan

 

 

Khasiat kelapa telah lama dikenal oleh dunia. Hampir semua bagian tanaman yang tumbuh di negara tropis ini tersedia.

Mulai dari akar, batang, daun hingga buah, baik kelapa muda maupun tua. Berbicara tentang manfaat kelapa, semua bagian buahnya bisa dimakan dan diolah.

Menyegarkan seperti air kelapa, bisa diminum langsung pada ampasnya.

Daging kelapa muda sering dinikmati langsung dengan air kelapa, namun seringkali diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Daging kelapa tua biasanya diolah menjadi santan.

Lantas, apa saja manfaat buah kelapa? Lihat petunjuk lebih lanjut di bawah ini.

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Selain enak dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, daging kelapa terbukti memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan kecantikan yang sangat baik, lho.

Padahal, banyak penelitian yang dilakukan terhadap buah kelapa menunjukkan hasil yang positif, seperti tujuh manfaat kelapa berikut ini.

1. Bergizi

Buah kelapa tidak luput dari banyak nutrisi di dalamnya. Tidak seperti kebanyakan buah berkarbohidrat tinggi lainnya, kelapa sebagian besar terdiri dari lemak.

Kelapa juga mengandung protein, beberapa mineral penting, dan sejumlah kecil vitamin B, tetapi mereka bukan sumber utama sebagian besar vitamin lainnya.

Mineral dalam kelapa memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita. Salah satunya adalah mangan, yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol.

Buah kelapa juga kaya akan mineral tembaga dan zat besi, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan selenium merupakan antioksidan penting yang berperan penting dalam melindungi sel manusia.

Sebagai ilustrasi, berikut adalah daftar nutrisi untuk 1 cangkir atau 80 gram daging kelapa mentah berdasarkan data Departemen Pertanian AS (USDA).

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 g
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Kebutuhan Nutrisi (AKG)
  • Selenium: 15% dari RDA
  • Tembaga: 44% dari RDA
  • Fosfor: 13% dari RDA
  • Kalium: 6% dari RDA
  • Besi: 11% dari RDA
  • Seng: 10% dari RDA

Sebagian besar lemak dalam kelapa berbentuk trigliserida rantai menengah (MCT). MCT dimetabolisme dalam tubuh secara berbeda dari jenis lemak lainnya, yaitu diserap langsung dari usus kecil dan dengan cepat digunakan sebagai sumber energi.

Sebuah studi yang diterbitkan di MDPI tentang manfaat MCT pada orang gemuk menemukan bahwa lemak ini dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh ketika dikonsumsi sebagai pengganti lemak jenuh rantai panjang dalam makanan hewani.

Selain itu, daging kelapa kaya akan beberapa mineral penting, terutama mangan dan tembaga. Mangan mendukung fungsi enzim dan metabolisme lemak, sementara tembaga berkontribusi pada pembentukan tulang dan kesehatan jantung.

2. Jaga kesehatan jantung Anda

Manfaat kelapa selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung, terutama ekstrak minyak kelapa. Beberapa penelitian telah menunjukkan hal ini, salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan di BMJ Open.

Penelitian tersebut melibatkan 91 orang yang diminta mengonsumsi 50ml minyak antara minyak zaitun, minyak kelapa atau mentega tawar.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi minyak kelapa mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darahnya.

Journal of Nutrition and Metabolism melakukan penelitian lain selama periode delapan minggu.

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi 200 gram bubur santan memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi bubur susu kedelai.

Secara keseluruhan, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kelapa memiliki efek menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Studi lain terhadap 1.837 wanita Filipina oleh Nutrition Review menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak minyak kelapa tidak hanya memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi, tetapi juga kadar kolesterol dan trigliserida (LDL) yang lebih tinggi.

3. Kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas

Manfaat lain dari kelapa adalah kaya akan antioksidan. Daging kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Senyawa fenolik utama hadir dalam daging kelapa seperti yang diidentifikasi oleh International Journal of Food Characterization termasuk asam galat, asam caffeic, asam salisilat dan asam p-coumaric.

Uji laboratorium pada daging kelapa menunjukkan bahwa buah ini memiliki aktivitas antioksidan dan penangkal radikal bebas.

Polifenol yang ditemukan dalam kelapa dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), sehingga mengurangi kemungkinan menyebabkan plak di arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian tabung dan hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan kemoterapi.

4. Bermanfaat untuk diet dan membantu penurunan berat badan

Mengontrol berat badan adalah manfaat buah kelapa lain yang bisa Anda dapatkan.

Makan minyak kelapa murni, yang berasal dari daging kelapa, diketahui dapat mengurangi lemak perut, menurut hasil penelitian para peneliti di University of Quebec di Montreal.

Minyak kelapa diklaim bermanfaat untuk diet, karena salah satunya mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). MCT dalam buah ini dapat meningkatkan rasa kenyang, membakar kalori, dan membakar lemak, yang semuanya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan serat daging kelapa yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu mencegah makan berlebihan.

ISRN Farmakologi melakukan penelitian pada 20 orang Malaysia yang obesitas. Ditemukan bahwa peserta pria kehilangan lingkar pinggang rata-rata sekitar 3 cm setelah mengonsumsi 30 ml minyak kelapa murni setiap hari selama 4 minggu.

Sayangnya, tidak ada penurunan signifikan pada peserta perempuan.

Namun, dalam penelitian lain sebelumnya pada tahun 2009, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 30ml minyak kelapa olahan setiap hari selama 12 minggu kehilangan rata-rata lingkar pinggang 1,4 cm dibandingkan sebelumnya.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine menunjukkan manfaat kelapa untuk menurunkan berat badan.

Peserta yang melengkapi diet standar mereka dengan mengonsumsi 100 gram kelapa segar setiap hari selama 90 hari menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan makan kacang atau minyak kacang dalam jumlah yang sama.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kelapa untuk mengatasi sembelit dapat dimungkinkan karena kelapa kaya akan serat. Ini membantu melancarkan buang air besar dan menjaga usus dan sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Karena buah ini juga tinggi lemak, manfaat lain dari kelapa adalah membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu, MCT dalam daging kelapa telah terbukti mempertahankan bakteri menguntungkan di usus, yang melindungi sistem pencernaan dari kondisi seperti peradangan dan sindrom metabolik.

Terlebih lagi, minyak kelapa dapat mengurangi pertumbuhan jamur berbahaya, seperti Candida albicans, yang dapat menyebabkan infeksi serius.

6. Membantu menjaga kadar gula darah

Kelapa rendah karbohidrat serta tinggi serat dan lemak, sehingga salah satu manfaat kelapa adalah dapat membantu menstabilkan gula darah.

Sebuah studi interaksi kimia-biologis pada tikus menemukan bahwa kelapa memiliki efek anti-diabetes, mungkin karena kandungan argininnya.

Arginine adalah asam amino yang penting untuk fungsi sel pankreas, organ yang melepaskan hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Tikus diabetes diberi makan protein yang terbuat dari daging kelapa. Hasilnya secara signifikan meningkatkan gula darah, kadar insulin dan penanda metabolisme glukosa lainnya dibandingkan dengan tikus yang tidak makan protein kelapa.

Selain itu, sel beta di pankreas mulai memproduksi lebih banyak insulin, hormon yang membantu mengatur gula darah. Para peneliti menduga bahwa peningkatan fungsi sel beta juga disebabkan oleh tingginya jumlah arginin dalam kelapa.

7. Membantu pembentukan ASI

Wanita hamil dan menyusui juga bisa merasakan manfaat kelapa yang luar biasa. Manfaat kelapa untuk ibu hamil adalah dapat membantu produksi ASI.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, jika Anda rajin mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama kehamilan, kandungan nutrisi dalam ASI untuk bayi Anda akan lebih melimpah.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu pembentukan ASI selama kehamilan dan menyusui.

8. Membantu mengatasi stres

Minyak kelapa, atau virgin coconut oil (VCO), telah dikonsumsi di seluruh dunia karena berbagai manfaat kesehatannya. Beberapa manfaat buah kelapa yang diekstrak ke dalam minyak ini telah dievaluasi secara ilmiah.

Asam lemak rantai menengah diketahui memiliki potensi sifat antidepresan. Namun, efek ini belum dievaluasi dalam minyak kelapa yang kaya polifenol dan asam lemak rantai menengah.

Experimental and Therapeutic Medicine melakukan penelitian untuk menguji efek anti-stres dan antioksidan VCO in vivo menggunakan tikus yang diinduksi hormon stres.

Mereka kemudian dinilai menggunakan tes berenang dan menahan dingin yang ekstrem. Hasilnya, VCO mampu mengembalikan stres pada tikus setelah berenang.

Selain itu, tikus yang diobati dengan VCO ditemukan menunjukkan tingkat antioksidan otak yang lebih tinggi. Kadar kolesterol serum, trigliserida, glukosa, dan kortikosteron juga lebih rendah pada tikus yang diberi VCO.

Hasil ini menunjukkan nilai potensial VCO sebagai minyak fungsional anti-stres.

9. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain dari kelapa adalah menjaga kulit tetap terhidrasi. Menerapkan ekstrak minyak kelapa murni atau VCO ke kulit bersifat protektif dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Menurut studi toksikologi makanan dan kimia, minyak kelapa murni dapat mengurangi efek inflamasi dari sinar UVB.

Hasil ini menunjukkan bahwa CCE memiliki efek anti-inflamasi pada peradangan akibat radiasi UVB. Selain itu, kelompok peserta yang menggunakan VCO menunjukkan peningkatan kadar kolagen dan hyaluronan synthase 3.

10. Kaya nutrisi lengkap

Tidak seperti banyak buah lain yang tinggi karbohidrat, kelapa menyediakan sebagian besar lemak. Mereka juga mengandung protein, beberapa mineral penting, dan sejumlah kecil vitamin B. Namun, mereka bukan sumber yang signifikan dari sebagian besar vitamin lainnya.

Memperkenalkan Healthline, mineral dalam kelapa terlibat dalam banyak fungsi tubuh. Kelapa kaya akan mangan, yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein dan kolesterol

Mereka juga kaya akan tembaga dan besi, yang membantu membentuk sel darah merah, dan selenium, antioksidan penting yang melindungi sel.

Meskipun kita sudah mengetahui banyak sekali manfaat kelapa, termasuk minyak kelapa, bukan berarti bisa dikonsumsi secara berlebihan.

Sebagian besar lemak dalam kelapa berbentuk trigliserida rantai menengah (MCT). Tubuh memetabolisme MCT secara berbeda dari jenis lemak lainnya, menyerapnya langsung dari usus kecil dan dengan cepat menggunakannya untuk energi.

11. Menjaga Kesehatan Mulut

Secara historis, manfaat kelapa telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional. Manfaat kelapa antara lain:

  • jauhi beberapa racun
  • mencegah penyakit
  • Meringankan peradangan
  • membunuh bakteri

Memperkenalkan WebMD, daging kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (MCFA) dalam jumlah tinggi, sejenis lemak jenuh yang lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada lemak hewani.

Kandungan MCFA dalam daging kelapa dapat memberikan kesehatan mulut yang lebih baik. MCFA yang ditemukan dalam daging kelapa juga mengandung sifat antibakteri. Ini dapat digunakan untuk mencegah infeksi terkait saluran akar dan masalah gigi lainnya.

Meskipun makan daging kelapa bukanlah pengganti kebersihan gigi yang tepat, ini dapat membantu membunuh beberapa jenis bakteri berbahaya di mulut Anda dan melindungi gusi dan gigi Anda dari infeksi atau gigi berlubang.

Minyak kelapa mengandung lebih dari 80 persen lemak jenuh, yang oleh beberapa ahli dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

Ini termasuk memberi Anda antioksidan penangkal penyakit, meningkatkan regulasi gula darah, dan mengurangi faktor risiko tertentu untuk penyakit jantung.

Pedoman Diet 2015-2020 untuk Orang Amerika merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen kalori harian. Ini berarti bahwa seseorang yang makan diet 2.000 kalori per hari kemungkinan akan mengkonsumsi tidak lebih dari 20 gram lemak jenuh per hari.

Namun, kelapa sangat tinggi lemak dan kalori, jadi jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau perlu mengikuti diet rendah lemak, perhatikan ukuran porsinya.

Itu dia, berbagai manfaat kelapa bisa diketahui. Semoga berhasil!

Sumber : Beritrust.com