Breaking News

Mau tahu alat pemadam kebakaran untuk rumah APAR?

Pengertian APAR adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. Mau tahu lebih lanjut tentang fungsinya juga? teruskan membaca ya.

Adanya api dalam kehidupan sehari-hari memang sangat berguna. Dalam kehidupan sehari-hari, api umumnya dipakai untuk memasak, membakar sesuatu, mengelas, dan lain sebagainya. cek website jual alat pemadam kebakaran ringan https://www.royalapar.com/alat-pemadam-kebakaran/

Namun api yang memiliki peran cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari tersebut juga mempunyai potensi untuk menimbulkan bencana jika ada suatu kesalahan dalam penggunaannya. Banyak kasus kebakaran telah terjadi yang banyak menimpa pemukiman penduduk, tempat produksi, ataupun di tempat umum.

Kenapa APAR diperlukan di rumah dan kantor?

Faktor penyebab adanya kebakaran tersebut bisa beragam, mulai dari konsleting arus listrik, kelalaian saat memasak, ataupun penggunaan api yang sangat dekat dengan benda-benda yang mudah terbakar. Namun hal tersebut bisa dicegah dengan memanfaatkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Penempatan tabung APAR atau yang juga biasa disebut fire protection tersebut bisa di berbagai lokasi seperti di tempat umum, kendaraan umum, rumah produksi, ataupun rumah pribadi. Fungsi dari APAR tersebut ialah untuk memadamkan api kecil atau ringan, dengan memanfaatkan APAR maka kebakaran besar dapat dihindari.

Dengan demikian adanya APAR tersebut bisa dikatakan cukup penting guna meminimalisir risiko bencana yang lebih besar yang bisa saja terjadi. Biasanya APAR diperuntukan kebakaran ringan dan bukan untuk digunakan pada kebakaran besar yang bahkan cenderung sudah tidak terkontrol.

APAR adalah

Pengertian APAR adalah alat pemadam api ringan dengan bentuk tabung yang memiliki ukuran yang berbeda-beda namun tetap berukuran relatif kecil. Hal tersebut tentu saja sesuai dengan kegunaan APAR itu sendiri sebagai pemadam api dengan skala yang kecil.

refill apar

Kapasitas dari tabung APAR tersebut biasanya mulai dari satu sampai dengan sembilan Kilogram. Dan isi dari APAR tersebut merupakan suatu media yang berguna untuk memadamkan api dengan jenis yang cukup variatif. Adanya beragam jenis media yang digunakan dalam pembuatan APAR dimaksudkan untuk menyesuaikan kebutuhan.

Sebab kebakaran yang bisa saja terjadi dapat disebabkan dengan berbagai hal seperti berasal dari zat padat, cair, gas, ataupun logam yang dengan demikian diperlukan APAR yang sesuai dengan kebutuhan agar kebakaran yang terjadi bisa segera dipadamkan dengan cara yang paling cepat dan efektif.

4 Jenis APAR yang perlu diketahui

Berdasarkan Bahan pemadam api yang digunakan, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat digolongkan menjadi beberapa Jenis. Di antaranya terdapat 4 jenis APAR yang paling umum digunakan, antara lain :

1. Alat Pemadam Api (APAR) Air / Water

Jenis air (water) merupakan APAR yang berisikan media air dengan tekanan yang tinggi. Di antara beberapa jenis APAR yang lain, APAR jenis ini memiliki keunggulan bahwa harganya relatif rendah dan cocok guna mengendalikan kebakaran kecil yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti karet, kertas, plastik, dsb. Namun APAR jenis ini kurang cocok untuk kebakaran dengan sebab adanya korsleting listrik.

2. Alat Pemadam Api (APAR) Busa / Foam (AFFF)

Apar 1 kg 115 rbu

Bahan kimia yang bisa menciptakan busa yang cukup berlimpah digunakan sebagai media pada APAR jenis ini. Busa AFFF (Aqueous F ilm Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. Kegunaan APAR jenis ini lebih cocok diaplikasikan pada kebakaran skala kecil dengan penyebab kebakaran pada benda padat non-logam antara lain seperti karet, kertas, kain, dan lain-lain. Also read Octosniff. Atau bisa juga diaplikasikan pada kebakaran dengan sebab kebakaran dari benda cair yang rentan terbakar seperti alkohol, minyak, solvent, dll.

3. Alat Pemadam Api (APAR) Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder

Media yang digunakan dalam APAR jenis ini antara lain ialah serbuk kimia atau dry chemical powder fire extinguisher. Bubuk kimia tersebut yakni suatu kombinasi yang dihasilkan dari pencampuran Mono-amonium dan ammonium sulphate. Also read Warzone Rat. Cara kerja dari APAR jensi ini yakni dengan mengeluarkan serbuk kimia kering yang kemudian bubuk kimia tersebut bisa menyelimuti bahan yang terbakar dan dengan demikian bisa memisahkan oksigen dengan api yang tidak lain adalah unsur yang bisa meneyebabkan terjadinya kebakaran. APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C.

Umumnya, APAR jenis dry chemical powder ini lebih tepat digunakan pada mobil, sebab jika digunakan dalam industri maka akan mengotori dan merusak alat-alat produksi yang terdapat di sekitar sumber kebakaran.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Karbon Dioksida / Carbon Dioxide (CO2)

APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.  APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).

Setelah mengetahui pengertian APAR beserta fungsi dan jenisnya, para pembaca diharapkan lebih mampu untuk memahami betapa pentingnya APAR untuk meminimalisir risiko kebakaran yang bisa saja terjadi. Also read Revenge Rat. Maka selalu sediakan APAR di tempat yang berpotensi terdapat kebakaran agar bencana kebakaran tersebut bisa dihindari.