Breaking News

Memelihara Ikan Mas Ranchu yang Menakjubkan

Ranchu adalah spesies ikan mas yang populer karena penampilannya unik dan mirip dengan anak anjing kecil. Ranchus bisa sangat ramah, dan beberapa orang benar-benar dapat menepuk ranchu mereka atau bahkan melatih mereka untuk melakukan trik kecil. Ikan mas ranchu dibiakkan dari berbagai jenis ikan mas koki kepala singa.

Ikan Mas Ranchu memiliki tubuh yang gemuk dan berbentuk telur, dan ketika sudah dewasa, mungkin terlihat sangat aneh, tetapi inilah daya tarik bagi para penggemar ikan mas. Ranchu juga memiliki pertumbuhan kepala sangat indah yang dihargai oleh peternak ikan mas.

Ukuran dan Kondisi Tangki

Seperti semua ikan mas, mereka membutuhkan tangki berukuran layak, dan faktor terpenting saat memilih tangki adalah luas permukaan air. Ini memastikan oksigen yang cukup untuk ikan Anda. Saat memilih tangki, tangki persegi panjang lebih disukai daripada tangki tinggi.

Ikan mas ranchu adalah perenang yang sangat lambat karena bentuk tubuhnya, ia tidak dapat mengatasi arus yang kuat. Pastikan Anda memiliki filter baik yang tidak terlalu kuat, atau arahkan ke batu atau tanaman untuk mengurangi kekuatan arus.

Pakan Ranchu

Hal terbaik untuk memberi makan ranchu Anda adalah semua jenis pelet tenggelam. Juga bermanfaat untuk memasukkan makanan nabati yang mudah dicerna seperti duckweed, ganggang, dan bibit gandum untuk membantu pencernaan.

Untuk suguhan, ranchu menikmati jeruk, mandarin, makanan hidup, cacing, dan udang. Saat ini saya menggunakan ranchu food yang diformulasikan secara khusus yang dibuat oleh makanan ikan Hikari untuk menghasilkan ranchu yang kuat, penuh warna, dan sehat.

Ingatlah bahwa aturan normal berlaku saat memberi makan ikan mas Anda, tergantung pada suhu. Pada suhu di atas 20°C, sistem pencernaan ikan mas bekerja secara optimal. Pada suhu dingin, mereka akan mengalami kesulitan mencerna, dan jika mereka makan terlalu banyak karena makan berlebihan, mereka bisa kembung dan bahkan berjuang untuk mencerna makanan sepenuhnya dan mati. Jadi berhati-hatilah saat memberi makan ranchu Anda.

Masalah umum

Ini adalah dua masalah yang paling sering saya temui dengan ranchu.

·         Berenang kandung kemih

Masalah ranchu paling umum yang pernah saya lihat adalah kantung renang, di mana ranchu akan menelan terlalu banyak oksigen dan terus mengambang ke atas tangki dan akhirnya terbalik. Kondisi ini dapat dihindari dengan memberi makan pelet ranchu sinking Anda, sehingga mereka tidak harus naik ke permukaan air untuk mendapatkan makanan. Memberi makan ranchu Anda dengan makanan yang mudah dicerna seperti duckweed dan tanaman juga dapat membantu meringankan masalah kantung renang.

·         Menelan Kerikil

Masalah lain yang saya lihat adalah ranchu Anda mungkin menyedot kerikil dan sering kali secara tidak sengaja menelannya. Jadi sangat penting untuk memastikan kerikil di tangki Anda cukup kecil untuk melewati tubuh ranchu. Pasir bisa menjadi alternatif yang bagus untuk kerikil dan dapat memberikan tampilan pantai yang bagus pada tangki ikan Anda.

Apakah Ranchu Anda Trah?

Cara mengetahui apakah ranchu Anda adalah ras murni: Salah satu cara sederhana adalah dengan melihat lekukan dari atas kepala hingga ekor. Jika kurvanya bagus dan mulus, kemungkinan besar Anda memiliki anjing ras murni. Jika ada beberapa gumpalan atau tonjolan yang lebih tinggi, Anda mungkin memiliki ranchu kawin silang yang belum sepenuhnya dibiakkan dari fitur spesies ikan mas lainnya.