Breaking News

memilih jam tangan yang cocok sesuai dengan kriteria anda

Cara memilih jam tangan pria mungkin terlihat sepele, tapi memilih jam tangan yang tepat bagi pria mampu meningkatan penampilan, lho. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih jam tangan bagi pria. Salah satu cara memilih jam tangan pria seperti dengan memahami karakter dari pribadi si pemakai.Sebab, cara memilih jam tangan pria dengan melihat dari karakter diri bisa meningkatkan penampilan secara tidak langsung. Selain itu cara memilih jam tangan pria yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jenis dari tali jam yang digunakan. Tali jam tersebut akan memengaruhi kenyamanan jam ketika digunakan.Maka dari itu, agar tidak melakukan cara memilih jam tangan pria yang salah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai bagaimana cara memilih jam tangan pria yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari,

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Cara memilih jam tangan pria yang pertama dimulai dari hal yang paling dasar, yaitu dengan memahami kebutuhan penggunaan jam. Apabila Anda merupakan sosok pria yang gemar beraktivitas berat baik olahraga dan kegiatan outdoor, maka Anda bisa membeli jam dengan tipe sporty yang biasanya terbuat dari rubber dan tahan banting.

Beda halnya dengan Anda yang memang butuh jam sebagai aksesoris pelengkap ketika akan menghadiri acara khusus, tentunya tipe jam yang cocok adalah jam dengan tipe kasual.

2. Cermati Materialnya

Lalu, apabila sudah mengetahui apa kebutuhan penggunaan jam, maka selanjutnya Anda bisa mulai mencari jam di toko. Hal pertama ketika memilih jam di toko, yaitu cermati bahan atau material yang digunakan jam tersebut.Hingga saat ini jenis jam dari rubber dan stainless steel masih laris di pasaran, sebab memiliki daya tahan bahan yang sangat baik. Tapi jangan lupa untuk memastikan jika jam tangan yang dibeli memiliki bahan yang padat dan berat, sehingga memberi kesan build quality baik.

Apabila memilih jam dengan bahan stainless steel, pastikan yang menggunakan jenis 316L. Jenis steel tersebut merupakan jenis stainless steel yang umum di pasaran. Akan tetapi pada beberapa jenis jam tangan mewah menggunakan steel yang lebih baik lagi yaitu stainless steel jenis 904L.

3. Pastikan Sesuai dengan Ukuran Pergelangan Tangan

Menyesuaikan lingkar jam tangan sesuai dengan pergelangan sangat penting, tentunya sobat777 agar jam dapat fit dengan pergelangan dan tidak longgar atau justru terlalu kecil sehingga tidak nyaman dipakai.

4. Sesuaikan Lebar Tali Jam

Apabila lingkar tali jam sudah sesuai dengan pergelangan tangan, maka selanjutnya sesuaikan juga lebar tali jam yang akan dipilih. Pastikan ukuran tali memiliki lebar yang sepadan dengan ‘kepala’ arloji, tentu agar terlihat lebih estetis.

5. Cermati Bahan Tali

Jika sudah menentukan lebar tali yang sesuai, pastikan juga bahan dari tali jam tepat untuk Anda gunakan. Maksudnya, karena ada banyak sekali bahan tali jam tangan, seperti kulit, rantai stainless steel, rubber, dan rantai titanium, Anda perlu memastikan jika tali jam tersebut mampu membuat Anda nyaman ketika menggunakan jam tersebut.

6. Tebal Jam Tangan

Tebal tipisnya sebuah jam akan memengaruhi bentuk dari tangan Anda. Pastikan ketebalan jam seimbang dan terlihat cocok dengan tangan Anda ketika digunakan.

7. Sesuaikan dengan Kulit Tangan

Cara memilih jam tangan pria selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan warna kulit. Pastikan jika jam yang digunakan dapat menunjang warna kulit Anda. Selain itu, warna dari jam yang tepat bisa membantu Anda menonjolkan kecantikan jam yang Anda miliki.

8. Perhatikan Build Quality

Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab membeli jam bisa dianggap sebagai investasi yang cukup tepat bagi beberapa orang. Tentunya Anda tidak ingin membeli jam dengan harga yang selangit namun kualitas pembuatannya kurang baik. Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari sela-sela sambungan rantai apabila ingin memilih jam dari bahan stainless steel.jika Anda ingin membeli jam dari bahan rubber, maka coba cek kualitas dari rubber yang digunakan serta kerapian pembuatannya. Selain itu, kualitas dari kaca jam yang digunakan juga perlu diperhatikan, dan pastikan Anda mendapatkan jam dengan masa garansi resmi untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang.

9. Perhatikan Jenis Mesin

Lalu, cara memilih jam tangan pria yang terakhir dengan memperhatikan jenis mesin yang digunakan. Ada tiga jenis mesin penggerak pada jam tangan, yaitu quartz, mekanik, dan otomatis.Jenis mesin quartz didukung daya baterai di mana akan berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristalkuarsa. Quartz merupakan jenis mesin penggerak yang umum dipakai berbagai produk jam tangan saat ini. Jam dengan mesin quartz juga awet dan relatif lebih murah.Sedangkan mesin mekanik berbeda dengan quartz, di mana pergerakan waktu pada mesin mekanik diukur dengan mekanisme semi-driven. Di dalam mesin penggerak ini terdapat per di dalamnya yang harus disinggungkan secara periodik supaya jam selalu bergerak. Jam dengan mesin mekanik merupakan jam yang sering dijadikan koleksi oleh para kolektor jam.Terakhir mesin penggerak otomatis, yang memiliki cara kerja hampir sama dengan jenis mekanik karena sama-sama tidak menggunakan tenaga baterai. Jam dengan mesin penggerak otomatis memanfaatkan gerak dari tangan pengguna sebagai daya geraknya.