Breaking News

Mengenal berbagai jenis obat lebih baik

Mungkin sebagian masyarakat umum masih belum mengetahui berbagai jenis obat berdasarkan cara pengawasannya. Obat harus dikonsumsi dengan hati-hati. Konsumsi obat dan penjualannya selalu diawasi oleh badan pengatur khusus dari pemerintah. Setiap jenis obat juga memiliki tempat penjualan yang berbeda. Beberapa jenis tempat penjualan obat adalah apotek, apotek online, toko obat, toko obat online, apotek rumah sakit dan lain sebagainya. Apotek online merupakan tempat pembelian obat yang saat ini cukup banyak digunakan, salah satu contoh adalah website apotek online apotek24jam.id. Berikut beberapa jenis obat berdasarkan pengawasan dan cara penjualannya.

Obat Bebas

Obat-obatan yang dapat dibeli tanpa resep dokter dan yang dapat dibeli di toko. Pada label obat bebas terdapat tanda khusus yang bentuknya seperti lingkaran hijau dengan pinggiran hitam. Tanda ini disebut TC 396.

Obat bebas dapat dijual melalui toko obat biasa, toko obat online, apotek atau apotek online. Secara garis besar, hampir semua fasilitas farmasi dapat menjual obat bebas.

Obat Bebas Terbatas

Dalam beberapa kasus, obat yang sebenarnya termasuk golongan obat keras dapat dijual dan dibeli tanpa resep dokter. Namun, informasi yang disertakan dengan paket obat harus dilihat saat menggunakan obat ini. TC 308 adalah tanda khusus pada kemasan dan label beberapa obat terbatas. Itu terlihat seperti lingkaran biru dengan tepi hitam.
Obat bebas terbatas umumnya bisa dibeli di toko obat biasa, toko obat online, apotek, atau apotek yang menjualnya secara online. Orang yang membeli obat bebas terbatas hanya perlu berbicara dengan apoteker terlebih dahulu jika ingin menggunakannya dengan lebih aman. . Asisten apoteker dapat menjadi apoteker untuk konsultasi tentang obat bebas terbatas.

Obat Keras

Untuk membeli obat ini di apotek, Anda harus membawa resep dari dokter terlebih dahulu. Terdapat lingkaran merah (TC 165) dengan tepi hitam dan huruf K di tengah yang menyentuh tepi. Ini adalah tanda khusus untuk obat keras.

Jika Anda ingin membeli atau menjual obat keras, Anda hanya dapat melakukannya melalui apotek atau apotek online. Hanya apoteker yang dapat menerima resep obat yang dibuat oleh dokter. Obat keras dikonsumsi sesuai dengan dosis dan cara pemakaian. Obat golongan ini dapat menimbulkan efek samping yang serius seperti alergi dan sebagainya jika dikonsumsi sembarangan.

Obat Psikotropika

Obat non-narkotika yang berkhasiat mempengaruhi pengaturan kebutuhan sentral. Obat ini dapat menyebabkan perubahan karakteristik dalam aktivitas mental dan perilaku. Obat golongan ini hanya boleh dijual dengan resep dokter dan ditandai dengan huruf K dalam lingkaran merah dengan batas hitam. Contoh obat tersebut adalah Diazepam, Fenobarbital dan lain-lain.

Apotek besar biasanya menjual obat-obatan di kelas ini, dan mereka juga tidak dapat dijual secara online. Kelompok obat ini bisa sangat berbahaya jika Anda meminumnya dengan sembarangan. Mengkonsumsi obat jenis ini dapat memiliki efek samping yang sangat buruk. Mereka bahkan bisa membahayakan hidup Anda. Orang yang mengonsumsi obat jenis ini juga perlu menjaga pengendalian diri dan rutin periksa ke dokter.