Breaking News

Mengulik Pembiayaan Infrastruktur Komersial Untuk Pengembangan Swasta Atau BUMN

 

Produk layanan bertajuk fasilitas pembiayaan ternyata terdiri dari banyak sekali macam dan fungsinya. Salah satu lembaga BUMN sendiri, PT SMI memiliki deretan pelayanan yang memiliki keterkaitan erat dengan layanan pembiayaan infrastruktur untuk kebutuhan komersial. Disebutkan, terdapat beberapa layanan yang tersedia untuk lembaga BUMN atau Swasta.

Seperti Apa Itu Pembiayaan Komersial Yang Disediakan?

Seperti namanya, layanan ini adalah salah satu aktivitas perbankan dan keuangan yang diberikan kepada perorangan atau badan usaha. Fungsinya sendiri untuk membiayai suatu kegiatan usaha sebagai target utama. Jumlahnya sendiri dapat masuk dalam cakupan mikro, usaha kecil, menengah, atau korporasi dan tersedia untuk perusahaan BUMN ataupun swasta.  

Beragam Produk Pembiayaan Yang Tersedia Di PT SMI

1. Pin-jaman Mezzanine

Sering juga disebut sebagai pin-jaman hibrida, yang mana memiliki keterkaitan dengan pembelian dan akuisisi. Pada dasarnya, fungsinya adalah memberikan pemilik baru prioritas akan dana di atas pemilik jika akan terjadi kebangkrutan. Sering kali fungsinya sendiri akan mencakup pin-jaman kedua, sebagai investasi, atau pin-jaman dengan konversi utama menjadi opsi positif pembeli saham. 

2. Pin-jaman Subordinasi

Jenis yang satu ini adalah pin-jaman yang sering kali dipilih oleh masyarakat secara luas, yang mana ditujukan untuk memberikan dana pembiayaan infrastruktur yang dirasa mendesak. Salah satu bagian utama dari pembiayaan komersial di bawah fungsi infrastruktur adalah jenis subordinasi atau bisa juga disebut pin-jaman sekunder. Karenanya jumlahnya pun lebih rendah dari pin-jaman lainnya.

3. Pin-jaman Senior

Layanan yang satu ini difokuskan dalam memberi pin-jaman dengan prioritas pembayaran senior yang digunakan atas debitur lainnya. Pada dasarnya, pembiayaan komersial yang satu ini memiliki tingkat yang jauh lebih sensitif dan penting dibanding Subordinasi atau sekunder. Karena itulah, jenis pin-jaman senior lebih sering digunakan untuk langkah penting.

Beberapa fungsi komersialnya pun dapat mencakup kebutuhan untuk ekspansi bisnis, membiayai kembali kebutuhan utang, membiaya proses operasi bisnis dan lain sebagainya. Dalam hal ini, PT SMI memiliki peranan yang luas karena memiliki titah langsung dari Menteri keuangan yang mencakup menyediakan pembiayaan investasi, promosi, biaya non tunai, hingga modal kerja.

4. Layanan Untuk Pembiayaan

Jika diambil garis besarnya, PT SMI memiliki peran utama untuk kebutuhan pembiayaan infrastruktur komersial dengan dua tujuan utama. Tujuan layanan pembiayaan tersebut mencakup kebutuhan menjual surat utang serta ekuitas atau pengatur pembiayaan. Fungsinya pun untuk meningkatkan potensi mendapatkan kembali potensi meraih hasil uang dari hutang.

Pada dasarnya, PT SMI adalah lembaga BUMN yang diatur dan dibimbing kementerian keuangan. Gunanya adalah sebagai SMV atau pelaksana khusus layanan keuangan dan perintah pembiayaan serta pengembangan negara. Salah satunya adalah pembiayaan komersial tersebut. Untuk Info lebih lanjut mengenai layanan/produk PT SMI bisa dilihat disini https://ptsmi.co.id/pembiayaan-investasi