Breaking News

Merencanakan Anggaran Pernikahan Agar Sesuai Harapan

Catering Surabaya – Menyelenggarakan  pernikahan merupakan tantangan besar bagi seorang calon pengantin. Apalagi jika menyangkut pengelolaan biaya pernikahan yang relatif berisiko, “pelarian” pun terjadi. Misalnya, untuk kebutuhan tertentu, 10 juta awalnya bisa membengkak menjadi 12 juta. Belum lagi jarang ada kebutuhan tak terduga yang menghabiskan banyak biaya. 

 Kalau kamu nggak pandai  mengatur keuangan, rencana pernikahanmu bisa banget over budget lho! Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda dan pasangan perlu disiplin dan benar-benar teliti dalam hal aturan pernikahan. Jadi bagaimana? Dengan mengikuti 5 langkah ini, Anda dapat menjaga agar anggaran pernikahan Anda tetap sinkron dengan rencana awal Anda. Baca sampai akhir dan ikuti tipsnya dengan baik! 

 1. Mulailah merencanakan dengan mendiskusikan kemampuan finansial Anda dengan calon pasangan Anda 

Langkah pertama untuk memastikan perencanaan  pernikahan yang baik dan disiplin adalah saling percaya antara Anda dan pasangan  tentang kemampuan finansial pasangan pengantin. dua lainnya. Apalagi bagi mereka yang ingin membiayai sendiri perayaan pernikahannya. Jika setelah berdiskusi ternyata Anda dan  pasangan hanya bisa melangsungkan pernikahan sederhana, jangan memaksakan diri untuk mengadakan pesta “besar”. 

Pernikahan dengan budget sederhana pun  bisa dibuat berkesan dan menarik dengan berbagai cara. Meski pernikahan adalah perayaan sekali seumur hidup, bukan berarti Anda harus membuatnya semewah mungkin hingga berakhir bermasalah atau terlilit utang pada pihak lain. Sebaiknya realistis saja, atur biaya pernikahan sesuai dengan kondisi keuangan yang bisa ditanggung, agar tidak menjadi beban nantinya. 

Dengan kata lain, sesuaikan rencana tabungan pernikahan Anda saat menetapkan peraturan pernikahan. Usahakan juga untuk jujur ​​mengenai kemampuan finansial masing-masing agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. 

 2. Cari tahu apakah keluarga Anda juga mendukung pembiayaan upacara pernikahan Anda atau tidak. 

 Masalah biaya pernikahan terkadang bukan hanya mempelai wanita, tetapi juga informasi dari keluarganya. Tak sedikit orang tua yang mau berkontribusi untuk pembiayaan  pernikahan anaknya. Hal ini karena merupakan suatu kehormatan bagi mereka, karena sebagian orang tua menganggap keterlibatan mereka dalam pembiayaan pernikahan anaknya merupakan bentuk  kasih sayang dan “hadiah” yang diberikan. 

 Membicarakan biaya pernikahan dengan orang tua memang sulit, tapi sebaiknya diungkit segera setelah Anda dan pasangan ingin meminta restu. Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya Anda dan pasangan  membicarakan hal ini dengan keluarga masing-masing sejak awal. 

 Baik jika Anda ingin menikah dengan biaya sendiri tanpa membebani orang tua Anda, atau jika Anda dan istri Anda menerima hadiah keluarga untuk biaya eksklusif. Misalnya, menyewa musik, fotografer, dll. Jika mendapat bantuan dari orang tua atau kerabat, jangan lupa untuk berterima kasih atas kemurahan hati mereka. 

 3. Membuat draf daftar tamu undangan 

 Membuat draf daftar tamu undangan  akan sangat berguna bagi Anda untuk menentukan perkiraan besaran biaya pernikahan. Pasalnya, jumlah tamu undangan menentukan porsi makanan yang akan  dipesan, kapasitas gedung pernikahan, cetak undangan dan jumlah souvenir yang  disiapkan. Setelah Anda mengetahui  perkiraan jumlah tamu yang akan Anda undang, Anda dapat mulai memperkirakan anggaran pernikahan Anda. 

4. Sisakan minimal 10-15% dari biaya tak terduga rule 

 Jika sudah mengetahui berapa orang yang akan diundang, Anda bisa mulai memilih venue pernikahan baik di apartemen atau rumah, sesuaikan kapasitas ruangan dengan jumlah yang direncanakan. dari tamu undangan. Selain itu, Anda bisa memperkirakan biaya lain seperti sewa venue, dekorasi, jasa catering Jakarta, sewa gaun pengantin, catering, undangan, fotografer dan lain sebagainya dengan melakukan riset di website pernikahan atau secara langsung melalui vendor terkait. 

 Jika Anda memiliki gambaran tentang total biaya  pernikahan yang direncanakan, tingkatkan 10-15 persen dari total anggaran yang Anda perkirakan sebelumnya berdasarkan penelitian pendahuluan. Misalnya, perhitungan kasar menunjukkan bahwa total biaya  pesta pernikahan adalah 50 juta euro, setelah itu dinaikkan 10-15% menjadi 55-57,5 juta. 

 Tujuan kalkulator anggaran pernikahan ini untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang terlupakan. Termasuk mengantisipasi kenaikan harga hingga studi pendahuluan dilakukan. Jika uang ekstra tetap tidak terpakai, Anda dapat menggunakannya untuk bulan madu atau menyimpannya untuk masa depan. 

 5. Periksa kembali apakah ada biaya tambahan lain yang tidak diperhitungkan dalam perhitungan 

Sekalipun Anda telah melebihi 10-15% dari total biaya bisnis untuk mencegah biaya tak terduga, Anda tetap perlu memeriksa apakah biaya tersebut telah dikeluarkan. terdaftar untuk menutupi semua biaya pernikahan yang diantisipasi. Jangan malas untuk memeriksa kemungkinan mengaktifkan pintu tambahan di luar  daftar yang telah disusun. Misalnya, jika Anda ingin menyewa gedung pernikahan, pastikan  harga sewa yang Anda bayarkan sudah termasuk berbagai hal seperti gerbang listrik, sewa meja dan kursi, parkir dll. 

Dalam merencanakan anggaran pernikahan, diperlukan kecermatan mutlak untuk mengantisipasi segala kemungkinan kenaikan biaya pernikahan. Jika Anda sudah mengetahui di mana letak biaya over budget, Anda juga bisa menyiasatinya dengan mengatur ulang item pengeluaran mana saja yang bisa dipotong, diganti atau bahkan dihilangkan untuk menekan biaya agar tetap sesuai dengan aturan pernikahan yang telah ditetapkan. 

Inilah 5 Langkah Menganggarkan Pernikahan Anda, Tidak Over Budget dan Sesuai Rencana. Meski mungkin ada hal yang tidak sama berdasarkan perhitungan awal,  dengan menerapkan tips di atas, selisih anggaran yang ditemukan tidak akan berpengaruh signifikan terhadap besaran aturan pernikahan dan masih bisa diatasi. 

Kami berharap panduan ini akan membantu Anda dan pasangan potensial Anda mengembangkan aturan pernikahan yang realistis, bagus sekali! Jangan lupa kuncinya  disiplin, tetap pada rencana! Jangan menghabiskan lebih dari biaya proyek hanya karena Anda ingin mengejar “prestise”. Padahal, pernikahan bukanlah tempat pertunjukan, kesucian dan kemesraannya lebih penting. Jadi, alangkah baiknya sesuaikan rencana  pernikahan Anda dengan paket pernikahan Surabaya yang tepat dengan pilihan tempat makan Surabaya yang terjangkau agar tetap sehat secara finansial  tanpa harus berhutang. Ini bisa bermanfaat!