Breaking News

Palapa, aplikasi pesan instan lokal yang siap untuk Menggantikan whatsapp

 

Palapa, aplikasi pesan instan lokal yang siap untuk Menggantikan whatsapp

 

© VIVA
Aplikasi pesan instan lokal Palapa.

 
Viva Tekno-Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Komunikasi dan Teknologi Informasi membanggakan jika aplikasi pesan instan lokal Palapa Palapa dapat menggantikan posisi WhatsApp jika platform Meta benar-benar diblokir.

“Saya tidak takut mereka (WhatsApp dan PSE besar lainnya) tidak ada di sana (pergi). Setelah tidak ada, ada juga banyak anak -anak di negara ini yang dapat membangun (aplikasi serupa). Ini bukan hal yang sulit, “kata Direktur Jenderal Informasi dan Informasi Komunikasi dan Informasi Semuel Abrijani Pangerapan, di Kompleks Bangunan Kepomo, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2022.

Dia lebih lanjut menyebutkan sejumlah aplikasi pesan instan yang dibuat oleh anak -anak bangsa yang bisa menjadi alternatif jika WhatsApp menghilang dari Indonesia. “Ada begitu banyak. Ada Palapa, ada juga pesan,” kata Semuel.

Berdasarkan pencarian Viva Tekno, aplikasi pesan instan Palapa dan MessageKita Indonesia adalah aplikasi yang sama.

Ini diketahui berdasarkan bagian deskripsi dalam aplikasi Palapa di App Store yang menulis, “Generasi berikutnya dari MessageKita Indonesia (PS)”, seperti dikutip oleh App Store.

Sementara itu, aplikasi Pesan Instan Palapa baru tersedia di App Store untuk iOS, tetapi masih belum tersedia di Google Play Store untuk Android. Di App Store, Palapa mendapat peringkat 4,7 dari 100 orang yang telah meninjau aplikasi ini.

Selain itu, Palapa juga telah terdaftar di situs web PSE Kominfo tertanggal 18 Juli 2022 dengan nomor daftar PSE 003639.01/djai.pse/07/2022. Aplikasi pesan instan ini dikembangkan oleh Xecureit dan telah diluncurkan sejak September 2020.

Xecureit PT Iman Information Technology didirikan pada tahun 2005 dan merupakan startup atau startup yang terlibat dalam keamanan cyber.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan oleh aplikasi Pesan Instan Palapa adalah grup dengan anggota tak terbatas, mengirim dokumen, audio, video dan gambar hingga 100MB, menerapkan enkripsi ujung ke ujung pada panggilan video dan suara, pesan suara, atau obrolan pribadi dan kelompok.

Selain itu, Palapa juga menawarkan pemberitahuan tangkapan layar di obrolan jika pengguna lain mengambil tangkapan layar. Mengenai keamanan data pribadi, Xecureit mengklaim telah mengantongi berbagai sertifikat keamanan internasional profesional.

Sertifikat ini termasuk Auditor Sistem Informasi Bersertifikat (CISA), Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat (CISSSP), Profesional Bersertifikat Keamanan Ofensif (OSCP), dan Auditor Pimpinan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001, mengutip dari profil akun LinkedIn Xecureit