Breaking News

Panduan Lengkap Cara Tune Up Mobil Injeksi Step By Step

Panduan Lengkap Cara Tune Up Mobil Injeksi Step By Step

Tune up pada mobil injeksi sudah menjadi hal yang biasa, karena semua mobil dengan sistem injeksi sendiri proses perbaiknya mesin secara menyeluruh dari mengetahui kondisi komponen terkecil hanya bisa dilakukan dengan cara tune up.

Kami akan berikan panduan lengkap kepada anda bagaimana cara tune up mobil injeksi dengan panduan lebih sederhana dan detail sebagai penambah wawasan anda.

Sebelumnya kami berikan dulu definisi tune up secara singkat dimana tune up mobil sendiri adalah sebuah bagian servis secara berkala yang bertujuan untuk mengetahui kondisi mesin dalam hal perawatan, setelan komponen, sampai dengan recovery kondisi mesin menjadi lebih bertenaga seperti awal.

Kenapa anda harus melakukan tune up ? berikut beberapa point alasan kuatnya yang pertama adalah mempersingkat waktu, kalau manual akan sangat lama proses pengecekanya, kemudian kualitas hasil juga lebih maksimal.

Baik, kita bahas langsung saja langkah langkahnya.

Yang pertama adalah bagian persiapan, diaman apa saja yang harus anda lakukan sebelum memulai tune up mobil.

  1. Cek kondisi air radiator, dalam pengecekan ini simple saja apakah air radiator masih dalam kondisi normal atau sudah kurang. Jika kurang maka tambahkan.
  2. Cek kondisi oli mesin, dalam proses ini hanya dua yang harus anda lakukan yakni memastikan oli mesin masih bagus dan volumenya masih dalam batas normal
  3. Kemudian kondisi mesin scara singkat, biasanya ini tidak banyak masalah
  4. Kemudian coba nyalakan mobil dan biarkan selama 5 menit saja untuk memanaskan mesin sambil anda memantu kondisi mesinya.

Jika proses yang pertama sudah tidak ada kendala maka lanjutkan proses selanjutnya dimana semua ini harus anda lakukan dengan cara sisitematis jangan loncat loncat.

Pengecekan lanjutan:

1.Lakukan Pengecekan pada Bagian Saringan udara

Proses ini sangat cepat sekali, anda langsung saja buka saringan udaranya kemudian cek apakah ada yang kotor. Biasanya baik masih bersih dan kotor harus tetap di bersihkan sesuai prosedur dengan menggunakan tembakan udara yang tekanan tinggi.

2.Sistem Pendingin

Di tahap selanjutnya anda cukup lakukan pengecekan pada bagian volume air pendingin pastikan masih berada pada garis normalnya. Selain itu tambahan pengecekan apakah adan kebocoran dan fungsinya masih berjalan sudah itu saja cukup pada bagian ini..

3.Tali Kipas

Untuk memastikan tali kipas bekerja dengan baik anda cukup lakukan beberapa pengecekan saja seperti mengecek kekencangan talinya apakah masih normal atau kendor.

Biasanya dalam tali kipas ini terkadang hanya bermasalah pada kotoran saja akbiat kena oli, kemudian gemuk sampai dengan kemungkinan adanya geseran.

  1. Baterai

Dalam pemeriksaan kondisi batrai anda hanya perlu memastikan pada bagian kebersihan penyangga apakah sudah karatan atau masih mulus, kemudian kondisi terminalnya sampai pada berat jenis elektrolit harus anda cek dan pastikan benar benar masih normal semuanya.

5.Oli Mesin

Pengecekan oli juga standar saja anda bisa berpatokan dari kualitas oli mesin kemudian batas normal dari tinggi oli mesin kalau masih normal maka bisa anda skip ke pengecekan selanjutnya.

6.Pemeriksaan pada bagian Busi

Busi ada yang dingin dan panas, pastikan 4 busi ini masih bekerja dengan baik kemudian cek tutup businya apakah sudah berubah warna atau masih bagus.

Alangkah baiknya dalam masalah busi ini anda lakukan penggantian baru kalau ada salah satu dari ke empatnya ada yang terlihat kurang bagus.

  1. Pemeriksaan Pada Kabel

Kondisi fisik kabel kemudian bagaimana kabel masih bisa kuat dalam beberapa waktu harus anda pastikan dengan baik. Jika ada yang perlu di ganti demi keamanan maka ganti saja.

8.Pengecekan Pada Bagian Distributor

Tahap selanjutnya pada bagian ini kalian lakukan pengecekan pada bagian celah platina, kemungkinan yang bisa terjadi pada bagian ini adalah rusak karena terbakar kalau rusak ganti yang baru. Kemudian jangan lupa cek kondisi pengapian juga dan seting sesuai dengan standar Tune up mobil.

9.Pengecekan Tekanan Kompresi

Lakukan pengecekan ini dengan cara berurutan berikut caranya:

  • Panaskan meisn mobil kurang lebih 5 menit sudah cukup kemudian matikan lagi.
  • Kemudian lepas semua businya
  • Setelah itu pada bagian kabel dengan tekanan tinggi anda juga lepaskan
  • Siapkan alat tes tekanan dan masukan kedalam lubang busi yang sudah anda lepas

Kiranya itulah kurang lebih proses tune up pada kebanyakan mobil injeksi sekarang ini selamat mencoba.