Breaking News

Pemilik Kartu Kredit Wajib Tahu Akan 4 Hal Ini

Kartu kredit banyak di minati oleh warga Indonesia terutama yang gemar berbelanja, hal ini juga bisa di nilai dari jumlah pendaftar kartu kredit online dan offline yang semakin meningkat setiap waktu. Kartu kredit bisa digunakan sebagai uang pinjaman cadangan apabila kamu memiliki keperluan mendesak. Seiring berjalannya waktu kartu kredit tidak digunakan sebagai keperluan mendesak saja akan tetapi untuk memenuhi keinginan yang belum bisa di penuhi, kartu kredit bisa memberikan pinjaman sejumlah uang yang bisa kamu bayar dengan cara mencicil dengan selisih tertentu. Akan tetapi apabila kamu tidak cermat dan bijak dalam menggunakan kartu kredit, kartu tersebut akan berakibat fatal untuk penggunanya, maka dari itu kamu perlu memperhatikan 4 hal di bawah ini.

  1. Waktu Tagihan Di Cetak

Kamu perlu memperhatikan tanggal di cetaknya lembar tagihan atas pinjaman kamu. hal ini sangat penting dan harus di perhatikan guna merencanakan transaksi yang kamu ingin tagihkan pada bulan tertentu. Sebagai contoh jika tagihan bulanan kamu dicetak setiap tanggal 8, maka transaksi terakhir yang akan masuk pada bulan tagihan tersebut adalah tanggal 7. Sementara itu, jika kamu ingin agar transaksi ditagihkan pada bulan selanjutnya, lakukan transaksi setelah tanggal 8.

 

  1. Waktu Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir kamu harus melakukan pembayaran tagihan. Hal ini sangat penting untuk di perhatikan untuk menghindari beban bunga dan denda keterlambatan pada saat kamu melakukan kredit, lakukan pembayaran secara penuh dan sesuai dengan tagihan sebelum jatuh tempo. Untuk kamu yang ingin melakukan pembayaran melalui bank lain selain bank penerbit kartu kredit kamu, coba tanyakan terlebih dahulu perkiraan waktu transaksi yang diperlukan agar pembayaran tercatat, karena terdapat beberapa bank yang memerlukan waktu 1-2 hari untuk menyelesaikan pencatatan tersebut. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka tagihan Kamu akan dikenakan bunga yang besarnya ditentukan oleh masing-masing penerbit kartu kredit.

 

  1. Waktu Melakukan Transaksi

Tanggal pada saat kamu melakukan transaksi juga harus kamu perhatikan seperti pembelanjaan, penarikan tunai, atau transaksi lainnya. Dengan memperhatikan tanggal transaksi kamu bisa memperkirakan waktu jatuh tempo, memantau adanya transaksi yang mencurigakan yang tidak kamu lakukan dan lain sebagainya.

 

  1. Jumlah Minimal Yang Harus Di Bayarkan

Jumlah ini adalah pembayaran yang kamu lakukan untuk menutupi tagihan bulan sebelumnya yang bisa dilakukan secara penuh atau minimal 10 persen dari total jumlah tagihan bulan berjalan atau sebesar jumlah tertentu. Untuk beberapa jenis kartu kredit kamu juga bisa mengubah status kredit Kamu supaya menjadi cicilan dengan bunga yang lebih ringan, coba konsultasikan hal ini dengan penerbit kartu kredit kamu.

Untuk mendapatkan kartu kredit memiliki beberapa persyaratan khusus seperti minimal umur 21 tahun, memiliki minimal penghasilan dan lain sebagainya. Kamu juga bisa datang langsung ke Bank terdekat untuk mencari informasi terkait pengajuan kartu kredit. Caranya cukup mudah kamu tinggal datang ke Bank yang kamu inginkan mengambil antrian di mesin antrian kemudian pilih customer service.