Breaking News

Pengertian BPKB

Ketahui Pengertian BPKB dan Manfaatnya

Apakah kamu sudah tahu pengertian BPKB dan manfaatnya? BPKB adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang dikeluarkan oleh SATLANTAS sebagai bukti kepemilikan sah. Buku resmi ini sangat penting karena digunakan sebagai kelengkapan berkendara.

Pengertian BPKB dan Manfaat yang Harus Diketahui

Seseorang yang mempunyai kendaraan bermotor harus mempunyai BPKB. Apabila tidak mempunyai buku resmi tersebut, kamu akan dikenakan sanksi. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika kamu mempunyai BPKP.

Sebagai Bukti Pemilik Kendaraan yang Sah

Salah satu manfaat dari BPKB adalah menjadi bukti sah ketika kamu membeli sebuah motor. Dengan kata lain, adanya BPKB menunjukkan bahwa kendaraan bermotor yang kamu beli tidak mempunyai masalah. Meski ada dokumen lain yang dibutuhkan untuk memperkuat kepemilikan, tapi BPKB sangat penting untuk dimiliki.

Mempermudah Penyelesaian Masalah

Seseorang yang mempunyai BPKB dinilai mudah dalam menyelesaikan masalah ketika itu terjadi. Pasalnya, BPKB mempunyai nilai yang kuat di mata hukum. Alhasil, buku resmi tersebut bisa dijadikan sebagai barang bukti. Jadi, ketika kamu mengalami masalah yang harus menampilkan dokumen BPKB, kamu tidak perlu khawatir.

Mempunyai Nilai Ekonomis

Manfaat lainnya dari BPKB adalah mempunyai nilai ekonomis. Hal ini karena BPKB termasuk salah satu dokumen yang mempunyai nilai mata uang. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan BPKB saat ingin melakukan pinjaman atau menjadikannya sebagai jaminan. Ketika kamu ingin menjadikannya sebagai jaminan, kamu harus tahu risikonya, ya.

Menciptakan Ketertiban

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya BPKB adalah menciptakan ketertiban. Jika kamu tidak mempunyai BPKB, bukan tidak mungkin motor kamu rentan dicuri. Sementara jika ada BPKB, kamu bisa mencegah hal tersebut terjadi. Alhasil, secara tidak langsung kamu membantu untuk menciptakan ketertiban.

Harga Jual Kendaraan Bisa Tinggi

Adanya BPKB membawa kamu pada keuntungan saat menjual kendaraan bermotor. Pasalnya, BPKB menunjukkan bahwa kendaraan tersebut legalitas dan terjamin kondisinya. Alhasil, harga jual kendaraan juga bisa tinggi.

Melihat pengertian BKPB dan manfaatnya, apakah kamu sudah paham? Jadi, pastikan kamu mempunyai

BKPB saat membeli kendaraan baru, ya. Apabila kamu tidak bisa mengambil BPKB, maka kamu bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan BPKB.