Breaking News

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Contoh

Caption text – Kali ini saya akan menjelaskan tentang caption. Daripada penasaran, berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Teks Deskripsi

Yang dimaksud dengan teks eksplanasi adalah paragraf yang berisi informasi tentang fase “mengapa” dan “bagaimana”, yang meliputi berbagai peristiwa. Berbagai peristiwa yang dapat dijadikan teks eksplanasi adalah tentang peristiwa sosial, budaya, alam dan ilmiah.

Menjelaskan setiap peristiwa yang muncul dalam teks tidak hanya untuk dirasakan melalui bentuk bacaan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pembelajaran agar pembaca mengetahui alasan terjadinya peristiwa tersebut.

 

Baca Juga : Publikasi Jurnal Cepat

Fitur teks deskripsi

  • Teks eksplanasi selalu membahas apa yang benar dan masuk akal.
  • Hal-hal yang biasanya dibahas dalam teks eksplanasi adalah hal-hal yang bersifat umum.
  • Tidak mengandung informasi yang ambigu agar tidak membingungkan pembaca.
  • Ekspositori disusun dalam tiga bagian, pernyataan umum, bagian analitis, dan kesimpulan.
  • Gunakan bahasa standar.

 

Struktur teks deskripsi

  1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum ini biasanya berisi penjelasan tentang apa yang sedang dibahas. Karena penjelasan yang dibahas masih bersifat umum, maka perlu dijelaskan kembali secara detail agar pembaca dapat memperoleh informasi yang lengkap.

  1. Analisis

Bagian analisis akan memberikan penjelasan yang lebih detail, rinci dan ilmiah dari topik yang dibahas dalam teks eksplanasi.

Karena sangat detail, biasanya bagian analisis memiliki teks yang sangat panjang. Pada saat yang sama, teks di bagian pernyataan umum pendek, karena hanya memberikan gambaran umum.

  1. Kesimpulan

Bagian penutup akan memberikan intisari dari keseluruhan teks eksplanasi. Namun, ada juga beberapa yang memberikan komentar pribadi penulis tentang topik yang dibahas di seluruh teks penjelasan.

Tujuan teks

Tujuan utama teks eksplanasi adalah untuk melaporkan secara jelas proses fase-ke-kejadian yang terkait dengan fenomena yang terjadi. Penjelasan yang diberikan juga harus dalam bahasa yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami dan dipahami oleh pembaca.

aturan bahasa untuk deskripsi

  1. Gunakan lebih banyak substansi dan verba relasional (verba aktif).
  2. Gunakan kalimat pasif.
  3. Fokus pada hal-hal umum, bukan pelaku manusia, seperti gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.
  4. Interpretasi adalah untuk membuktikan bahwa apa yang dijelaskan secara kausal itu benar.
  5. Gunakan konjungsi waktu dan sebab, seperti jika, ketika, jadi, sebelum, pertama, kemudian.

Contoh teks deskripsi

  1. Contoh teks deskripsi budaya

pernyataan umum

Budaya tidak selalu identik dengan hal-hal tradisional seperti bahasa, seni, pakaian, dll.

Banyak kali ketika kita mendengar kata “budaya”, kita memikirkan simbol-simbol budaya suatu daerah atau negara.

menganalisa

Budaya adalah cara hidup yang berkembang, dimiliki oleh suatu kelompok, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu, satu daerah memiliki budaya yang berbeda dengan yang lain. Selain itu, masa lalu dan masa kini juga mempengaruhi budaya yang ada di suatu daerah.

Jika prestasi budaya diklasifikasikan, mereka dibagi menjadi tiga kategori: kepercayaan, estetika dan pengetahuan.

Ketiga hal tersebut saling berinteraksi, menghasilkan hukum, bahasa, adat istiadat, pakaian, perumahan, teknologi, dan sebagainya.

Salah satu faktor budaya selalu berkembang dan berubah dari waktu ke waktu adalah karena perubahan lingkungan yang cukup ekstrim.

Oleh karena itu, perubahan budaya tidak dapat dihindari, dan wacana perlindungan budaya hanya dapat berupa wacana simbolik. Karena manusia tidak bisa menjalani cara hidup yang lama.

Namun perlu diperhatikan bahwa budaya lama tetap akan menjadi acuan bagi generasi budaya baru, sehingga dapat dikatakan bahwa budaya baru merupakan hasil transformasi dari budaya lama.

Kesimpulannya

Perubahan budaya tidak selalu merupakan hal yang buruk, meskipun sayangnya beberapa budaya kuno telah punah atau hilang.

Ironisnya, hilangnya budaya lama mengkhawatirkan di satu sisi, tetapi manusia tidak mampu menanggung konsekuensi seperti itu di sisi lain.

  1. Contoh teks deskripsi gerhana matahari

pernyataan umum

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, menghalangi sebagian atau seluruh cahaya matahari. Meskipun bulan lebih kecil, bayangan bulan sepenuhnya melindungi sinar matahari, karena jarak rata-rata bulan dari Bumi adalah 384.400 kilometer, lebih dekat dari jarak rata-rata matahari 149.680.000 kilometer.

menganalisa

Ada empat jenis gerhana matahari, yaitu: Gerhana matahari total terjadi pada puncak gerhana matahari, ketika piringan matahari tertutup sempurna oleh piringan bulan. Pada saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan itu sendiri bergantung pada jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari, masing-masing.

Gerhana sebagian terjadi ketika piringan bulan (puncak gerhana) hanya menutupi sebagian piringan matahari. Selama gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan bulan (pada puncak gerhana) hanya menutupi sebagian piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi ketika piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Dengan demikian ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan.

Bagian piringan matahari yang tidak tercakup oleh piringan bulan mengelilingi piringan bulan dan terlihat seperti cincin bercahaya. Gerhana hibrida beralih antara gerhana total dan annular. Di beberapa titik di permukaan bumi, gerhana ini akan berupa gerhana matahari total, dan di titik lain akan berupa gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan tersebut, kita dapat mengamati bahwa gerhana matahari terjadi karena posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari. Dan gerhana ini dibagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari campuran relatif. Saat kita melihat gerhana matahari, sebaiknya tidak melihatnya secara langsung karena dapat merusak penglihatan kita. Jadi gunakan kacamata khusus.

Yaitu pengertian, ciri, struktur, tujuan, kaidah kebahasaan dan contoh teks tafsir. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.